Home Investasi Mengenal Mata Uang Malaysia, Ringgit dan Sejarahnya

Mengenal Mata Uang Malaysia, Ringgit dan Sejarahnya

by Mas Abadi
mata uang Ringgit

Ringgit atau biasa dikenal dengan Ringgit Malaysia (RM) merupakan mata uang dari Malaysia. Mata uang ini memiliki kode ISO yaitu MYR (Malaysia Ringgit). Mata uang ini sendiri tidak mempunyai simbol tertentu yang dipakai pada bagian depan pecahan uangnya. Sama halnya dengan rupiah, Ringgit juga menuliskannya seperti Rupiah. 

Anda hanya cukup menuliskan huruf RM pada depan pecahan angka sehingga bisa membedakan antar pecahan mata uang. Seperti, harga sebuah sepatu berwarna merah ini yaitu RM50. Cara penulisan tentunya sama dengan Rupiah, yaitu Rp 50.000. Nama Ringgit ini diambil dari salah satu sisi yang bergerigi dari uang perak Spanyol yang biasanya dipakai untuk melakukan transaksi di masa lalu. Pada tahun 1993 akhirnya penyebutan Ringgit resmi dipakai. Untuk mengetahui sejarah lebih lanjut, mari simak ulasannya berikut ini. 

Sejarah mata uang Malaysia 

Malaysia menjadi salah satu negara yang dijajah Inggris, kebijakan untuk pemakaian  mata uang untuk melakukan transaksi di Malaysia telah diatur oleh pemerintah Inggris, antara lain pengaturan Colony of the Strait, sebutan negara-negara yang membentuk koloni. Inggris: Melaka, Singapura dan Penang. 

Pada tanggal 12 Juni 1967, setelah kemerdekaan, Bank Negara Malaysia mengeluarkan dolar Malaysia untuk dipakai menjadi salah satu instrumen transaksi yang resmi. Dolar Malaysia menggantikan semua mata uang yang sebelumnya digunakan. Pada tahun 1993, Malaysia mempublikasi simbol mata uang RM, atau ringgit Malaysia, sebagai pengganti simbol dolar yang sebelumnya digunakan.

Pecahan Ringgit Malaysia 

Tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan mata uang dari negara lain. Ringgit juga memiliki pecahan uang kertas dan uang logam dengan nilai yang berbeda-beda. Apabila mata uang kertasnya memakai pecahan Ringgit, berbeda dengan uang logam yang memakai satuan sen. 100 sen ini setara dengan 1 Ringgit. 

Mata uang logam Malaysia 

  • 1 sen 
  • 5 sen 
  • 10 sen 
  • 20 sen 
  • 50 sen 

Mata uang kertas Malaysia 

  • RM1
  • RM2 
  • RM5
  • RM10
  • RM20
  • RM50 
  • RM100

Kurs mata uang Malaysia 

Dari data terbaru saat ini, nilai tukar atau kurs dari mata uang Malaysia yaitu seperti berikut ini. 

  • RM1 = US$0,24 
  • RM1 = Rp 3.403,65 

Tentu saja nominal ini bisa berubah-ubah setiap waktu, untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari langsung kurs mata uang Ringgit Malaysia di Internet. 

Fakta Ringgit Malaysia

Terdapat sejumlah fakta unik mengenai Ringgit Malaysia yang perlu Anda ketahui mulai dari gambar yang sama di setiap mata uangnya sampai adanya koin khusus yang dimiliki oleh Malaysia untuk masyarakatnya yang bisa digunakan sebagai instrumen investasi. Tentu saja Anda semakin penasaran bukan? Untuk itu, mari kita simak ulasannya di bawah ini.  

  • Mempunyai gambar yang sama 

Apabila uang kertas yang ada di Indonesia mempunyai gambar yang tidak sama pada masing-masing pecahannya, lain halnya dengan Ringgit Malaysia ini. Setiap lembar mata uang ini hanya mempunyai satu gambar yang sama di masing-masing pecahannya, yakni Tuanku Abdul Rahman. Beliau merupakan Yang Dipertuan Agung yang pertama selepas Malaysia merdeka dijajah oleh Inggris. 

  • Ringgit bukan dari bahasa Melayu 

Kata Ringgit sendiri bukan dari bahasa Melayu yang dipakai menjadi bahasa resmi Malaysia. Ringgit merupakan bahasa Spanyol yang berarti uang logam yang dipakai secara luas menjadi salah satu instrumen transaksi di masa tersebut. Spanyol memiliki mata uang yang dipakai secara luas pada daerah-daerah jajahan mereka di era kolonial Portugis sejak abad ke 16 hingga abad ke 17.

  • Koin khusus Ringgit Kijang Emas 

Tidak hanya biasa dipakai menjadi instrumen transaksi sehari-hari, Bank Malaysia juga merilis dengan terbatas uang logam dengan pecahan RM50, RM100, dan RM200. Uang logam ini terbuat dari emas yang masing-masingnya seberat ¼ oz, ½ oz dan juga 1 oz, namun lebih sering dikenal sebagai Ringgit Kijang Emas. Koin yang dipublikasi pada tahun 2002 ini dipakai menjadi alat investasi untuk para pemiliknya. Hal tersebut tentu saja menguntungkan untuk para pemegangnya.

Tempat lain yang memakai mata uang Ringgit 

Ringgit merupakan mata uang resmi dari Malaysia. Walaupun demikian, ternyata terdapat wilayah lain yang menggunakan mata uang Ringgit ini, salah satunya adalah Indonesia. Penduduk Indonesia yang berbatas langsung dengan Malaysia, biasanya mereka akan memakai Ringgit dibandingkan dengan Rupiah, sebab kehidupan sehari-hari mereka memang lebih condong ke Malaysia, seperti melakukan transaksi dan juga berinteraksi. 

Tidak hanya di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia saja, negara lain yang memakai mata uang Ringgit yaitu Thailand bagian selatan dan Filipina di wilayah Tawi-Tawi. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai mata uang Malaysia dan juga sejarah penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.  

You may also like