Home Belanja Mengenal Lebih Dekat Apa Itu PayPal Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu PayPal Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya

by Mas Abadi
cara membuat paypal

Jika berselancar di dunia maya dan mengetikkan kata “PayPal” di mesin pencari, maka anda akan menemukan banyak sekali hasil pencarian dari kata tersebut. Pasalnya PayPal ini sudah berkecimpung di dalam bisnis pembayaran seluler lebih dari satu dekade. Lanta apa sebenarnya layanan satu ini dan bagaimana cara membuat PayPal ? Simak ulasannya berikut.

Mengenal Apa Itu PayPal

PayPal merupakan sebuah platform atau aplikasi layanan keuangan online yang pertama kali dibentuk. Bahkan aplikasi e-wallet ini telah dibentuk lebih dulu dari aplikasi pembayaran lokal seperti Dana, OVO, Gopay, dan lain sebagainya. Meski begitu nama PayPal belum populer kala peluncuran pertamanya.

Jadi sederhananya PayPal ini adalah sistem pembayaran elektronik yang dapat menggantikan transaksi secara konvensional. Para pelaku bisnis online banyak yang telah menggunakan aplikasi satu ini karena mempermudah pengelolaan usaha, meski aplikasi satu ini tidak secara khusus ditujukan pada para penjual.

PayPal sendiri banyak disukai karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Anda pun dapat melakukan pembayaran dengan memakai beberapa sumber dana seperti rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit. Selain itu, anda bisa mengirim sejumlah uang ke pengguna PayPal lainnya dengan memanfaatkan email untuk menggantikan nomor rekening.

Keuntungan Menggunakan PayPal

Seperti yang telah disebutkan, bahwa PayPal ini merupakan sistem pembayaran elektronik atau bisa dibilang sebagai e-wallet. Fungsi PayPal ini bisa membantu anda dalam banyak hal, jadi tidak hanya mencakup kemudahan pembayaran semata. Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi PayPal.

1. Belanja Online dari Berbagai Negara

Dengan menggunakan PayPal, anda bisa melakukan belanja online dari berbagai negara bahkan hampir seluruh dunia hanya melalui satu genggaman saja. Pasalnya aplikasi satu ini sudah digunakan lebih dari 200 negara di dunia. Sehingga melakukan belanja online di berbagai situs e-commerce yang ada pun sangat memungkinkan.

2. Bayar dan Booking Hotel

Bayar serta booking hotel menjadi lebih mudah jika menggunakan PayPal, anda tidak perlu langsung data ke lokasi untuk melakukan pemesanan. Dan hal ini bisa dilakukan untuk banyak hotel baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan pemesanan ini tidak hanya berlaku untuk hotel saja, namun juga untuk tiket konser luar negeri dan lain sebagainya.

3. Dapat Terhubung ke Banyak Pilihan Pembayaran

Yang membuat PayPal semakin menarik adalah aplikasi satu ini bisa terhubung dengan banyak pilihan pembayaran, mulai dari kartu debit jenis visa hingga kartu kredit. Dan semua ini dapat anda gunakan untuk pembayaran langsung maupun top up saldo. Bahkan rekening bank digital yang anda miliki seperti Digibank dan Jenius bisa dihubungkan ke akun PayPal.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip 7 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Seru

4. Membayar Aplikasi Online Berbayar

cara membuat paypal

Saat ini akun premium berlangganan di berbagai aplikasi banyak diberlakukan, seperti YouTube Premium, Spotify, Apple Music, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, akun PayPal yang anda miliki tidak hanya bisa digunakan untuk membayar barang belanja online saja, namun juga untuk pembayaran akun premium tersebut. Bahkan pembelian item game juga sangat memungkinkan.

5. Gratis Tarik, Terima, dan Kirim Uang

Akun PayPal tidak hanya membuat kirim uang ke akun luar negeri menjadi lebih praktis, namun juga transaksi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi jika anda mempunyai sanak saudara di luar negeri, maka transfer uang dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus ke bank terlebih dahulu.

Dan hal ini tidak hanya berlaku untuk kirim uang saja, namun untuk penerimaan serta penarikannya juga tidak dipungut biaya sepeser pun. Akan tetapi jika terdapat keterlibatan dari pihak ketiga seperti situs upwork atau freelancer, mungkin ada biaya tersendiri yang harus dikeluarkan.

6. Mempermudah Ekspansi Bisnis

Fungsi PayPal lainnya yaitu dapat mempermudah ekspansi bisnis yang anda jalankan ke taraf internasional. Pasalnya pembayaran menggunakan akun pada aplikasi ini sudah bisa dilakukan antar negara, sehingga akan mempermudah para konsumen mancanegara. Jangan sampai calon pembeli anda kabur hanya karena metode pembayaran yang sulit.

Cara Membuat Akun PayPal

Sebelum membuat akun PayPal, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna. Yaitu sudah berusia lebih dari 18 tahun, menyertakan alamat email untuk verifikasi, dan nomor telepon aktif. Serta rekening bank dan kartu kredit jika ingin menggunakan berbagai fitur keuangan yang ada di dalamnya.

Selanjutnya daftar PayPal ini tidak sulit. Anda hanya perlu membuka website PayPal Indonesia, lalu klik Sign Up yang ada di bagian pojok kanan atas halaman. Kemudian masukkan nomor telepon anda yang aktif dan atur profil akun dengan data sesuai KTP. Lengkapi juga alamat dan tanggal lahir, maka akun PayPal selesai dibuat.

Itulah cara membuat PayPal, dimana selain via browser sekarang layanan tersebut sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di Android maupun iOS. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan para pengguna, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Pasalnya fleksibilitas dan kemudahan transaksi yang ditawarkan begitu mumpuni di tengah era digital seperti sekarang.

You may also like