Home Perencanaan Mengatur Keuangan Untuk Persiapkan Dana Pendidikan Dengan Cara Ini

Mengatur Keuangan Untuk Persiapkan Dana Pendidikan Dengan Cara Ini

by Mas Abadi

Bagi orang tua pendidikan sangatlah penting bagi masa depan anak-anaknya, maka dari itu banyak orang tua yang sudah memulai untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya. Zaman sekarang banyak sekolah yang berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas terbaik dan pengajar yang berkualitas. Hal tersebut dapat mempengaruhi biaya pendidikan yang semakin mahal. 

Bersoal dengan biaya sekolah, tentunya anda sebagai orang tua harus mempersiapkan biaya yang diperlukan nantinya. Tentunya anda juga harus memahami bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan memahami bagaimana mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anak anda nantinya. 

Berikut beberapa cara untuk mempersiapkan dana pendidikan :

1. Mencari Informasi Sekolah Yang Akan Dipilih

Memilih sekolah merupakan suatu tantangan tersendiri bagi orang tua. Dalam memilih sekolah banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan seperti fasilitas sekolah, pengajar yang berkualitas, kurikulum yang dipakai dan biaya sekolah. 

Maka dari itu, hal yang harus kamu lakukan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Anda juga harus dapat menilai perbedaan sekolah yang satu dengan yang lainya. Dalam hal ini anda juga harus memperhatikan bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah tersebut.

Bagi orang tua, lingkungan sekolah merupakan hal yang penting bagi pertumbuhan anak di sekolah, maka dari itu kamu juga harus mengetahui apakah lingkungan sekolah tersebut baik atau tidak bagi pertumbuhan anak.

2. Membuat Perencanaan Anggaran

Dalam melakukan perencanaan anggaran biaya sekolah anda harus mengetahui bahwa biaya pendidikan di Indonesia akan meningkat sebanyak 10-15% pertahun. Hal tersebut dapat dilihat inflasi di sektor pendidikan mencapai 3,81%. 

Dalam membuat perencanaan anggaran sekolah tentunya terdapat beberapa faktor yang harus kamu ketahui seperti tipe sekolah swasta atau sekolah negeri. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap biaya sekolah yang akan dikeluarkan nantinya. Setelah anda melakukan riset terkait biaya pendidikan, anda bisa langsung membuat perencanaan anggaran biaya. 

3. Membuat Perencanaan Dana Darurat

Dalam membuat anggaran biaya pendidikan anda juga harus mempersiapkan dana darurat. Dana tersebut dapat anda gunakan saat terjadi kegiatan yang mendadak dan membutuhkan biaya yang lebih banyak. 

Dana darurat juga dapat anda gunakan untuk kebutuhan anak saat ingin mengembangkan bakatnya melalui ekstrakurikuler di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Dana darurat juga dapat anda jadikan sebuah investasi, bila dana yang sudah anda anggarkan terbilang cukup.

4. Alokasi Dana Kebutuhan Keluarga

Sebelum anda melakukan persiapan dana pendidikan bagi anak kamu juga harus melakukan alokasi dana kebutuhan keluarga. Hal tersebut sangatlah penting, dikarenakan setelah anda melakukan alokasi dana anda akan dapat menyisihkan uang untuk menabung.

5. Melakukan Investasi Jangka Panjang

Dalam melakukan perencanaan anggaran pendidikan biasanya dilakukan oleh orang tua saat sang buah hati baru lahir. Hal tersebut dapat terbilang masih lama untuk anda persiapkan, maka anda bisa melakukan investasi jangka panjang. Hal tersebut dapat dilakukan diatas 5 tahun.  Tetapi jika sang buah hati sudah mulai masuk sekolah sebaiknya anda mengurangi kegiatan berinvestasi. Karena hal tersebut dapat mengganggu anda dalam memanajemen keuangan keluarga anda.

Dalam mengatur keuangan untuk persiapkan dana pendidikan anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan beberapa cara, berikut jenis produk keuangan dan investasi yang perlu kamu ketahui dalam mempersiapkan dan pendidikan anak.

6. Tabungan Konvensional

Menabung di bank merupakan cara menyimpan uang yang aman dan praktis yang sering digunakan oleh masyarakat indonesia. Dalam membuat tabungan konvensional anda bisa membuka rekening dengan nama anak langsung. Untuk menabung biaya sekolah dengan jangka pendek kurang 2 tahun akan lebih bagus dibandingkan menyimpan uang dirumah. 

7. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan berbeda dengan tabungan pada umumnya. Tabungan pendidikan umumnya adalah tabungan yang berjangka keunggulan, bunga yang lebih menarik, tambahan fasilitas seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, biaya administrasi yang lebih minim.

Pertimbangan beberapa orang tua dalam memilih tabungan pendidikan adalah jenis tabungan yang lebih aban dan mudah dipahami, tidak rumit, dan aman untuk disimpan.

8. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan tabungan dana pendidikan sekaligus tabungan pendidikan atau asuransi kesehatan dan jiwa. Anda harus mengetahui bahwa tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan memiliki perbedaan. Asuransi pendidikan lebih menguntungkan dibanding tabungan pendidikan.

9. Investasi Reksadana

Investasi reksadana merupakan jenis investasi produk dengan pasar modal yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Investasi reksadana sedikit rumit untuk dilakukan. Berinvestasi dengan waktu 3 tahun sangatlah tidak menguntungkan bagi anda. Untuk jangka 3 tahun lebih panjang, menggunakan reksadana sangatlah cocok bagi  orang tua yang ingin mempersiapkan biaya pendidikan.

10. Deposito 

Deposito sangat cocok bagi anda yang ingin mempersiapkan biaya pendidikan. Bila anda memiliki beberapa sisa uang bulanan anda dapat mendepositokan uang tersebut agar lebih menguntungkan bagi anda dibandingkan anda masukan kedalam tabungan rekening. Hal ini juga tidak dianggap cukup rumit karena anda tidak dapat mencairkan uang dengan sesuka anda.

Maka dari itu pentingnya bagi orang tua dalam mengatur keuangan untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak di masa yang akan datang, yuk mari menabung sejak sekarang demi masa depan sang buah hati yang cerah.

 

You may also like