Home Perencanaan Mengenal Pengertian Asuransi, Jenis, dan Manfaatnya Secara Umum

Mengenal Pengertian Asuransi, Jenis, dan Manfaatnya Secara Umum

by Mas Abadi
asuransi adalah

Dewasa ini produk asuransi semakin banyak macamnya. Gaya hidup masyarakat yang semakin modern telah membuat banyak orang mulai menggunakan asuransi. Meski begitu, tidak sedikit pula yang meragukan manfaatnya karena kurangnya informasi. Secara sederhana, asuransi adalah layanan yang bergerak seperti menyediakan payung sebelum hujan.

Pengertian Asuransi dan Beberapa Istilah di Dalamnya

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, asuransi memang bergerak seperti menyediakan payung sebelum hujan. Dimana istilah asuransi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Insurance, yang mempunyai arti yakni pertanggungan. Jadi asuransi merupakan suatu kesepakatan antara penanggung dan tertanggung, untuk memberi jaminan terhadap suatu hal yang dijanjikan.

Pihak penanggung tersebut yaitu badan atau perusahaan yang menanggung asuransi, sementara pihak tertanggung merupakan orang yang mengasuransikan dirinya pada pihak penanggung. Dan selama kesepakatan berjalan, pihak tertanggung wajib membayarkan suatu biaya yang disebut dengan premi sebagai syarat mengikuti asuransi. Berikut beberapa istilah lainnya.

1. Beneficiary atau Penerima Uang Pertanggungan

Beberapa jenis asuransi bisa diklaim apabila tertanggung atau subyek yang diasuransikan telah meninggal dunia. Dimana uang klaim tersebut nantinya berhak diambil oleh beneficiary ini. Biasanya orang yang dijadikan penerima uang pertanggungan merupakan orang terdekat seperti keluarga, anak, kerabat, atau sahabat terdekat dari tertanggung.

2. Applicant atau Pemohon

Pemohon atau applicant adalah pihak yang mengajukan asuransi pada penanggung. Jadi dalam hal ini, yang menjadi applicant tidak harus tertanggung itu sendiri. Namun biasanya pemohon harus mempunyai insurable interest seperti hubungan keluarga dengan kepentingan hukum dengan tertanggung. Contohnya seperti orangtua dan anak serta suami istri.

3. Pemegang Polis

Setelah pengajuan asuransi diterima, maka seorang applicant yang membeli dan membayar premi asuransi bisa disebut sebagai pemegang polis. Jadi pemegang polis ini bisa diartikan sebagai pihak yang mempunyai wewenang dalam memangku polis, yang telah disetujui oleh pihak penanggung atau perusahaan asuransi.

4. Uang Pertanggungan

Jika premi adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada penanggung, maka uang pertanggungan ini adalah sebaliknya. Dimana uang pertanggungan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab atau ganti rugi dari pihak penanggung, apabila terjadi sesuatu pada pihak tertanggung.

Manfaat Memiliki Asuransi Secara Umum

1. Memberi Keamanan di Masa Mendatang

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan asuransi membuat banyak orang merasa lebih aman. Pasalnya anda seperti memiliki backup apabila terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Hal ini setidaknya bisa membuat keuangan anda jauh lebih stabil, dan dengan kepercayaan tersebut membuat anda lebih berani dalam memulai bisnis atau berinvestasi.

2. Meminimalisir Kerugian

Manfaat asuransi lainnya yaitu bisa meminimalisir kerugian, karena sebagian atau bahkan keseluruhan risiko yang anda dapatkan sudah dialihkan kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi. Sehingga anda pun tidak perlu berhutang atau membobol tabungan untuk menutupi risiko finansial yang datang secara tiba tiba.

Baca Artikel Selanjutnya : Kelebihan Menggunakan Asuransi Jiwa dan Pilihan Produk Terbaiknya Untuk Anda

Jenis Produk Asuransi di Indonesia

asuransi adalah

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang paling dikenal dan banyak peminatnya di dalam negeri. Sesuai dengan namanya, produk asuransi satu ini menangani terkait masalah kesehatan yang dialami oleh tertanggung. Umumnya yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi meliputi sakit, cedera, cacat, hingga kematian akibat kecelakaan.

2. Asuransi Pendidikan

Selain asuransi kesehatan, jenis asuransi yang tidak kalah populer di kalangan para pemegang polis yaitu asuransi pendidikan. Pasalnya jenis satu ini adalah salah satu alternatif terbaik untuk menjamin kehidupan, terutama perihal pendidikan anak. Terlebih biaya pendidikan saat ini terus meningkat setiap tahunnya.

3. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah proteksi atas kerugian, kerusakan, atau kehilangan pada harta benda milik tertanggung. Namun jaminan ini sifatnya jangka pendek dan biasanya hanya sekitar satu tahun saja, dengan beberapa klasifikasi yaitu jaminan sosial dan asuransi sukarela. Dimana pembayaran premi jaminan sosial ini dilakukan dengan paksa seperti pemotongan gaji.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa bisa dibeli oleh pemegang polis untuk diri sendiri maupun orang lain. Dimana jenis satu ini mampu memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Dan cara pembayaran premi untuk produk asuransi jiwa sistemnya bermacam macam, bahkan ada pula yang menawarkan pembayaran setelah kematian tertanggung.

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan mempunyai popularitas yang menyaingi asuransi kesehatan. Bagaimana tidak, pengguna kendaraan bermotor di Indonesia terbilang sangat tinggi. Bahkan di kota metropolitan seperti Jakarta, pemilik kendaraan roda empat secara pribadi sudah sangat banyak. Tidak heran jika asuransi kendaraan yang paling umum adalah asuransi mobil.

Manfaat asuransi adalah sebagai investasi dan tabungan di masa mendatang. Pasalnya dengan produk ini anda sebagai tertanggung mempunyai backup, apabila terjadi suatu peristiwa yang mengakibatkan kerugian mendadak. Meski begitu, tentu anda perlu mengimbanginya dengan selalu menyediakan dana darurat serta melakukan berbagai investasi lainnya.

You may also like