Home Tips Langkah Mudah Mengelola Gaji 3 Juta

Langkah Mudah Mengelola Gaji 3 Juta

by admin

Mengelola gaji sebesar 3 juta banyak yang menganggap sulit untuk dilakukan karena tergolong kecil. Padahal, bila mengetahui cara mengaturnya, maka pendapatan dengan jumlah sebesar apapun dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menabung atau berinvestasi.

Mengelola penghasilan bulan susah-susah mudah, apalagi bila pendapatan setiap bulan yang Anda terima hanya 3 jutaan. Memang bisa dilakukan, tapi dengan jumlah segitu memerlukan usaha lebih keras agar bisa mengakalinya.

Nyatanya masalah yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda ketika mereka tidak dapat mengelola gajinya. Ada yang disebabkan oleh biaya hidup, begitu banyak tanggungan dan pengeluaran, susah mengontrol hawa nafsu, atau bahkan buruknya dalam pengelolaan keuangannya sendiri.

Hal tersebut sebetulnya bukan menjadi alasan untuk tidak dapat mengatur gaji. Nah, pada artikel ini akan diulas secara rinci cara mengelola penghasilan bulan sebesar 3 juta yang dapat Anda lakukan. Maka dari itu, simak penjelasannya sampai habis.

1.       Menyisihkan untuk Ditabung Awal Bulan

Anda harus menghindari kebiasaan menyisihkan tabungan di akhir bulan yang merupakan sisa pendapatan yang sudah terpotong untuk keperluan sehari-hari. Tips mengatur keuangan dengan gaji hanya 3 juta yaitu dengan memprioritaskan uang tabungan tepat di awal bulan.

Kondisi ini dilakukan supaya dana untuk memenuhi keperluan sehari-hari serta sekunder tak perlu memotong tabungan. Bila tabungan tidak Anda prioritaskan, tentu risiko tabungan menipis akan terjadi.

Supaya tidak mudah tergoda untuk mengambil tabungan atau dana darurat, Anda harus menyimpannya di rekening berbeda dari rekening yang Anda gunakan untuk menyimpan uang keperluan sehari-hari.

2.       Melakukan Pencatatan

Penulisan atau pencatatan berbagai kebutuhan merupakan pola pengaturan keuangan dengan penghasilan 3 juta per bulan yang haus dicoba. Ketika sudah menyimpan uang tabungan, Anda perlu menulis atau mencatat hal-hal yang wajib dibeli untuk keperluan hidup sehari-hari.

Di mulai dari bumbu dapur, keperluan dapur, sabun mandi, sabun cuci, tagihan listrik, paket data, pulsa, pendidikan, transportasi dan lain-lain. Penulisan tersebut merupakan bentuk rencana anggaran Anda setiap bulannya.

Bila diperlukan, Anda dapat membagi kebutuhan berdasarkan prioritas, yang artinya kebutuhan mendesak serta kebutuhan tidak begitu mendesak. Untuk kebutuhan mendesak tentu tidak dapat ditunda pembeliannya. Sedangkan kebutuhan tidak mendesak dapat dibeli sewaktu-waktu.

3.       Siapkan Dana Darurat

Tips mengatur gaji 3 juta agar tetap dapat hidup layak, yakni dengan menyiapkan sejumlah uang untuk dana darurat. Apabila suatu ketika Anda jatuh sakit, musibah kecelakaan, terkena PHK, serta hal lain yang mendesak, dana tersebut akan begitu berguna.

Terkait nominalnya, Anda perhitungkan dan sesuaikan sendiri. Setidaknya dana darurat tersebut dapat mencukupi keperluan hidup Anda selama 4 sampai 6 bulan.

Apabila, dalam satu bulan biasanya mengeluarkan uang 2 juta untuk keperluan sehari-hari, itu berarti Anda harus mempunyai dana darurat sekitar 6 sampai 12 juta atau rincian dari 3 sampai 6 kali pengeluaran selama satu bulan.

Untuk upaya ini tentu Anda perlu konsisten, yang mana dana darurat ini sama sekali tidak boleh Anda pakai untuk berbagai keperluan lainnya, selain untuk keperluan yang memang darurat. Dana darurat akan sangat berguna ketika Anda benar-benar menghadapi peristiwa yang mendesak dan tidak ada jalan lain selain menggunakan dana darurat. Itulah mengapa dana darurat sangat penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari.

4.       Hidup Hemat dan Sederhana

Tips mengelola uang gaji 3 juta berikutnya yakni dengan menjalani pola hidup hemat dan sederhana. Walau hemat, bukan berarti Anda pelit. Tentu ini adalah salah satu cara dalam pengelolaan uang yang tergolong kecil agar bisa membantu kondisi keuangan Anda tetap utuh dan stabil.

Contohnya, dengan cara menyiakan sendiri bekal atau makan ke kantor atau tempat Anda bekerja. Selain jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, menyiapkan bekal sendiri dari rumah juga dapat mengurangi pengeluaran Anda secara signifikan. Hal itu dikarenakan makanan hasil masakan sendiri pastinya jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan di luar.

Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat hidup berhemat dengan memakai transportasi umum. Sebab sekarang ini telah banyak pilihan transportasi umum yang nyaman dan murah serta dapat terintegrasi oleh transportasi lain. Anda juga sudah sedikit meminimalisir tingkat kemacetan kota, serta polusi udara bila memanfaatkan transportasi umum di kota.

5.       Memiliki Pekerjaan Freelance

Tips mengelola gaji bulanan 3 juta berikutnya yakni mempunyai kerjaan samping selain pekerjaan utama Anda. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar membantu dan memenuhi segala kebutuhan finansial Anda supaya semakin stabil dan sehat.

Misalnya, Anda dapat bekerja sebagai freelance, di waktu senggang Anda setelah menyelesaikan pekerjaan utama, atau bisa juga pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah saat Anda sedang libur dari kerja, atau menambahkan pemasukan dari menjalankan usaha-usaha kecil-kecilan. Dengan begitu, kesehatan finansial Anda tetap terjaga.

You may also like