Home Belanja Mengenal Manfaat Dan Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Berlaku Di Indonesia

Mengenal Manfaat Dan Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Berlaku Di Indonesia

by Mas Abadi
alat pembayaran non tunai

Di jaman yang serba modern dan berkembang ini, tentunya kecepatan dan efisiensi di dalam bertransaksi menjadi salah satu poin penting yang harus anda perhatikan. Oleh karena itu, muncullah berbagai alat pembayaran non tunai yang saat ini lebih diminati oleh masyarakat. Apa saja manfaat dan jenisnya? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Bertransaksi Dengan Menggunakan Non Tunai

1. Dapat Meminimalisir Tindakan Kriminal

Dengan menggunakan pembayaran melalui non tunai, anda pun mampu menghindari tindak kejahatan. Hal ini dikarenakan ketika anda termasuk orang yang khawatir untuk membawa uang dalam jumlah banyak, maka metode pembayaran satu ini akan sangat cocok untuk anda.

Pasalnya dengan beberapa alat pembayaran secara tidak tunai seperti m banking, e – money, hingga dompet digital yang saat ini banyak macamnya, membuat anda tidak perlu lagi untuk membawa uang tunai dalam nominal yang banyak. Sebab, uang anda akan tersimpan dengan aman dan anda bisa melakukan transaksi lebih mudah.

2. Lebih Praktis

Praktis dan efisien adalah dua hal yang menggambarkan keberadaan alat pembayaran ini. Dengan menggunakan uang elektronik, anda tak perlu repot bertransaksi. Anda hanya cukup mengeluarkan kartu maupun smartphone yang anda miliki. Hal ini akan membuat antrian juga semakin lebih cepat.

Sebab, penjual tak perlu memberikan anda uang kembalian. Hal ini tentu saja akan mampu untuk memangkas waktu untuk bertransaksi di kasir. Dengan menggunakan pembayaran secara non tunai, anda pun bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Ditambah lagi, jumlah pembayaran anda yang pas akan memudahkan proses transaksi.

3. Memiliki Banyak Promo

Salah satu manfaat dan keuntungan menggunakan alat pembayaran secara non tunai adalah promo dan diskon yang diberikan. Tidak jarang, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dengan melakukan transaksi ini. Salah satunya seperti alat pembayaran e wallet yang lebih mudah ditemui saat ini.

Dengan melakukan transaksi menggunakan alat pembayaran tersebut, maka anda pun akan bisa untuk mendapatkan cashback bahkan potongan harga. Diskon tersebut tak hanya bisa anda temukan di gerai gerai saja, melainkan ketika anda membeli tiket pesawat, hotel ataupun melakukan transaksi di tempat wisata.

Baca Artikel Selanjutnya : Harga Mobil Bekas Dibawah 100 Juta Yang Masih Keren Untuk Keliling Kota

Berbagai Macam Jenis Transaksi Secara Non Tunai

alat pembayaran non tunai

1. Kartu Kredit

Alat pembayaran secara non tunai yang banyak diminati pertama adalah kartu kredit. Kartu kredit merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu secara elektronik dan diterbitkan oleh suatu bank. Dengan adanya kartu kredit ini akan memungkinkan penggunanya untuk berbelanja dengan sistem hutang terlebih dahulu. Jadinya anda bisa mencicil setiap bulannya.

2. Cek

Alat pembayaran satu ini merupakan perintah dari nasabah kepada bank untuk menarik dana dalam jumlah tertentu. Biasanya alat pembayaran secara non tunai ini berbentuk kertas dan memiliki nama atau nama orang lain yang telah ditunjuk. Adapun jenisnya terdapat tiga macam yakni, silang, atas unjuk dan juga atas nama.

3. e – Money

Bentuk pembayaran secara non tunai yang saat ini digemari masyarakat karena kepraktisannya adalah e – money. Dengan menggunakan cara pembayaran ini, anda pun hanya perlu untuk membawa kartu saja. Selanjutnya, dengan kartu tersebut anda bisa melakukan pembayaran dimana pun dan kapan pun.

Ditambah lagi, pembayaran ini juga bisa anda gunakan seperti untuk membayar transaksi belanja di merchant tertentu, membeli bensin, hingga membayar tol dan Transjakarta. Alat pembayaran ini, biasanya telah menyetorkan uang terlebih dahulu yang terdapat di dalam kartu.

Dana ataupun uang tersebut nantinya akan disimpan dalam kartu tersebut dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran yang lain. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda di dalam bepergian karena anda tak perlu mengeluarkan uang tunai lagi dan hanya perlu membawa satu kartu.

4. Bilyet Giro

Salah satu alat pembayaran dengan jenis non tunai ini adalah surat perintah dari nasabah kepada bank untuk memindahbukukan sejumlah dana. Dana tersebut dapat berasal dari pemilik rekening ataupun rekening yang bersangkutan menuju ke rekening penerima. Sehingga cara ini akan lebih memudahkan dibanding menarik sejumlah uang tunai dan memasukkannya lagi ke dalam bank.

5. Kartu Debit

Kartu pembayaran yang diterbitkan oleh bank ini juga bisa anda gunakan sebagai alat pembayaran secara non tunai. Biasanya saldo dari kartu debit merupakan jumlah saldo tabungan yang anda miliki. Dengan menggunakan kartu tersebut, anda pun bisa dengan mudah untuk berbelanja, mengambil uang dari ATM ataupun mentransfernya.

Hidup pun seakan lebih mudah dengan adanya alat pembayaran non tunai ini. Untuk itu, anda pun bisa memilih jenis pembayaran yang dirasa lebih aman dan efisien untuk anda gunakan. Sehingga, dengan adanya alat ini bisa membantu anda untuk mengurangi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

You may also like