Home Investasi Mengenal Apa Itu Perusahaan Venture Capital (VC) atau Modal Ventura, Kegiatan Usahanya, Jenis, dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Perusahaan Venture Capital (VC) atau Modal Ventura, Kegiatan Usahanya, Jenis, dan Contohnya

by admin
Mengenal Apa Itu Perusahaan Venture Capital (VC) atau Modal Ventura, Kegiatan Usahanya, Jenis, dan Contohnya (Unsplash/Markus Winkler)

Edu Finansial – Simak penjelasan mengenai apa itu perusahaan Venture Capital (VC) atau modal ventura, kegiatan usahanya, jenis, serta contohnya, di sini.

Mungkin banyak masyarakat yang sudah tidak asing dengan istilah perusahaan Venture Capital atau modal ventura. Istilah yang disingkat dengan VC ini juga sering muncul di drama-drama Korea yang trending di Indonesia.

Istilah-istilah ini juga sering muncul di kalangan anak muda yang sedang mengelola perusahaan rintisan atau start-up yang membutuhkan modal.

Meskipun demikian, ternyata tidak sedikit masyarakat yang mengetahui apa itu perusahaan venture capital, jenis usaha, kegiatannya, hingga contohnya.

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perusahaan Modal Ventura (Venture Capital Company) adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Berikut ini beberapa kegiatan usaha dari perusahaan modal ventura yang ada di Indonesia:

– Penyertaan saham (equity participation)

– Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi (quasi equity participation)

– Pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha (profit/revenue sharing)

Perusahaan Modal Ventura biasanya berasal dari investor atau grup perusahaan kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya.

Modal ventura biasanya dialokasikan ke perusahaan kecil dengan potensi pertumbuhan luar biasa, atau ke perusahaan yang telah tumbuh dengan cepat dan tampak siap untuk terus berkembang.

Berikut ini beberapa jenis pendanaan yang diberikan oleh perusahaan Venture Capital atau modal ventura:

1. Seed Capital.

Ini adalah jenis pendanaan bisnis pada tahapan awal.

2. Startup Capital

Ini adalah pendanaan pada perusahaan startup yang sedang berjalan/sedang dirintis yang memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan di masa mendayang.

3. Early Stage Capital

Ini adalah pendanaan untuk diberikan kepada perusahaan startup yang sudah cukup berkembang dan telah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan baik

4. Expansion Capital

Ini adalah pendanaan/pemberian modal yang diberikan kepada startup yang sudah mapan dan siap untuk melakukan ekspansi atau perluasan usaha.

Berikut ini beberapa contoh perusahaan modal ventura atau VC yang ada di Indonesia:

– Alpha JWC Ventures

– Sinar Mas Digital Ventures

– Golden Gate Ventures

– 500 Durian

– SGInnovate

– Global Founders Capital

Itulah itu perusahaan Venture Capital (VC) atau modal ventura, kegiatan usahanya, jenis, serta contohnya.***

 

You may also like