Home Tips Mengenal Apa Itu Asuransi Perjalanan dan Juga Tips Memilihnya

Mengenal Apa Itu Asuransi Perjalanan dan Juga Tips Memilihnya

by admin

Untuk kamu yang memang menyukai atau hobi berpergian, maka travel insurance (asuransi perjalanan) sangatlah dibutuhkan. Karena, asuransi jenis ini dapat melindungi dirimu dari resiko-resiko selama di perjalanan. Tidak heran bila asuransi perjalanan telah menjadi sebuah kebutuhan wajib untuk dimiliki setiap orang.

Khususnya bila kamu kerap pergi ke luar negeri. Bila kamu tidak dibekali dengan asuransi perjalanan, ketika terjadi kecelakaan atau kehilangan barang maka akan menjadi urusan pribadi kamu. Jika sudah demikian, tentu akan membebani finansial kamu.

Apa itu Asuransi perjalanan

Travel Insurance merupakan salah satu jenis asuransi yang memang diperuntukkan guna memberikan proteksi ketika kamu sedang bepergian. Asuransi ini memang tidak wajib untuk dimiliki, karena biasanya akan menjadi satu paket dengan tiket perjalanan yang kamu beli.

Asuransi perjalanan memang difungsikan bagi kamu yang kerap melakukan perjalanan, baik di dalam negeri atau luar negeri dan kegunaan utamanya adalah melindungi saat kamu melakukan perjalanan. Asuransi jenis ini belakangan memang cukup populer di masyarakat, karena mempunyai sifat yang fleksibel dibanding dengan jenis lain.

Apalagi bagi kamu yang memang mempunyai hobi traveling atau pekerjaan yang mengharuskan kamu melakukan perjalanan bisnis ke kota-kota atau negara lain. Tentunya keberadaan dari travel insurance ini akan sangat bermanfaat dan membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berlibur merupakan suatu kegiatan yang memang digemari oleh banyak orang apalagi ketika mereka mempunyai jadwal kegiatan yang sangat padat di kesehariannya. Untuk kamu yang sangat sibuk memperoleh waktu berlibur pastinya sangat menyenangkan dan pastinya ingin digunakan dengan eksklusif serta berkualitas.

Tetapi tentu saja sebelum kamu melaksanakan rencana berlibur ada beberapa hal yang harus dipersiapkan misalnya seperti memesan tiket, mencari penginapan, izin cuti dari tempat bekerja, mengurus paspor dan visa apabila memang tujuan liburan ke luar negeri dan jangan lupa untuk mendaftarkan diri di asuransi perjalanan.

Manfaat dari Asuransi Perjalanan

  • Memperoleh ganti rugi ketika bagasi hilang/ rusak

Apabila kamu mendapatkan masalah dengan bagasi, baik rusak atau kehilangan bagasi dikarenakan kelalaian dari pihak maskapai maka kamu sebagai penumpang akan memperoleh jaminan berupa ganti rugi yang diberikan perusahaan asuransi. 

  • Mendapatkan kompensasi ketika kehilangan dokumen

Selanjutnya adalah kamu akan memperoleh kompensasi apabila dokumen yang kamu miliki hilang di dalam perjalanan. Tentunya nilai pertanggungan sendiri juga sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertulis pada polis asuransi.

  • Memperoleh ganti rugi bila terjadi pembantalan

Berikutnya manfaat dari asuransi perjalanan yaitu memberikan jaminan mengenai ganti rugi apabila terjadi pembatalan atau penundaan yang dilakukan oleh maskapai. Apabila kamu berada di dalam kondisi tersebut.

Tentunya akan memperoleh kerugian yang pastinya tidaklah sedikit. Untuk inilah nantinya pihak perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi kepada kamu sesuai dengan yang tertulis pada polis asuransi.

  • Ketika terjadi situasi darurat akan ada biaya pengganti

Dengan adanya travel insurance kamu dapat memperoleh perlindungan dari resiko-resiko biaya di keadaan darurat yang mana mengharuskan kamu untuk kembali ke negara atau kota asal secepat mungkin. 

Untuk biaya pertanggungannya sendiri tergantung dengan perjanjian yang telah tertulis pada polis di mana ketika situasi darurat terjadi dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi saat kamu memang membutuhkannya.

  • Memperoleh biaya pengganti saat harus ada tindakan medis serta evakuasi

Kebanyakan produk dari asuransi perjalanan akan menawarkan manfaat perlindungan berbentuk penggantian tindak evakuasi atau medis selama dalam perjalanan. Gimana bentuk kompensasi ini mencakup biaya rawat inap pengobatan medis darurat sampai dengan pasien penyakit tertentu.

  • Memperoleh santunan ketika mengalami kecacatan dan kematian

Manfaat terakhir hampir sama dengan asuransi jiwa di mana ketika terjadi kecelakaan dan menyebabkan kematian atau menjadi cacat permanen. Kamu berhak memperoleh santunan yang nantinya akan diberikan ke ahli waris apabila pihak yang ditanggung meninggal dunia.

Tips Untuk Memilih Travel Incurance

Asuransi perjalanan ini memang sebenarnya belum terlalu dikenal oleh banyak orang dan masih banyak juga yang merasa bingung apakah memang memerlukan travel insurance. Namun, jika kamu sudah mengetahui manfaatnya dan ingin memilikinya berikut adalah cara untuk memilih asuransi perjalanan yang tepat :

Cari tahu apa saja perlindungannya

Travel insurance ini tentunya mempunyai proteksi berbeda-beda karena itu kamu perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan. Apabila kamu telah mempunyai asuransi jiwa maka kamu dapat memilih travel insurance yang penawaran manfaatnya tidak ada pada asuransi tersebut.

Mencari informasi terlengkap

Kalau kamu harus tahu apa saja informasi yang dimiliki oleh asuransi perjalanan pilihanmu tersebut contohnya seperti besaran santunan, biaya medis, pembayaran premi, sistem pembayaran dan manfaat yang akan diberikan.

Mencari tahu tentang apa saja yang tidak ditanggung oleh asuransi 

Terakhir adalah kamu harus tahu apa saja yang tidak ditanggung oleh asuransi. Jangan sampai dikarenakan ketidaktahuanmu tersebut kamu tidak dapat melakukan klaim. Berikut adalah 5 pengecualian dari asuransi perjalanan : 

  • Kecelakaan yang dikarenakan obat-obatan dan alkohol
  • Kecelakaan yang dikarenakan oleh kesengajaan
  • Kecelakaan yang dikarenakan force majeure
  • Kecelakaan yang berkaitan dengan kehamilan
  • Mempunyai penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi

 

You may also like