Home Tabungan Mengenal Bank Syariah Indonesia (BSI), Produk, dan Cara Buka Rekeningnya

Mengenal Bank Syariah Indonesia (BSI), Produk, dan Cara Buka Rekeningnya

by Mas Abadi
Bank Syariah

Bank yang satu ini mungkin masih asing di telinga Anda, tapi sebenarnya BSI adalah bank yang sering sekali Anda temui. BSI atau Bank Syariah Indonesia adalah bagian dari bank BUMN. Jika diperhatikan, kantor BSI yang ada di kota Anda adalah kantor dari bank syariah milik BUMN. Ya, karena BSI adalah nama baru dari gabungan Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah dan BNI Syariah. Untuk lebih mengenal tentang BSI, maka simak pembahasannya berikut ini. 

Sejarah Bank Syariah Indonesia

Ketika pemerintah Indonesia sedang mengalami dampak dari pandemi Covid-19, BUMN membuat rencana baru yaitu dengan menggabungkan ketiga bank syariah yang mereka miliki, yaitu Mandiri Syariah, BRI Syariah dan BNI Syariah. 

Ketiga bank tersebut merger pada awal tahun 2021 lalu, di mana wacana penggabungan ketiga bank syariah BUMN tersebut sudah ada semenjak 2020. Maka, saat ini nasabah dari ketiga bank sudah melakukan pemindahan tabungan ke sistem BSI, terkecuali untuk nasabah Bank Mandiri Syariah yang tidak perlu melakukannya. 

Penggabungan ketiganya sendiri diperuntukan bagi masyarakat agar bisa mendapatkan layanan perbankan syariah yang lebih luas. Dengan keberhasilan merger ini, maka BSI pun menjadi bank syariah terbesar di Indonesia. Dengan hadirnya BSI ini bisa menjadi dukungan yang tepat untuk dunia perbankan Tanah air, mengingat bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. 

Produk Tabungan di BSI 

Adapun produk tabungan dari BSI yang bisa dipilih, di mana setiap tabungan tentu saja mempunyai keuntungan dan fungsi berbeda. Berikut ini adalah produknya:

  1. Tabungan Easy 

Jenis tabungan pertama adalah tabungan Easy, di mana tabungan ini seperti namanya yang memang sangat mudah dibuka. Tabungan Easy ini mempunyai fasilitas ATM, buku tabungan dan mobile banking. Akad yang digunakan pada tabungan ini adalah akad Wadiah dan Mudharabah. 

2. TabunganKu 

Untuk produk yang satu ini sendiri adalah program yang bekerja sama dengan pemerintah. Tujuannya adalah masyarakat bisa dengan mudah menabung. Layanan ini memang memberikan banyak sekali keuntungan, di mana jika Anda ingin membuka jenis tabungan ini tanpa ATM, setoran awalnya hanya 20 ribu rupiah saja. 

Namun, jika Anda ingin menggunakan ATM, maka setoran awalnya adalah 80 ribu rupiah. TabunganKu memang memberikan akses untuk masyarakat agar terbiasa untuk menabung. Bahkan tidak hanya untuk masyarakat di perkotaan saja, tapi juga di pedesaan. 

3. Tabungan Pensiun 

Jenis tabungan yang satu ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin merencanakan hari tua. Di mana siapapun bisa membuka Tabungan Pensiun dan bekerja sama dengan perusahaan tempat nasabah bekerja. Untuk jenis tabungan ini, hanya bisa diambil kalau memang sudah pensiun atau dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

4. Tabungan Mabrur 

Produk selanjutnya yang disediakan oleh BSI adalah Tabungan Mabrur. Tabungan ini khusus bagi Anda yang ingin merencanakan naik haji serta umroh. Bahkan bagi Anda yang berencana menjalankan ibadah umroh dan haji semenjak muda, sudah bisa mendaftar minimal 12 tahun. 

Untuk membuka tabungan ini pun juga mudah dan biaya setoran awalnya rendah yaitu hanya 100 ribu saja. Selanjutnya jika tabungan sudah mencapai angka 25,1 juta, Anda bisa mendaftarkan diri untuk naik haji ke Kementerian Agama. 

5. Giro 

Tabungan giro juga menjadi salah satu layanan yang diberikan oleh BSI. Tabungan Giro ini bisa digunakan untuk individu dan perusahaan. Tapi untuk tabungan Giro milik BSI ini hanya bisa menggunakan mata uang rupiah saja. Ada pun perjanjian dengan keuntungan 3% dan didasari dengan akad Wadiah. 

Selain tabungan yang sudah disebutkan, masih ada juga tabungan emas. Tapi untuk memiliki tabungan emas, nasabah sudah terlebih dahulu memiliki rekening di BSI. 

Cara Membuka Tabungan BSI 

Bagi Anda yang ingin membuka tabungan BSI, maka tidak perlu lagi datang ke kantornya. Cukup dengan cara online yaitu menggunakan BSI Mobile. Berikut ini adalah urutan caranya: 

  • Download BSI Mobile di Google PlayStore atau AppStore. 
  • Setelah itu, pilihlah menu Buka Rekening Baru. 
  • Jika sudah, Anda harus memilih salah satu tabungan Easy Mudharabah atau Easy Wadiah.
  • Masukan alamat email aktif dan juga nomor telepon yang digunakan. Pastikan nomor yang digunakan ini diletakan pada ponsel yang digunakan untuk mendaftar rekening BSI Mobile. 
  • Tunggulah hingga mendapatkan SMS yang berisi Kode OTP. 
  • Masukan Kode OTP yang didapatkan. 
  • Tahap selanjutnya adalah mengisi data diri, foto KTP serta foto selfie dengan memegang KTP. 
  • Anda juga nantinya akan diminta untuk memfotokan tanda tangan di kertas kosong yang berwarna putih. 
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi pekerjaan. 
  • Pilihlah kantor BSI yang dekat dengan domisili Anda. 
  • Jika semua proses sudah selesai, maka selanjutnya Anda akan dihubungi oleh petugas BSI dengan video call untuk verifikasi. 
  • Setelah pengajuan pembuatan rekening sudah selesai, maka Anda akan diminta datang ke kantor cabang BSI yang sudah dipilih tadi untuk menyerahkan setoran awal dan mengambil buku tabungan beserta ATM. 

Demikianlah penjelasan tentang BSI atau Bank Syariah Indonesia serta jenis tabungan dan cara membukanya. Apabila dengan cara online Anda mendapatkan masalah, maka bisa langsung datang ke kantor cabang BSI terdekat untuk membuka tabungan yang diinginkan. 

 

You may also like