Home Karier Mengenal Lebih Jauh Dengan Jurusan Teknik Industri Beserta Prospek Kerjanya

Mengenal Lebih Jauh Dengan Jurusan Teknik Industri Beserta Prospek Kerjanya

by Mas Abadi
prospek kerja teknik industri

Apabila kamu sedang bingung mencari jurusan yang tepat untuk masuk kuliah, tak ada salahnya untuk mencoba memasuki jurusan Teknik Industri. Disini, kamu akan mempelajari banyak bidang terkait teknik maupun ekonomi. Tentu saja prospek kerja teknik industri sangatlah banyak, mengingat banyaknya materi yang diajarkan. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Teknik Industri

1. Sekilas Tentang Jurusan

Teknik Industri adalah salah satu jurusan yang ada di kampus dan mempelajari tentang berbagai macam kegiatan manusia agar bisa berjalan dengan optimal. Contohnya saja seperti proses produksi, ekonomi bahkan hingga pengelolaan. Sehingga tidak mengherankan apabila lulusan jurusan ini mampu untuk mempelajari berbagai macam hal.

Nantinya lulusan teknik industri akan bertugas dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan optimalisasi atas praktek. Mulai dari desain optimal manajemen perusahaan, proposal strategi dan juga sistem produksi pabrik. Ketika kamu masuk ke jurusan ini, kamu juga akan mempelajari materi dengan menggunakan pendekatan yang sistematis.

2. Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Industri

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika masuk ke jurusan satu ini. salah satunya teknik industri prospek kerja sangatlah luas. Jika lulus dari jurusan ini, kamu bisa masuk ke industri jasa seperti pelayanan masyarakat, teknologi informasi maupun konsultasi dan keuangan.

Selain itu, lulusan sarjana teknik industri juga akan dibutuhkan oleh perusahaan dan bertugas untuk mengolah informasi. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang telah melek teknologi, sehingga banyak yang ingin membuat engagement dengan pelanggan atau konsumen setianya.

Baca Artikel Selanjutnya :

Peluang Kerja di Teknik Industri

prospek kerja teknik industri

1. Health and Safety Officer

Salah satu peluang kerja dari jurusan satu ini adalah Health and Safety Officer. Ketika kamu memutuskan untuk berkuliah di jurusan ini, maka kamu bisa masuk ke bidang pekerjaan ini. hal ini dikarenakan sebagai Health and Safety Officer, kamu akan memiliki tugas untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang muncul dalam lingkungan pekerjaan.

Tugas HSE Officer yang lainnya adalah untuk menerbitkan dokumen untuk mengatur keamanan kerja. Di samping itu, kamu juga akan melakukan analisis lokasi proyek dan juga mengatur prosedur kerja. Hal tersebut bertujuan agar nantinya pekerjaan akan tetap aman. Kamu pun juga akan mendapatkan pelatihan keamanan kerja saat melamar di pekerjaan ini.

2. Product Analyst

Product Analyst juga menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh jurusan Teknik Industri. Meskipun biasanya pekerjaan bidang ini banyak dikuasai oleh jurusan Ekonomi maupun Bisnis, namun ternyata Product Analyst dapat menjadi prospek kerja yang menguntungkan bagi jurusan teknik Industri.

Ketika kamu melamar jurusan ini, nantinya kamu pun akan bertugas untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk sebuah produk. Dapat dikatakan job desk yang tersedia dari bidang pekerjaan ini adalah membandingkan produk dengan tren industri yang sedang berkembang. Sehingga, perusahaan tidak ketinggalan jaman dan bisa meraih target pasar yang diinginkan.

Sedangkan untuk gaji lulusan teknik industri di pekerjaan satu ini pun berkisar antara 2 hingga 11 juta rupiah. Tergantung dari posisi dan jabatan yang kamu peroleh. Selain itu, disini kamu juga akan menghandle job terkait dengan maintenance dan optimasi alat alat produksi, hingga manajemen dan proses penilaian dari produk tersebut.

3. Quality Controller

Tugas dari Quality Controller adalah untuk memastikan bahwa produk yang akan dihasilkan telah memenuhi kualitas dan spesifikasi sesuai dengan perusahaan. Oleh karena itu, bagi kamu yang berkuliah di jurusan teknik industri prospek kerja satu ini bisa menjadi salah satu peluang yang menguntungkan.

Sebagai alumni dari teknik industri, kamu akan dikenal dengan quality control engineer. Nantinya ketika kamu telah diterima untuk bekerja di perusahaan ini, maka tugas yang kamu lakukan adalah memeriksa dan mengecek apakah produk yang akan didistribusikan ke pasar telah memenuhi standar dan kualitas yang terbaik.

Untuk gaji yang ditawarkan pada pekerjaan in pun lumayan besar, tergantung dari jabatan, posisi dan berapa lama kamu bekerja. Namun setidaknya kamu bisa mengantongi hingga 10 juta rupiah per bulannya. Terlebih lagi jika kamu memiliki kinerja yang bagus dan telah bekerja dalam waktu yang lama.

4. Engineering Manager

Sebagai lulusan teknik industri, pekerjaan satu ini merupakan salah satu peluang yang bagus. Bagaimana tidak, kamu bisa mengantongi gaji sekitar 4 hingga 10 juta jika bekerja di bidang ini. tugas yang perlu kamu lakukan adalah merencanakan sebuah proyek dan menyusun sumber daya yang dibutuhkan

Ada banyak sekali prospek kerja teknik industri yang dibutuhkan. Oleh karena itu, apabila kamu menyukai jurusan satu ini tak ada salahnya untuk memilih Teknik Industri ketika ingin mendaftar kuliah. Pasalnya, di jurusan ini kamu akan bisa belajar mengenai banyak mata kuliah sekaligus. Tentunya akan banyak peluang kerja yang tersedia bagi lulusan jurusan ini.

You may also like