Home Karier Mengenal Apa Itu SEO dan Fungsinya di Dalam Marketing

Mengenal Apa Itu SEO dan Fungsinya di Dalam Marketing

by Mas Abadi
Apa itu SEO

Di era digital seperti sekarang ini, teknik marketing bisa begitu beragam untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan SEO, dimana SEO sendiri sebenarnya bukan termasuk istilah yang baru dalam ranah digital marketing. Meski begitu, masih cukup banyak yang bertanya tanya apa itu SEO. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut.

Pengertian SEO

SEO atau search engine optimization adalah sebuah praktik atau tindakan, guna mengoptimalkan website agar situs tersebut dapat muncul pada halaman pertama di mesin pencari. Dengan memiliki ranking yang tinggi di hasil pencarian, maka potensi trafik organik dari website anda pun akan meningkat.

Tentunya SEO ini tidak hanya berguna untuk menghasilkan trafik organik tinggi, namun juga membantu mendapatkan trafik yang tepat sesuai sasaran atau tujuan website. Dimana cara kerjanya sendiri sangat berkaitan erat dengan algoritma tertentu dari mesin pencari. Google sebagai salah satu mesin pencari yang paling populer, cukup sering memperbarui algoritmanya.

Hal tersebut dilakukan oleh pihak Google agar dapat menghadirkan hasil pencarian yang jauh lebih solutif dan relevan bagi penggunanya. Sehingga penerapan SEO pada website juga harus selalu mengikuti pembaruan algoritma tersebut, agar memberi efek yang signifikan. Sebab langkah yang mengacu pada algoritma lama tentu tidak akan memberikan efek.

Contohnya seperti keyword stuffing, yang merupakan bentuk algoritma lama Google. Keyword stuffing ini merupakan praktik memasukkan fokus kata kunci sebanyak banyaknya di dalam artikel. Dulu hal ini memang cukup efektif, namun jika menerapkannya sekarang maka konten yang anda miliki bisa dianggap spam oleh Google.

Fungsi Search Engine Optimization

Seperti yang telah disebutkan, bahwa fungsi utama SEO adalah memungkinkan website yang anda miliki bisa tampil di halaman pertama pada mesin pencari. Jika website anda bisa tampil pada urutan teratas, maka banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Berikut beberapa fungsi dari penerapan search engine optimization.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu fungsi dari penerapan SEO pada website yaitu dapat meningkatkan brand awareness bisnis anda. Mengapa bisa demikian ? Hal ini karena karakteristik konsumen, yang banyak melakukan pencarian terlebih dahulu terkait dengan suatu produk sebelum melakukan pembelian.

Jadi ketika produk yang anda tawarkan pada website merupakan yang dicari oleh konsumen, dan muncul di paling atas pada mesin pencari. Maka popularitas brand anda pun akan semakin meningkat. Hal ini nantinya akan memberi banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan penjualan produk, konversi audiens yang menjadi konsumen lebih tinggi, dan meningkatkan kepercayaan.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Komunikasi, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya!

2. Investasi Jangka Panjang

Apa itu SEO

Secara tidak langsung, penerapan search engine optimization ini bisa menjadi bentuk investasi jangka panjang. Pasalnya jika anda mempunyai beberapa keyword yang potensial dengan volume pencarian tinggi, dimana semua ini berada pada peringkat atas. Maka ini bisa menjadi iklan gratis, yang tidak ada batas waktunya.

3. Promosi 24 Jam

Berlanjut dari poin sebelumnya, iklan gratis tersebut dapat dilakukan selama 24 jam non stop. Dengan SEO, dan bisa melakukan promosi terkait dengan produk atau brand yang anda miliki dalam rentang waktu 24 jam tidak ada habisnya (kecuali jika web sudah tidak ada). Tentu jasa ads mungkin bisa memungkinkan hal ini, namun iklan akan berhenti jika budget iklan anda habis.

4. Target Lebih Jelas

Dengan memanfaatkan SEO, maka anda bisa langsung menyasar audiens yang sesuai dengan target pasar dari bisnis yang anda geluti. Maka dari itu, sebelum membuat konten atau artikel maka pastikan anda telah melakukan riset keyword terlebih dahulu. Sehingga orang orang yang tertarik dengan konten anda inilah, yang akan melakukan klik pada website.

Jenis Jenis SEO

1. SEO On Page

Jenis SEO On Page yaitu upaya optimasi yang dilakukan langsung dari situ itu sendiri, agar berbagai halaman yang terdapat dalam website bisa memenuhi kriteria SEO yang baik. Upaya satu ini dinilai yang paling mudah, sehingga menjadi ritual bagi para blogger. Dimana teknik tersebut bisa anda lakukan dengan menyisipkan keyword yang relevan.

Misalnya judul artikel atau judul situs, meta deskripsi pada halaman utama dan artikel, isi artikel, kategori, URL atau permalink, heading, serta image dan image ALT. Namun tentu saja indikator utama SEO adalah bergantung pada algoritma Google. Jadi jika algoritma dari mesin pencari berubah, maka bisa jadi cara penerapan teknik ini bisa sedikit berubah pula.

2. SEO Off Page

Jika SEO On Page dilakukan di situs itu sendiri, maka jenis SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar situs. Teknik satu ini dilakukan dengan cara membangun backlink. Gunanya adalah untuk meningkatkan popularitas website yang anda miliki, dan menjadi salah satu indikator untuk menentukan posisi pada mesin pencari.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu sudah menjawab pertanyaan anda terkait dengan apa itu SEO serta berbagai fungsi dari penerapannya. Penjelasan tersebut hanya gambaran garis besarnya saja, karena SEO sendiri terbilang masih begitu luas. Anda perlu mendalaminya dengan baik, agar bisa membuahkan hasil seperti yang diinginkan.

You may also like