Home Tips Mengenal Metode Debt Snowball : Cara Efektif untuk Melunasi Hutang Bagi Orang Berpenghasilan Pas-Pasan

Mengenal Metode Debt Snowball : Cara Efektif untuk Melunasi Hutang Bagi Orang Berpenghasilan Pas-Pasan

by Mas Abadi

Seberapa pun besarnya keinginan kita untuk tidak berhutang namun ada kalanya kita dihadapkan pada kondisi yang akhirnya memaksa untuk memiliki hutang maupun mengambil kredit cicilan. Pinjaman tersebut bisa kita dapatkan baik melalui orang terdekat, pinjaman online, bank, dan lainnya.

Siapa saja yang memiliki hutang baik berbentuk pinjaman dana, kredit kendaraan bermotor, KPR, dan berbagai tagihan pasti ingin segera melunasinya. Namun banyak yang masih tidak mengerti bagaimana cara yang tepat agar terbebas dari hutang secepatnya.

Beberapa di antara orang-orang yang memiliki hutang hanya fokus pada pembayaran cicilan setiap bulannya. Apalagi bagi orang yang penghasilannya pas-pasan, dibutuhkan metode yang tepat untuk bisa membuat hutang lunas. Nah, dalam hal ini ada cara efektif yang bisa diterapkan yaitu dengan metode debt snowball.

Apakah Itu Metode Debt Snowball ?

Tidak dipungkiri bahwa dalam menjalani kehidupan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari kebutuhan makan, transportasi, tempat tinggal bahkan untuk hiburan. Dan kebutuhan tersebut berlaku bagi semua kalangan. Namun bagi orang yang berpenghasilan cukup, untuk memenuhi berbagai kebutuhan kemungkinan akan terasa sedikit longgar dibandingkan dengan yang berpenghasilan pas-pasan.

Kondisi tersebut yang akhirnya membuat orang-orang memiliki hutang di beberapa tempat. Nah, kondisi yang demikian itulah yang akan menyulitkan siapa pun untuk melunasi hutang-hutang dengan cepat. Namun dengan menggunakan metode debt snowball, masalah tersebut bisa teratasi.

Metode ini dipopulerkan oleh Dave Ramsey, seorang financial planner yang berasal dari Amerika Serikat. Debt Snowball merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk mengurangi hutang seseorang di berbagai tempat. Persis seperti namanya, metode ini diibaratkan sebuah bola salju yang bergulung dari tempat tinggi ke rendah. Bola salju yang awalnya berukuran kecil akan membesar secara perlahan. Pelunasan hutang melalui metode ini dilakukan dengan cara membayarnya dari nominal paling kecil hingga nominal hutang yang paling besar.

Jika hutang dengan nominal terkecil sudah lunas, maka selanjutnya kamu bisa melunasi hutang dengan nominal di atasnya secara urut hingga hutang yang nominal paling besar lunas.

Manfaat Menerapkan Metode Debt Snowball untuk Melunasi Hutang

Adapun beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh jika menggunakan debt snowball untuk membebaskan diri dari jeratan hutang secepatnya. Dan berikut ini manfaat-manfaatnya :

  • Hidup Terasa Lebih Ringan

Jika kamu fokus untuk melunasi hutang yang jumlahnya kecil terlebih dahulu, ini akan menjadi lebih mudah karena tanpa sadar kamu sudah melunasi banyak hutang. Karena pelunasan dimulai dari nominal terkecil, yang bisa terjangkau oleh keuanganmu. Sehingga satu per satu beban hutang akan cepat berkurang dan hidupmu menjadi terasa lebih ringan. Dibandingkan fokus pada hutang dengan nominal yang besar, pasti rasanya lebih berat, yang justru akan membuat kalang kabut untuk melunasinya.

  • Pembayaran Hutang Bisa Diatur dengan Baik

Pelunasan hutang dengan metode debt snowball bisa membantu kamu untuk mengatur hutang mana yang harus dibayarkan dulu. Kamu tidak perlu kebingungan lagi jika menerapkan metode ini, tetapi tetap agar tidak lupa melakukannya secara konsisten. Pembayaran hutang yang teratur, tentunya juga akan membuat pengelolaan terhadap pengeluaranmu setiap bulannya menjadi lebih baik.

  • Motivasi untuk Membayar Hutang Semakin Meningkat

Penerapan debt snowball bisa memberikanmu motivasi untuk melunasi hutang dengan cepat. Sebab, kamu akan semakin yakin jika hutang lainnya pasti bisa berkurang juga setelah membayar dari satu hutang ke hutang berikutnya. Keinginanmu untuk segera melunasi hutang semakin besar daripada keinginan untuk membelanjakan uang secara konsumtif.

  • Perencanaan Keuangan Menjadi Lebih Baik

Secara tidak langsung, kamu bisa memperbaiki perencanaan keuangan yang telah dibuat sebelumnya. Karena beban hutang yang harus dibayarkan perlahan terus berkurang sehingga kamu bisa mengalokasikan untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan keperluan lainnya. Perencanaan keuangan untuk menghadapi masa yang akan datang menjadi lebih matang.

Kekurangan Metode Debt SnowballĀ 

Meskipun debt snowball dianggap sebagai salah satu cara yang efektif untuk melunasi hutang, namun metode ini juga memiliki kekurangan. Apa itu ? Simak penjelasan di bawah ini.

Pelunasan Lebih Lama Pada Hutang yang Beban Bunganya Besar

Fokus untuk melunasi hutang mulai dari yang terkecil hingga paling besar menjadi tidak efektif jika kamu memiliki hutang dengan nominal besar dan bunga yang dibebankan juga besar. Bunga yang dibebankan tersebut akan semakin membengkak karena waktu pelunasannya lebih lama. Sebab, harus menunggu hutang-hutang yang nonimalnya kecil terlunasi terlebih dahulu. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa metode debt snowball hanya cocok diterapkan untuk semua hutang yang besaran bunganya sama atau jika ada perbedaan tidak begitu kentara antara satu dengan yang lainnya.

Demikian penjelasan kami mengenai metode debt snowball beserta manfaat dan kekurangannya. Apapun metode yang akan kamu terapkan, satu hal yang harus diingat bahwa hutang harus segera dibayarkan hingga lunas.

You may also like