Home Investasi Mengenal Apa Itu Investasi, Tujuan Hingga Jenis Jenis Investasi

Mengenal Apa Itu Investasi, Tujuan Hingga Jenis Jenis Investasi

by Mas Abadi
pengertian investasi

Mengatur keuangan memang bukan pekerjaan yang mudah. Anda perlu untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran dengan cermat. Tak lupa menyisihkan untuk menabung atau investasi. Investasi sendiri belakangan begitu digandrungi dan populer di kalangan milenial. Namun, sebenarnya apa pengertian investasi? Selengkapnya simak ulasannya berikut

Mengenal Apa Itu Investasi?

Kata investasi sendiri memang bukanlah hal yang asing di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi tidak banyak yang mengetahui definisi dari investasi sendiri. Jika merujuk pada KBBI, investasi berarti penanaman uang atau modal baik pada suatu perusahaan maupun proyek untuk tujuan mendapatkan keuntungan.

Sementara menurut OJK, Investasi adalah penanaman modal, yang umumnya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap ataupun untuk membeli saham dan surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Dari beberapa pendapat tersebut bisa dikatakan, sebagai aktivitas untuk menempatkan modal dalam waktu tertentu dan untuk memperoleh keuntungan,

Modal yang ditanamkan bisa berupa benda, uang, aset berharga hingga surat surat berharga. Dinamakan sebagai penanaman modal karena memiliki harapan untuk memberikan keuntungan di suatu hari nanti. Kata investasi sendiri berasal dari bahasa Italia, Investire yang artinya menggunakan atau memakai.

Biasanya mereka para investor akan menanamkan dana atau asetnya, kemudian akan dikembangkan oleh sebuah pihak atau badan tertentu. Barulah dari proses pengembangan bisa menghasilkan sebuah keuntungan. Investasi sendiri dibagi menjadi investasi jangka panjang dan juga investasi jangka pendek yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Tujuan Dari Investasi Yang Perlu Diketahui

1. Mendapatkan Penghasilan Tetap

Tujuan dari investasi bukan untuk membuat seseorang cepat menjadi kaya. Karena ada jangka waktu yang membutuhkan kesabaran. Tujuan investasi yang pertama adalah untuk mendapatkan penghasilan tetap yang umumnya, ditetapkan oleh mereka yang menanam modal di sebuah perusahaan.

2. Mengembangkan Usaha

Misalnya, anda investasi pada bisnis supermarket. Dari hasil bisnis ini anda akan mendapatkan keuntungan dalam persentase tertentu tergantung kesepakatan. Investasi juga bertujuan untuk mengembangkan sebuah usaha yang digeluti. Dari laba investasi yang didapatkan anda bisa mengembangkan usaha untuk menjadi lebih besar lagi.

3. Jaminan Akan Bisnis

Tujuan selanjutnya adalah untuk bisa mendapatkan jaminan pada bisnis anda. Misalnya saja anda menanam modal pada supplier bahan baku usaha yang anda tekuni, maka ada kemungkinan besar usaha anda tak akan mengalami kekurangan bahan baku. Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan harga bahan baku yang lebih terjangkau dan kualitas jempolan.

Baca Artikel Selanjutnya : Banyak Direkomendasikan Untuk Pemula, Kenali Apa Itu Investasi Reksadana Di Sini

Manfaat Dari Investasi

pengertian investasi

1. Menyiapkan Masa Depan Yang Cerah

Selain tujuan, manfaat juga bisa dirasakan untuk anda yang berinvestasi. Salah satu manfaat investasi yaitu untuk menyiapkan masa depan yang cerah. Ketika usia sudah senja, masih ingin bekerja tetapi fisik tak mampu lagi. Untuk itu, saat masih muda berinvestasi maka di usia senja sudah ada persiapan. Mengingat di masa ini, penghasilan akan berkurang dibanding saat produktif.

2. Nilai Aset Yang Akan Meningkat

Anda memang tidak akan tiba tiba berubah kaya raya, tetapi nilai aset yang dimiliki akan meningkat suatu saat nanti. Aset ini tidak terbatas pada uang saja, tetapi juga bisa gedung atau properti. Jika aset anda semakin berkembang, maka kekayaan anda juga akan berbanding lurus.

3. Keuangan Lebih Stabil

Manfaat investasi yang juga sangat menggiurkan adalah mampu untuk membuat keuangan anda lebih stabil. Karena memang tujuan investasi bukan hanya soal cuan saja. Investasi yang sudah berkembang akan membuat anda mudah memenuhi kebutuhan tanpa perlu merasa khawatir.

4. Terhindari Dari Inflasi

Inflasi bisa terjadi hampir di semua negara, tentunya akan memiliki tingkat yang berbeda. Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki inflasi cukup tinggi. Nantinya inflasi akan memberikan dampak pada perekonomian, terutama jual beli. Dengan memiliki investasi, maka anda bisa menghindari inflasi.

Jenis Jenis Investasi Yang Menggiurkan

1. Emas

Jika anda tertarik dengan investasi, anda bisa memilih emas sebagai jenisnya. Investasi emas termasuk yang paling klasik dan mudah. Anda bisa memilih emas antam, emas batangan hingga perhiasan. Harga emas cenderung naik setiap tahunnya, sehingga keuntungan dari investasi satu ini terbilang menggiurkan.

2. Saham

Kelebihan saham bisa memberikan keuntungan yang berlipat. Hanya saja, risiko yang dimiliki oleh jenis ini juga tinggi. Inilah mengapa saham dikenal sebagai investasi high return dan high risk. Jika ingin mencoba, pastikan sudah memiliki kemampuan yang baik. Baik dalam menganalisa hingga penempatan modal yang tepat.

3. Reksadana

Reksadana menjadi investasi yang belakangan memiliki banyak peminat. Risiko yang dimiliki memang begitu rendah, dan modal yang dibutuhkan juga tak harus besar. Bahkan kini sudah banyak pengelola yang menawarkan investasi satu ini. Dan dengan Rp 50 ribu saja, anda sudah bisa memulai investasi reksadana.

4. Properti

Salah satu investasi yang juga banyak dipilih adalah investasi properti. Baik tanah maupun properti memiliki masa depan yang baik untuk dijadikan investasi. Hanya saja untuk mencapai goal yang ditargetkan, modal yang diperlukan cukup besar. Tetapi keuntungannya juga menggiurkan.

Dengan beberapa gambaran terkait dengan pengertian investasi hingga jenisnya, diharapkan anda bisa memahami tentang pentingnya investasi. Semakin cepat anda melakukan investasi, maka hasilnya di masa mendatang akan lebih besar. Langkah ini tentu lebih bijak daripada ketika terdesak memilih ajukan kredit.

You may also like