Home Karier Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Komunikasi, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya!

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Komunikasi, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya!

by Mas Abadi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi, termasuk salah satu disiplin ilmu yang cukup banyak peminatnya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tidak heran jika beberapa kampus memperketat seleksi masuk untuk jurusan tersebut. Lantas mengapa sebenarnya jurusan ini banyak peminat, dan bagaimana prospek kerja ilmu komunikasi ? Simak jawabannya pada ulasan berikut.

Mengenal Apa Itu Ilmu Komunikasi

Mungkin dari namanya saja, disiplin ilmu ini telah menggambarkan apa yang dipelajari. Ilmu komunikasi adalah induk beberapa ilmu turunan, sebut saja seperti hubungan masyarakat, desain komunikasi visual, jurnalistik, penyiaran, dan periklanan. Program studi ini sendiri mempelajari mengenai proses penyampaian pesan, yang erat kaitannya dengan interaksi antar sesama manusia.

Dengan kata lain, ilmu komunikasi ini begitu erat dengan kehidupan sehari hari. Sehingga tidak heran jika banyak sekali peminatnya. Bahkan ilmu komunikasi dinilai tak akan lekang oleh waktu. Sebab di manapun berada, manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan komunikasi dengan satu sama lain.

Beberapa kemampuan dan keahlian yang dapat diperoleh saat menuntut ilmu pada jurusan ilmu komunikasi yaitu kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan berpikir out of the box, kemampuan dasar fotografi, kemampuan dasar desain, kemampuan menulis kreatif, dan teamwork. Tentu beberapa keahlian tersebut memiliki prospek kerja yang cukup tinggi.

Prospek Kerja Jurusan Ilkom

Seperti yang telah disebutkan, ilmu komunikasi tidak akan lekang oleh waktu. Sehingga prospek kerja jurusan ilmu komunikasi ini cukup tinggi, dan sangat luas macamnya. Sejak dulu, sudah banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi. Khususnya pada bagian public relation. Berikut beberapa prospek kerja dari jurusan satu ini.

1. Public Relation

Bagian public relation atau hubungan masyarakat sangat penting di dalam suatu instansi atau perusahaan. Dimana bagian ini memiliki fungsi yaitu sebagai penghubung antara perusahaan tersebut, dengan masyarakat secara luas. Tugasnya sendiri adalah membawa brand tertentu dari perusahaan agar dapat dikenal oleh publik.

Umumnya divisi public relation di berbagai perusahaan, selalu diduduki oleh seorang lulusan ilmu komunikasi. Karena disiplin ilmu tersebut sangat tepat untuk diterapkan pada job desc yang dimiliki oleh public relation. Mulai dari mengenalkan perusahaan ke masyarakat, melakukan kerja sama dengan penyedia iklan atau pihak sponsor, dan lain sebagainya.

2. Redaktur

Prospek kerja lulusan komunikasi lainnya yaitu redaktur, yang merupakan suatu jabatan keredaksian dalam dunia kewartawanan. Dimana tugas dari seorang redaktur yaitu melakukan penyuntingan terhadap berita atau naskah. Dengan seiring waktu, redaktur juga kerap kali memberikan arahan pada reporter saat meliput berita.

Baca Artikel Selanjutnya : Berminat Masuk Jurusan Administrasi Negara ? Yuk Intip Prospek Kerjanya di Sini !

3. Master of Ceremonies

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Dalam suatu acara, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kehadiran master of ceremonies atau biasa disingkat sebagai MC. MC ini merupakan seorang yang memandu acara dalam suatu event. Yang membuat pekerjaan ini menarik adalah kamu bisa melakukannya sebagai pekerjaan resmi, maupun sebagai sambilan saja di waktu luang.

4. Jurnalis

Lulusan ilmu komunikasi banyak sekali yang membidik profesi jurnalis dalam pengarahan kariernya. Pasalnya bidang satu ini memang sangat cocok dengan disiplin ilmu komunikasi itu sendiri. Dimana jurnalis merupakan sebutan bagi seseorang yang melakukan berbagai kegiatan jurnalistik seperti menganalisis, menulis, serta melaporkan suatu peristiwa ke publik melalui media massa.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang jurnalis, maka direkomendasikan untuk mengambil konsentrasi mass media communication. Nantinya kamu akan belajar mengenai cara membuat berita offline maupun online, media sosial, pengoperasian studio radio, hingga membuat konten untuk TV.

5. Film and Video Editor

Ketika mengemban ilmu di jurusan ilmu komunikasi, kamu memang akan diajarkan pula terkait dengan komunikasi grafis hingga fotografi. Sehingga tidak heran jika lulusan dari jurusan satu ini bisa merambah pada bidang film and video editor. Bahkan profesi tersebut cukup digandrungi pada bidang ilkom. Terlebih saat ini konten yang berupa video semakin digemari oleh masyarakat.

6. Youtuber

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa saat ini konten yang berupa video semakin digemari oleh publik. Salah satunya yaitu melalui Youtube, sehingga profesi Youtuber banyak dijajal masyarakat secara luas. Meski menjadi seorang Youtuber sendiri sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, namun prospek kerja lulusan komunikasi pada bidang ini terbilang cukup tinggi.

Mengingat bahwa untuk membuat konten yang menarik di Youtube juga membutuhkan skill tersendiri, tidak bisa asal agar dapat menggaet banyak penonton. Dalam hal ini, semua ilmu yang telah kamu dapat di jurusan ilmu komunikasi bisa diterapkan. Jika mampu mendatangkan banyak pengikut dan penonton, kamu bisa mendapat banyak uang dari penyedia iklan maupun Google.

Sebenarnya prospek kerja ilmu komunikasi masih begitu luas, karena ilmu satu ini memang erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari dan tidak lekang oleh waktu. Bahkan kini prospek kerjanya terbilang makin beragam, seiring dengan perkembangan teknologi. Ilkom sangat cocok untuk orang yang suka berbicara, menulis, fotografi, maupun desain.

You may also like