Home Perencanaan Mengenal Pengertian Dan Pentingnya Memiliki Tabungan Anak Sejak Dini

Mengenal Pengertian Dan Pentingnya Memiliki Tabungan Anak Sejak Dini

by Mas Abadi
Tabungan Anak

Sejak kecil, para orang tua umumnya mengajarkan pentingnya menabung dan memberikan informasi betapa banyaknya manfaat yang bisa dipetik jika sudah terbiasa melakukannya. Selain mengajarkan, tentu saja Anda juga perlu membuatkan tabungan anak demi masa depannya yang gemilang. Untuk mengetahui perbedaan dengan tabungan biasa, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Pengertian Tabungan dan Jenis Jenisnya

Tabungan memiliki arti sebagai uang simpanan yang bisa didapatkan dari hasil menyisihkan sebagian pendapatan bulanan. Kian bertambah tahun, otomatis nominal uang simpanan akan terus bertambah terutama jika Anda melakukannya secara rutin. Simpanan sendiri dapat digunakan kapan saja tanpa terikat waktu, namun pastikan sifatnya sangat mendesak

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung, salah satunya dengan menyimpan sejumlah uang di Bank. Tidak hanya sekedar menabung, namun para nasabah juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik seperti kemudahan saat mengambil sejumlah dana yang dibutuhkan hingga menikmati berbagai fasilitas seperti kartu ATM dan buku tabungan.

Tabungan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yakni tabungan konvensional, tabungan berjangka, tabungan untuk anak, tabungan mata uang asing, tabungan haji, dan tabungan giro. Setiap jenisnya memiliki peran utama sebagai tempat menyimpan sejumlah dana, namun yang membedakan adalah kegunaan utamanya.

Tabungan khusus anak sendiri ditujukan bagi orang tua yang ingin mengajarkan betapa pentingnya menabung sejak dini kepada sang buah hati. Bahkan fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan jenis tabungan pada umumnya mulai dari buku tabungan, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Lalu apa yang membedakan antara tabungan biasa dengan tabungan bagi anak anak ? Perbedaan utama terletak pada tidak adanya fasilitas dan setoran tabungan yang cukup ringan yakni berkisar 5 ribu hingga 20 ribu rupiah saja. Meski terbilang cukup ringan, namun jika dilakukan secara rutin maka uang tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian tabungan anak yakni sebuah tempat penyimpanan sejumlah uang sekaligus menjadi cara terbaik untuk mengajarkan si kecil arti pentingnya menabung sejak dini. Anda juga bisa memberikan contoh dan menetapkan target agar mereka lebih bersemangat dalam menabung.

Tabungan khusus anak anak sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yanki tabungan untuk pendidikan si kecil. Jenis tabungan satu ini cukup populer, karena setiap orang tua ingin memastikan sang buah hati mendapatkan pendidikan yang layak demi mendapatkan masa depan lebih cerah dibandingkan orang tuanya.

Berkat adanya pelayanan tersebut, para orang tua tidak perlu khawatir terkait dengan biaya persiapan anak untuk bersekolah. Selain karena faktor tingginya biaya pendidikan, ada beberapa alasan lainnya mengapa jenis tabungan ini begitu populer diminati masyarakat. Salah satu alasannya karena proses pembuatannya sendiri yang cukup mudah dan convenience.

Calon nasabah hanya perlu datang ke bank terkait dan datang ke pelayanan customer service untuk membuka rekening baru dan mulai menabung. Bahkan pelayanan yang diberikan relatif cepat, karena semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu hari. Otomatis Anda bisa langsung menggunakannya sesuai kebutuhan.

Uniknya nasabah tidak perlu berkunjung ke bank cabang apabila ingin menyetorkan dana tabungan. Sebab aktivitas tersebut bisa dilakukan lewat transfer ataupun melalui tunai di pusat pelayanan teller. Jika tertarik menyetorkan dana, otomatis setiap bulannya bank akan memotong tabungan biasa untuk disetorkan pada tabungan pendidikan anak.

Alasan tabungan khusus pendidikan anak diminati oleh para orang tua, yakni karena dapat membangun sikap disiplin dalam menabung. Berkat adanya layanan ini, Anda bisa mengatur perencanaan keuangan dengan baik dibandingkan sebelumnya. Cara ini juga menyadarkan Anda betapa pentingnya menabung bagi masa depan generasi muda berikutnya.

Telah dikenal sejak kecil, merupakan salah satu alasan lain mengapa jenis tabungan satu ini menarik dimiliki. Pasalnya sejak usia dini, para orang tua tentu membiasakan si kecil untuk menabung lewat tabungan khusus untuk anak anak. Alhasil masyarakat berani menyimpan dana untuk masa depan anak anak mereka di tempat tersebut.

Baca Artikel Selanjutnya : Syarat Nikah dan Cara Daftar Pernikahan yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

Pentingnya Membuat Tabungan Khusus Anak

Tabungan Anak

Tabungan bagi pendidikan si kecil wajib dimiliki bahkan sebelum mereka beranjak masuk ke sekolah. Jika dilakukan sejak dini, otomatis Anda bisa mendapatkan segudang keuntungan dari adanya tabungan tersebut. Salah satu keuntungan memiliki tabungan khusus pendidikan anak yakni terjaminnya biaya pendidikan bagi si kecil.

Anda juga bisa mengasah sikap disiplin menabung ketika menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi sang buah hati. Karena tidak ingin si kecil mengalami kesulitan akibat kekurangan dana pendidikan, otomatis dapat membangkitkan semangat menabung tanpa pernah padam. Namun perlu diingat bahwa tabungan pendidikan anak hanya digunakan dalam keadaan darurat.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa membuat tabungan khusus anak merupakan hal penting yang wajib dipersiapkan oleh setiap orang tua sejak dini. Semakin dini memulai menabung, otomatis dana yang tersimpan memiliki nominal jauh lebih besar sehingga dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan pendidikannya.

You may also like