Home Belanja Mengenal Lebih Jauh Tentang Perumahan Subsidi dan Persyaratannya

Mengenal Lebih Jauh Tentang Perumahan Subsidi dan Persyaratannya

by Mas Abadi
Perumahan Subsidi

Kebutuhan akan rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Namun, harga beli rumah dari tahun ke tahun yang mengalami kenaikan membuat sebagian masyarakat kesulitan untuk mendapatkan tempat tinggal. Untuk itu pemerintah dan sejumlah developer pun membuat alternatif yakni dengan perumahan subsidi. Apa itu? Simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Subsidi Rumah

1. Pengertian

Sebagian dari anda mungkin masih asing dengan istilah subsidi rumah. Di dalam pengertiannya sendiri, rumah jenis ini merupakan salah satu rumah yang memiliki harga jual cukup terjangkau. Untuk pembelinya sendiri hanya perlu mengajukan KPR dengan memiliki bunga yang flat.

Untuk bunga dari rumah jenis ini memang flat lantaran adanya alasan tertentu. Diantaranya telah mendapatkan subsidi dari Pemerintah dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR. Kementerian PUPR beserta Pemerintah melakukan kerja sama dengan beberapa developer yang cukup kompeten untuk membangun rumah jenis ini.

Oleh karena itu, dengan adanya rumah subsidi ini, dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan harga yang murah dan terjangkau. Tentu saja, subsidi rumah dari Pemerintah ii akan sangat tepat bagi anda yang baru saja merintis karir dan menjadi solusi bagi yang memiliki pendapatan UMR.

2. Keuntungan

Ada banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan di dalam membeli subsidi rumah ini. keuntungan tersebut antara lain adalah memiliki harga yang murah. Selain itu, juga mendapatkan DP yang ringan, bunga yang flat dan juga adanya cicilan bulanan yang lumayan terjangkau.

Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan anda di dalam memiliki rumah meskipun pendapatan anda masih pas pasan. Hal ini dikarenakan dibandingkan anda menyewa kontrakan maupun kos kosan, mencicil rumah merupakan salah satu cara yang lebih efektif. Karena anda pun bisa mendapatkan hunian impian milik sendiri.

3. Cara Pengajuannya

Ada beberapa syarat mendapatkan rumah subsidi yang perlu untuk anda ketahui. Pertama adalah anda perlu melampirkan beberapa dokumen. Dokumen tersebut terdiri dari fotokopi KTP pemohon dan juga pasangan yang mana dilengkapi dengan Akta Nikah dan Kartu Keluarga. Apabila anda telah bercerai, maka anda pun bisa melampirkan Akta Cerai.

Setelah itu, persiapkan pula fotokopi NPWP, fotokopi rekening koran kurang lebih selama 3 bulan terakhir, Slip gaji terakhir yang juga disertai dengan surat Keterangan Kerja bagi karyawan swasta dan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Tetap. Anda juga bisa untuk melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan.

Pada surat tersebut juga disertai Surat Keterangan Domisili ditambah dengan Laporan Keuangan selama tiga bulan terakhir bagi anda yang berprofesi sebagai wiraswasta. Anda juga bisa menyerahkan Surat pernyataan bahwa belum memiliki rumah, surat pernyataan bahwa belum pernah mengikuti program subsidi rumah dan juga pas foto terbaru suami maupun istri serta formulir pengajuan kredit.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip Syarat Kredit Motor Agar Pengajuan Cepat Yang Wajib Anda Tahu

Tips Memilih Rumah Bersubsidi

Perumahan Subsidi

1. Mencari Tahu Terlebih Dahulu Bagaimana Model Pembayarannya

Di dalam mencari rumah jenis ini, anda pun sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana metode pembayarannya. Hal ini dikarenakan sama seperti anda membeli rumah non subsidi, pastinya pihak developer akan memiliki berbagai macam metode pembayaran yang berbeda.

Pasalnya untuk rumah subsidi ini hanya bisa dibeli dengan menggunakan meotor Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau yang disingkat dengan KPR FLPP. Sedangkan untuk metode pembayaran lainnya anda pun bisa langsung menanyakannya pada pihak developer untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

2. Kenali Track Record Dari Developer

Di dalam membeli subsidi rumah ini, sebenarnya hampir sama dengan membeli rumah pada umumnya. Sebab, pemerintah juga menjalin kerja sama dengan developer properti di dalam membangun dan mengembangkan rumah jenis ini. oleh karena itu, anda pun bisa mengetahui terlebih dahulu bagaimana track record dari developer tersebut.

Anda bisa melihatnya melalui portofolio dari produk properti yang pernah dibangunnya. Hal ini akan membuat anda bisa memperkirakan dan tahu bagaimana hasil kerja dan kualitas dari developer tersebut. Dengan cara ini, anda juga bisa untuk menghindari agar tidak terkena penipuan oleh developer yang masih belum memiliki track record yang jelas.

3. Lokasi

Lokasi juga menjadi elemen penting di dalam memilih rumah jenis ini. Meskipun rumah tersebut berlokasi yang kurang strategi dan jauh dari ibukota, namun anda tetap harus mempertimbangkan beberapa aspek yang lainnya. Seperti apakah dekat dengan fasilitas umum dan sebagainya. Serta pastikan jika lokasi rumah tersebut tidak terpencil.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan di dalam memilih perumahan subsidi. Hadirnya perumahan satu ini dapat menjadi angin segar bagi anda yang ingin memiliki rumah namun dengan harga yang terjangkau. Sehingga, anda tidak perlu untuk mengekos maupun kontrak rumah ketika telah berumah tangga.

You may also like