Home Perencanaan Mengenal Perencanaan Keuangan Berbasis Emas

Mengenal Perencanaan Keuangan Berbasis Emas

by Mas Abadi

Pernahkah Anda mengenal tentang perencanaan keuangan berbasis emas? Perencanaan keuangan ini sendiri cukup populer sekarang ini. Jika Anda masih tidak familiar, maka bisa disebut perencanaan ini sebagai tabungan emas. Jika berbicara tabungan emas pasti Anda sudah paham, bahwa sistemnya adalah Anda tidak menabung uang, tapi emas. 

Tentu saja perencanaan tabungan emas ini dinilai memiliki keuntungan sendiri bagi nasabah. Jika Anda tertarik untuk menjalankan keuangan berbasis emas ini, maka jelas harus tahu apa saja keuntungannya. Jadi, simak terus ulasannya di bawah ini. 

Keuntungan Perencanaan Keuangan Berbasis Emas 

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menjalankan perencanaan keuangan berbasis emas, maka ada keuntungan yang nantinya Anda dapatkan. Dimana jelas berbeda dengan keuangan biasa yang diterapkan pada umumnya. Berikut ini adalah keuntungan tabungan emas untuk Anda: 

Tidak terpengaruh inflasi 

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan adalah emas tidak pernah terpengaruh oleh inflasi. Harga dari emas terbilang stabil, bahkan kemungkinan semakin tinggi juga sangat besar. Jika Anda menabung emas, maka sudah pasti tidak perlu khawatir akan inflasi yang sedang terjadi. 

Emas akan tetap menjadi komoditi yang menjanjikan untuk dimiliki. Bahkan ketika keadaan sedang sangat sulit, Anda dapat menggunakan emas untuk mengatasi masalah keuangan yang lebih efektif. Meski emas adalah jenis investasi rendah resiko, tapi untuk dijadikan tabungan masih mampu memberikan rasa aman kepada nasabah. 

Bisa jadi dana darurat 

Dengan menabung emas, Anda akan memperoleh manfaatnya di masa depan, salah satunya adalah menjadi dana darurat. Dana darurat sangatlah penting sekali untuk dimiliki untuk mencegah kesulitan finansial. Tabungan emas pun dapat menjadi salah satu dana darurat yang tepat bagi Anda. 

Sehingga ketika dalam kondisi yang terdesak pun, Anda dapat menggunakan emas ini untuk mengamankan finansial. Apalagi emas masih menjadi aset yang berharga, dimana sudah pasti akan ada orang yang membelinya. Jadi, Anda pun bisa menggunakan emas ini sebagai dana darurat. 

Tidak ada bunga 

Perbedaan tabungan emas dengan tabungan yang lainnya adalah tidak ada bunga yang dikenakan. Kebanyakan ketika kita menabung di bank, akan ada bunga yang dikenakan sehingga ada dana yang terpotong. Tapi, dengan tabungan emas tidak diterapkan sistem bunga ini. 

Contohnya adalah ketika Anda menabung emas di Pegadaian, dimana Anda tidak akan dikenakan bunga sama sekali. Pegadaian hanya menerapkan biaya administrasi saja yang jelas akan jauh lebih murah. Sehingga Anda pun tidak akan rugi menabung emas ini. 

Risiko rendah 

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, bahwa emas sendiri memiliki risiko yang sangat rendah. Sehingga menabung emas dirasa lebih aman dibandingkan dengan menabung atau investasi lain. Hal ini sendiri karena emas tidak terpengaruh akan suku bunga dan inflasi. Harga emas yang cenderung naik dan stabil menjadi bukti bahwa emas adalah investasi yang masih menjanjikan. 

Dibandingkan dengan investasi lain, misalnya Anda menanam saham. Anda tidak bisa begitu saja melepas atau tidak mengawasi saham yang dimiliki. Karena pergerakan harga saham akan terus berubah sesuai dengan kondisi ekonomi. Tapi, emas tidak terpengaruh akan ekonomi yang mana logam mulia ini harganya dipengaruhi oleh jumlah di pasaran. 

Mudah untuk dijadikan uang 

Keuntungan emas selanjutnya adalah sangat mudah sekali untuk dijadikan uang atau dicarikan. Tadi juga sempat disebutkan bahwa emas memiliki harga yang stabil dan banyak orang yang menginginkannya. Bahkan negara pun menjadikan emas sebagai komoditi yang dijaga dan bisa digunakan untuk menambah anggaran. 

Menabung emas di lembaga seperti Pegadaian atau bank akan memberikan banyak kemudahan pada Anda. Karena Anda bisa mencairkan emas ini menjadi uang dengan sangat cepat. Anda hanya perlu untuk menjalankan proses pencairan dari lembaga penyimpanan emas dan secara otomatis uang pun akan masuk dalam rekening. 

Tidak dikenakan pajak 

Ketika Anda menabung dalam bentuk deposito, akan dikenakan pajak 20% dari hasil bunga yang diperoleh. Tentu saja, besaran pajak tersebut sangatlah tinggi. Tapi, berbeda dengan emas. Dimana Anda pun tidak akan dikenakan pajak walau harga emas naik. Bahkan untuk investasi saham pun akan dikenakan pajak yang sudah ditetapkan. 

Karena memang pemerintah tidak menetapkan pajak untuk jenis investasi yang satu ini. Maka daripada itu, jika Anda ingin berinvestasi yang bebas pajak, emas adalah pilihan yang sangat tepat sekali untuk Anda jalankan. 

Demikianlah penjelasan mengenai perencanaan keuangan berbasis emas beserta dengan keuntungannya. Dimana Anda pun sudah tidak perlu ragu lagi untuk segera menabung emas. Karena peluang untuk mencapai kestabilan finansial pun akan sangat besar dan Anda bisa menjalani hidup dengan lebih nyaman serta aman. Untuk menabung emas, pilihlah platform yang sudah terpercaya.

You may also like