Home Tips Mengenal Fitur-Fitur PLN Mobile

Mengenal Fitur-Fitur PLN Mobile

by Mas Abadi
fitur PLN mobile

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari, perusahaan listrik negara (PLN) menyediakan PLN mobile. Tujuannya untuk memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat, sehingga membuat beberapa persoalan akan lebih mudah ditindaklanjuti oleh pihak PLN secara langsung.

Melalui artikel kali ini, kami akan membahas mengenai fitur-fitur PLN yang bisa Anda pahami dan ketahui untuk yang belum dan tertarik untuk memasangnya pada perangkat smartphone yang dimiliki tersebut. Nah, pada tahap kali ini ada beberapa fitur-fitur menarik dari PLN mobile itu, simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Fitur PLN Mobile 

1. Kebutuhan Membeli Token dan Tagihan Listrik 

Mungkin dulunya Anda untuk membayar listrik atau token listrik harus datang ke agen yang ditunjuk oleh pihak PLN. Alternatif lainnya harus melalui Pos Indonesia, supermarket, atau melalui m banking atau juga bisa memanfaatkan ecommerce yang ada. Namun, sekarang ini pihak PLN mengembangkan aplikasi khusus permudah masyarakat. 

Apalagi tengah kemajuan zaman dan digitalisasi pada berbagai aspek bisnis, maka pihak PLN menyadari pentingnya untuk memberikan layanan dan fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan PLN dalam keseharian. Melalui aplikasi PLN mobile tersebut proses untuk membayar listrik bulanan dan token sangat mudah untuk dilakukan. 

Menariknya lagi untuk proses pembayarannya melalui aplikasi tersebut sudah didukung dengan beberapa metode pembayaran, mulai dari debit online, virtual account, dan e-wallet lainnya. Oleh karena itu, proses satu ini membuat Anda tidak perlu repot dalam memenuhi kebutuhan untuk pembayaran listrik yang ada dirumah Anda tersebut. 

2. Kebutuhan Mengubah Daya 

Untuk proses pengajuan perubahan daya sekarang ini bisa dilakukan dengan menggunakan PLN mobile, semuanya serba digital dan praktis. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan administrasi, maka selanjutnya laporan atau kebutuhan Anda tersebut akan dikelola oleh PLN dan dilanjutkan ke divisi lapangannya. 

Dengan begitu, prosesnya akan langsung diproses tanpa harus datang ke kantor PLN yang prosesnya akan lebih rumit dan tidak begitu efektif. Melalui aplikasi tersebut semuanya akan sangat mudah dan tidak repot dalam melakukannya. Kondisi satu ini rasanya memang PLN harus meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi. 

Selain itu juga, adanya fitur tersebut daya listrik dirumah Anda tidak lagi mengalami konsleting dan pemakaian yang lebih besar bisa dilakukan. Faktor satu ini tentunya akan memberikan banyak keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, fitur PLN mobile termasuk yang menarik untuk Anda coba dan pasang pada smartphone kesayangan Anda tersebut. 

3. Catatan Meter Mandiri 

Dulunya Anda sering menjumpai petugas PLN yang mencatat meteran pada rumah Anda yang kebutuhannya untuk mengecek dan memfoto meteran yang ada untuk kebutuhan dokumentasi. Pada dasarnya tujuan dari catatan tersebut untuk menyesuaikan terkait tagihan listrik yang ada pada tagihan rekening dan kondisi lapangan tetap sama dan sesuai. 

Melalui fitur yang ada, pihak PLN memberikan kebutuhan untuk mencatat meteran tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung tindakan tersebut akan membantu pihak dari PLN yang lebih berkurang bebannya dan tidak perlu ada pengecekan dengan mengunjungi rumah Anda juga nantinya, sehingga hal ini sangat menarik untuk Anda coba. 

Untuk proses pencatatan sendiri jika Anda masih bingung, prosesnya sendiri sangat mudah untuk dilakukan, tahapannya tinggal mencatat angka pada meteran dan bisa dilakukan proses pencatatan sendiri dari tanggal 24 sampai tanggal 27 setiap bulannya, tinggal langsung foto dan unggah saja, sehingga prosesnya akan  tercatat melalui aplikasi PLN mobile tersebut. 

4. Pengadun dan Keluhan 

Pihak PLN memang memberikan beberapa pelayanan untuk lebih dekat para pelanggannya, salah satunya dengan kontak telepon ke nomor 123. Tujuannya untuk memberikan kepada masyarakat dalam melaporkan jika ada gangguan atau mengalami gangguan kelistrikan, sehingga bisa langsung lewat telepon tersebut. 

Tetapi, sekarang ini pihak PLN memberikan banyak kemudahan dengan menyiapkan proses laporan ada permasalahan dan keluhan bisa melalui aplikasi PLN mobile tersebut. Karena menyediakan fitur khusus untuk tahapan laporan tersebut. Bagian ini juga termasuk lebih mudah untuk dilakukan, karena cepat, praktis, dan layanan 24 jam. 

5. Informasi Pemadaman dan Pemeliharaan 

Mungkin Anda akan merasakan kekecewaan apabila tiba-tiba listrik mengalami pemadaman dan waktunya pun sangat lama. Namun, melalui aplikasi yang ada tersebut pihak PLN akan memberikan informasi secara up to date jika pada beberapa wilayah tertentu akan ada pemadaman bergilir dan sedang ada proses pemeliharaan. 

Secara tidak langsung, masyarakat akan lebih siap dan tidak kaget lagi akan pemadaman listrik tersebut. 

 

Nah, fitur-fitur yang ada pada PLN mobile memberikan banyak kemudahan. Tidak hanya ini saja, masih ada beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa Anda coba. Langsung saja Anda instal dan nikmati beberapa fiturnya tersebut. 

You may also like