Home Perencanaan Mengenal Apa Itu Kebutuhan Sekunder Beserta Contoh Contohnya

Mengenal Apa Itu Kebutuhan Sekunder Beserta Contoh Contohnya

by Mas Abadi
Mengenal Apa Itu Kebutuhan Sekunder Beserta Contoh Contohnya

Sebagai manusia, maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar mendapatkan kehidupan yang layak. Ternyata dalam ilmu ekonomi sendiri, kebutuhan manusia dibedakan berdasarkan tingkat kepentingannya. Salah satunya yaitu kebutuhan sekunder atau yang dimaksud dengan kebutuhan yang dapat menunjang hidup. Seperti apa pembahasannya? Simak di sini!

Pengertian Secondary Needs Dalam Kehidupan Manusia

Kebutuhan yang satu ini dikenal memiliki tingkatan yang berada di tengah tengah. Pada umumnya, kebutuhan ini akan timbul secara alami setelah semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi. Pasalnya, kebutuhan yang satu ini digunakan sebagai penunjang hidup manusia. Sehingga, kehidupan yang dijalani manusia menjadi lebih layak.
Sebenarnya jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka hidup manusia tidak terancam. Mengingat pemenuhan sekunder adalah tidak terlalu mendesak, jadi kebutuhan tersebut bisa dilakukan setelah memenuhi kebutuhan primer. Tetapi tak jarang, banyak individu yang berusaha untuk melengkapi kebutuhan tersebut agar tidak mengganggu aktivitas harian.

Faktor Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kebutuhan Penunjang Hidup

Setiap manusia tentunya akan memiliki tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda beda. Jika dilihat lebih dalam lagi, maka ada banyak faktor faktor tertentu yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan antara lain perkembangan zaman, adat istiadat, agama, hingga, lingkungan.
Perkembangan zaman menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia. Pasalnya, perputaran waktu yang tidak mudah diprediksi ini sering kali menumbuhkan berbagai inovasi yang lebih canggih. Misalnya saja jika zaman dulu orang dapat hidup tanpa menggunakan ponsel pintar, maka pada era modern smartphone sangat diperlukan untuk menunjang hidupnya.
Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, pastinya menuntut manusia untuk mengikutinya. Selain teknologi yang semakin maju, ada banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Di zaman modern yang serba ada ini, Anda akan menemukan berbagai macam contoh kebutuhan sekunder dari makanan yang bervariatif, tempat tinggal yang luxury, dan lain sebagainya.
Selain perubahan zaman, lingkungan juga menjadi faktor terbesar dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Tempat tinggal dan lingkungan yang berbeda akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Tak hanya itu saja, faktor adat istiadat dan agama yang dianut seseorang juga akan mempengaruhi kebutuhan manusia untuk menunjang hidupnya sehari hari.

Contoh Contoh Kebutuhan Yang Dapat Menunjang Kehidupan Manusia

1. Kendaraan Pribadi

Mengenal Apa Itu Kebutuhan Sekunder Beserta Contoh Contohnya

Kendaraan pribadi memiliki peranan yang cukup signifikan untuk menunjang kehidupan manusia di zaman modern. Berkat kendaraan, maka akan memudahkan seseorang untuk bepergian kemana pun. Misalnya saja, Anda dapat menggunakan kendaraan untuk berangkat kerja dari rumah ke kantor dengan motor, mobil dan lain sebagainya agar lebih cepat.

2. Peralatan Elektronik

Kebutuhan selanjutnya yang biasa digunakan untuk menunjang kehidupan manusia yaitu alat elektronik. Dengan adanya alat elektronik ini, maka dapat mempermudah pekerjaan manusia sehari hari. Seperti contoh, mencuci baju bisa menggunakan mesin cuci agar pekerjaan lebih mudah dan efisien.

3. Perabotan Rumah

Tak kalah pentingnya dengan kebutuhan lain, perabotan rumah juga diperlukan untuk membuat hidup manusia lebih baik. Perlengkapan yang termasuk contoh kebutuhan sekunder meliputi lemari, kulkas, tempat tidur, furniture, kursi, dan lain sebagainya. Tentunya perkakas tersebut didesain secara khusus agar memberikan kenyamanan lebih saat berada di rumah.
Misalnya saja jika Anda tidak memiliki lemari, maka Anda akan kebingungan dalam meletakkan pakaian. Hal tersebut membuat rumah berantakan karena pakaian tidak tertata dengan baik. Untuk itu, pemenuhan kebutuhan dalam jenis sekunder sangat diperlukan untuk menunjang hidup agar lebih layak lagi.

4. Ponsel Pintar

Ponsel pintar menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang juga dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehari hari. Dengan adanya ponsel pintar ini, Anda bisa jauh lebih mudah dalam melakukan komunikasi jarak jauh dengan siapa saja. Selain itu, smartphone juga akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan secara efisien.

5. Rekreasi

Setelah lelah dengan aktivitas rutin sehari hari, tentunya setiap orang membutuhkan rekreasi ke tempat yang indah. Sama halnya dengan hiburan, rekreasi juga dapat memberikan rasa bahagia dan senang dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Contoh rekreasi yaitu pergi ke pantai, pergi ke waterpark, melihat air terjun, dan lain sebagainya.

6. Peralatan Belajar

Peralatan juga menjadi salah satu kebutuhan penunjang hidup yang patut diperhatikan, apalagi bagi pelajar. Jika tidak memiliki peralatan belajar seperti pulpen, buku, pensil, dan lain sebagainya, maka Anda akan merasa kesulitan dalam mengikuti materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Tentunya, hal ini mempengaruhi produktivitas dalam hidup.
Itulah beberapa informasi penting mengenai kebutuhan sekunder yang wajib Anda penuhi. Meskipun jenis kebutuhan ini sifatnya tidak terlalu mendesak, namun jika tidak segera dilengkapi akan mempengaruhi kehidupan sehari hari. Beberapa contoh yang termasuk dalam kebutuhan ini yaitu peralatan belajar, perabotan rumah, alat elektronik, smartphone, rekreasi, dan kendaraan pribadi.

You may also like