Home Pinjaman Mengenal Lebih Jauh Tentang Peran dan Fungsi Koperasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Peran dan Fungsi Koperasi

by admin

Koperasi sangat berperan penting bagi kemajuan perekonomian negara. Sebuah wadah yang telah menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat ekonomi ke bawah. Keberadaan koperasi berawal dari adanya sistem liberal yang telah membuat jurang dalam antara golongan tertentu dan kelompok masyarakat yang terpinggirkan secara ekonomi.

Koperasi hadir di tengah masyarakat dengan mengusung asas kekeluargaan sehingga bertujuan untuk membuat anggotanya sejahtera. Banyak masyarakat yang telah terbantu dengan adanya koperasi, terutama di saat perekonomian sedang terimbas pandemi seperti sekarang ini.

Apa Sebenarnya Koperasi Itu ?

Dari segi bahasa (etimologi), kata koperasi diambil dari bahasa Latin yaitu “coopere” dan dalam bahasa Inggris “cooperation”. Sehingga dari dua bahasa tersebut kata koperasi memiliki arti “kerja sama” atau bisa juga berarti gotong royong. 

Jadi, koperasi sendiri bisa dimaknai sebagai sebuah organisasi atau lembaga yang di dalamnya terdapat kerja sama antar sesama anggotanya. Kerja sama tersebut bertujuan untuk membantu perekonomian dari setiap anggota. 

Definisi Koperasi Menurut Beberapa Sumber

Menurut Mohammad Hatta, Mantan Wakil Presiden Indonesia yang juga disebut sebagai Bapak Koperasi, koperasi adalah badan usaha bersama untuk meningkatkan atau memperbaiki kehidupan ekonomi berlandaskan asas tolong menolong.

Menurut Arifinal Chaniago, koperasi adalah sebuah perkumpulan yang terdiri dari sejumlah orang, yang bergotong royong secara kekeluargaan guna melaksanakan usaha demi kesejahteraan para anggota.

Pengertian koperasi juga telah diatur pada Undang-Undang No.25 tahun 1992 Pasal 1 yaitu sebuah badan usaha yang anggotanya terdiri dari sekelompok orang atau badan hukum koperasi yang kegiatannya berlandaskan pada prinsip koperasi, yang juga menjadi penggerak ekonomi masyarakat dengan asas kekeluargaan.

Apa Saja Peran dan Fungsi Koperasi ?

Dari definisi koperasi menurut berbagai sumber di atas, koperasi jelas akan membawa dampak baik bagi perekonomian. Untuk lebih jelasnya, mari simak peran dan fungsi koperasi berikut ini. 

Fungsi Koperasi 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Pasal 4 Tahun 1992, fungsi koperasi terbagi menjadi empat, antara lain adalah :

  • Membangun dan Mengembangkan

Koperasi ikut membangun dan mengembangkan kapasitas ekonomi anggotanya serta bagi masyarakat luas secara umum dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

Karena pada umumnya kapasitas ekonomi yang dimiliki para anggota koperasi tergolong masih rendah. Sehingga dengan melihat kapasitas ekonominya yang masih rendah, koperasi bisa berperan dalam menopang perekonomian para anggotanya. 

  • Meningkatkan Kualitas Hidup 

Tidak hanya berguna bagi peningkatan kesejahteraan anggotanya secara ekonomi. Namun koperasi turut berperan aktif dalam peningkatan kualitas hidup manusia dan juga masyarakat pada umumnya. 

  • Memperkuat Perekonomian

Koperasi menjadi landasan perekonomian negara agar semakin kuat dan kokoh. Sehingga koperasi harus berupaya untuk selalu efisien dan tangguh untuk bisa memperkuat perekonomian suatu negara. 

  • Mewujudkan Perekonomian Nasional 

Dengan adanya koperasi, diharapkan perekonomian nasional bisa dikembangkan sesuai dengan asas demokrasi dan kekeluargaan. Tidak seperti badan usaha lainnya, koperasi memiliki peran penting untuk mendukung perekonomian Indonesia. 

Peran dan Tugas Koperasi

Sedangkan peran dan tugas koperasi adalah sebagai berikut : 

  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia yang sederhana atau kalangan menengah ke bawah.
  • Mengembangkan sistem demokrasi ekonomi, yang artinya membawa asas kekeluargaan dan gotong royong ke dalam sistem perekonomian Indonesia.
  • Menciptakan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara membina, menyatukan, dan mengembangkan berbagai potensi yang ada. 

Manfaat Koperasi

Dengan mengetahui fungsi dan peran koperasi, bisa disimpulkan bahwa koperasi turut serta dalam menggerakan perekonomian masyarakat luas bahkan negara. Memutuskan untuk menjadi anggota koperasi merupakan keputusan yang tepat dan tentunya akan sangat bermanfaat. Simak manfaat koperasi bagi anggota, pelaku usaha maupun masyarakat luas di bawah ini. 

  1. Anggota koperasi bisa mengajukan pinjaman dana ke koperasi untuk berbagai keperluan bahkan modal mendirikan usaha, dengan bunga yang rendah atau menggunakan sistem bagi hasil syariah.
  2. Anggota koperasi bisa melakukan pembelian atas barang maupun jasa dengan harga yang lebih murah. Selain itu, bisa dibayarkan belakangan sehingga para anggota bisa dengan mudah merencanakan berbagai pengeluarannya.
  3. Para anggota berhak mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha. Besarnya tergantung pada jumlah keseluruhan modal yang ditanam ditambah keuntungan yang diperoleh koperasi. 
  4. Bagi para pelaku usaha, selain mendapatkan pinjaman modal, koperasi juga bisa dijadikan wadah untuk mengembangkan usaha yang dijalankan yakni dengan mengikuti berbagai pelatihan. Seperti pelatihan bagaimana melakukan ekspor impor, perizinan usaha, dan lainnya. 
  5. Dengan adanya koperasi, diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga akan mengurangi dampak pengangguran. 
  6. Membantu memperkuat tatanan perekonomian negara.

Itulah tadi rangkuman mengenai koperasi, peran dan fungsi serta manfaat koperasi sendiri baik bagi anggota, pelaku usaha dan juga masyarakat luas. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like