Home Investasi Mengenal Ethereum, Pesaing Bitcoin yang Terus Melejit

Mengenal Ethereum, Pesaing Bitcoin yang Terus Melejit

by Mas Abadi
mengenal Etherum

Belakangan ini cryptocurrency sedang naik daun. Sama dengan mata uang lainnya, uang kripto sekarang ini didominasi beberapa nama. Semisalnya adalah Bitcoin yang memang menjadi mata uang virtual termahal. Tapi, ada satu nama lagi yang menjadi pesaing dari Bitcoin yaitu Ethereum atau sering disebut ETH. Untuk mengenal lebih jauh tentang Ethereum, mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Mengenal Sejarah Ethereum 

Pasti Anda mengira bahwa Ethereum diciptakan oleh orang dewasa. Tapi, pada kenyataannya yang menciptakan ETH adalah seorang remaja berumur 19 tahun bernama Vitalik Buterin. Kala itu, Buterin membuat ETH pada tahun 2013, berarti sekarang sudah berjalan selama 8 tahun lamanya. Umur Buterin yang masih terbilang sangat muda pada saat menciptakan ETH ini sudah termasuk pencapaian besar. 

Vitalik Buterin sudah tertarik dengan dunia digital semenjak muda, pada umur 19 tahun ia bahkan sudah disebut sebagai seorang hacker. Pria keturunan Kanada-Rusia ini sudah menaruh minat terhadap blockchain. Bagi dirinya, sistem ini akan menciptakan demokrasi di aspek manapun. 

Vitalik Buterin pertama kali mengeluarkan ide ini ke sebuah organisasi besar yaitu Thiel Fellowship. Organisasi tersebut pun tertarik dengan idenya dan memberikan dana sebesar 100.000 USD untuk meneliti tentang Ethereum. 

Perkembangan awal dari Ethereum pun tidak hanya dari dana tersebut, tapi juga melalui dana crowdfunding. Proses ini dibantu oleh developer lain yang juga menaruh minat pada ETH yaitu Gavin Wood serta Joseph Lubin. Dana yang terkumpul dari crowdfunding mencapai angka 18 juta USD. 

Dana tersebut pun akhirnya berhasil dikelola dan pada tahun 2015, sistem ETH resmi dikeluarkan. Hingga sekarang pun ETH terus bertumbuh dan terus membesar, bahkan menjadi pesaing terberat dari Bitcoin yang terlebih dahulu keluar.  

Inovasi yang Diciptakan oleh Ethereum 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Buterin memberikan banyak sekali inovasi pada Ethereum. Hal inilah yang membuatnya menjadi pesaing utama dari Bitcoin. Berikut ini adalah beberapa inovasi yang disematkan di ETH: 

  1. Smart Contract 

Ethereum ini telah menetapkan sebuah sistem yang disebut Smart Contract. Sistem ini sendiri adalah sebuah perjanjian yang berbentuk sebuah kode komputer. Untuk memudahkan Anda dalam mengerti sistem ini adalah dengan menggunakan analogi. Semisalnya Anda membeli telur seharga 100 ribu, tapi yang datang hanyalah 90 ribu. 

Sistem ini akan mencegah hal itu terjadi, sehingga dengan Smart Contract membayar 100 ribu berarti Anda akan mendapatkan barang senilai yang sama. Dalam hal ini kontrak tidak akan bisa diubah, sehingga nantinya pembeli pun tidak akan tertipu dengan jumlah yang telah dibayarkan.

Sistem ini juga disebut sistem trutless, karena memang tidak perlu ada kepercayaan pada saat transaksi. Apabila transaksi tidak sesuai dengan kontraknya maka sudah pasti tidak akan terjadi atau gagal. 

  1. dApps 

satu lagi inovasi yang diciptakan oleh ETH adalah dApps yang mempunyai arti Decentralized Applications. Aplikasi yang satu ini mempunyai keunikan di mana tidak dimiliki, tidak bisa mati, tidak bisa di hack bahkan tidak bisa down. Aplikasi yang Anda pakai ponsel, biasanya ada masa down atau tidak bisa digunakan sama sekali. 

Hal ini sendiri karena aplikasi tersebut mempunyai server yang terpusat di satu titik saja. Sedangkan dApps ini servernya menyebar atau terpecah. Sehingga ketika satu server bermasalah, maka secara otomatis aka nada server lain yang menutupi. 

Keuntungan Berinvestasi di Ethereum 

Adapun beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di ETH ini. Berikut ini adalah keuntungannya: 

  1. Terpercaya 

Tidak seperti Bitcoin yang nyatanya hingga sekarang penemunya hanya menggunakan nama samaran, di mana berbeda dari ETH yang kita sudah tahu siapa penemunya. Selain itu juga ada jaminan bahwa ETH ini dapat memberikan keuntungan pasti untuk para investor. 

  1. Nilai tinggi 

Berada di peringkat kedua sebagai uang crypto termahal, tidak heran jika ETH mempunyai nilai yang terbilang tinggi. 1 koin ETH hingga saat ini sudah mencapai angka ratusan juta. Maka, jika Anda bisa berinvestasi di koin ETH, kemungkinan menjadi jutawan pun juga besar. 

  1. Didukung developer handal 

Keuntungan lain dari investasi Ethereum adalah tidak pernah down. Kenapa? Karena didukung oleh para developer handal yang memastikan bahwa server selalu on. Ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengawasi investasi yang dilakukan. 

  1. Blockchain merata 

Ethereum juga menggunakan sistem blockchain yang merata, sehingga tidak ada pihak ketiga. Ini memberikan tingkat keamanan yang sangat tinggi, karena penjual dan pembeli bisa langsung transaksi tanpa ada penengah. Minim penipuan inilah yang membuat ETH menjadi crypto pesaing berat bitcoin. 

Dari penjelasan di atas, maka telah dapat disimpulkan bahwa Ethereum memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Bitcoin. Tapi, jika Anda tertarik untuk berinvestasi pada jenis crypto ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu resikonya agar investasi tidak banyak merugi. 

You may also like