Home Perencanaan Mengapa Harus Bisa Mencapai Kebebasan Finansial

Mengapa Harus Bisa Mencapai Kebebasan Finansial

by Mas Abadi
kebebasan finansial

Kebebasan finansial merupakan kondisi ketika Anda mampu untuk memenuhi keinginan dan tidak lagi harus memikirkan nominal uang yang akan dikeluarkan tanpa bekerja keras. Dimana Anda meraih passive income sekalipun sedang bersantai. Penghasilan tersebut diperoleh dari investasi, bisnis, atau aset-aset yang memang Anda miliki. 

Tidak heran apabila banyak orang ingin meraih financial freedom, pastinya Anda merupakan salah satunya. Untuk bisa meraih kebebasan finansial memang tidak instan, karena Anda harus berjuang dan bekerja keras mulai dari sekarang supaya bisa lebih cepat menikmatinya.

Tips Mencapai Kebebasan Finansial

Untuk dapat memenuhi kemerdekaan secara finansial, tidaklah harus menjadi kaya lebih dulu. Anda harus mengusahakannya dan membuat perencanaan yang matang. Bila Anda ingin memiliki rencana serius, bisa dengan mendatangi seorang perencana keuangan untuk membantu Anda. 

Atau Anda bisa mencoba beberapa cara ini dan menerapkan dalam kehidupan sehari :

1. Melakukan pencatatan anggaran

Financial freedom bisa dimulai dengan cara mengatur keuangan, dimana harus diawali oleh mencatat arus keluar dan masuk uang Anda pada buku khusus atau mempergunakan aplikasi pengatur uang yang bisa Anda temukan pada play store atau app store.

Dengan membuat catatan keuangan, nantinya akan tahu untuk apa saja uang Anda digunakan. Selain itu Anda juga mengetahui pada bagian bagian mana yang paling boros. Biasanya semua itu berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya konsumtif, padahal seharusnya Anda lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.

2. Melunasi hutang

Hal selanjutnya yang menjadi penghambat Anda dalam mencapai financial freedom adalah hutang. Terutama yang berkaitan dengan hal-hal konsumtif, namun lain ceritanya bila Anda menggunakan uang hutang tersebut untuk menjalankan usaha.

Mengapa seperti itu? Karena ketika Anda mempergunakan uang hasil berhutang untuk hal yang konsumtif, biasanya hutang-hutang tersebut bukannya berkurang namun akan bertambah. Misalnya seperti untuk memberi mobil, ponsel dan benda lainnya yang tidak termasuk dalam kebutuhan utama.

3. Menghemat

Anda dapat melakukan penghematan dengan cara mendahulukan hal-hal yang menjadi kebutuhan utama dan harus bertahan untuk tidak tergoda membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Anda bisa membeli benda-benda itu ketika memang dibutuhkan. 

Misal ketika ponsel Anda rusak atau lainnya. Ada baiknya Anda membuat terlebih dahulu budgeting planning setiap awal bulan. Dengan begitu Anda dapat menekan pengeluaran pada hal-hal yang sebenarnya tidak penting dan menggantinya dengan kebutuhan.

4. Jangan gengsi

Kemudian perhatikan juga gaya hidup Anda. Jangan terlalu terbawa gengsi, bahkan sampai harus mengikuti gaya hidup orang lain hingga Anda terus menerus berusaha untuk menjadi seperti orang tersebut. Bila awalnya Anda suka hidup berfoya-foya.

Maka sekarang saatnya untuk menghentikan semua itu. Karena jika Anda terus seperti itu, keuangan akan berantakan dan membuat diri Anda sulit mencapai financial freedom. Jadi, apabila Anda ingin meraih kebebasan finansial, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

5. Menabung secara rutin

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah rutin menabung. Bila perlu Anda membuka satu rekening khusus untuk menyimpan uang tabungan yang terpisah dari kebutuhan bulanan atau anggap saja bila tabungan tersebut untuk dana darurat.

Buatlah rekening tanpa ATM supaya Anda merasa malas hanya untuk mengambilnya secara langsung ke bank. Atau bisa juga membuka rekening deposito jangka panjang, dimana Anda hanya bisa menarik uang ketika sudah jatuh tempo.

6. Mencari penghasilan atau pekerjaan tambahan

Bila Anda memiliki waktu serta tenaga lebih, mungkin bisa mencari pekerjaan tambahan untuk menambahkan penghasilan. Anda dapat memperolehnya dengan bekerja part time di akhir pekan atau membuka sebuah usaha kecil-kecilan di rumah.

Manfaat Dari Financial Freedom

Kebebasan finansial tentunya akan mendatangkan banyak manfaat untuk Anda yang telah berhasil meraihnya :

1. Anda dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan sekaligus 

Ketika Anda telah berhasil mencapai financial freedom, tidak perlu lagi memikirkan mana keinginan dan mana kebutuhan. Karena Anda dapat mendapatkan keduanya sekaligus. Namun, tetap harus ingat dan selalu merencanakan segalanya terlebih dahulu.

2. Akan lebih bahagia

Dengan berhasil meraih financial freedom, sudah pasti hidup akan lebih nyaman dan Anda bisa merasakan kebahagian yang sebenarnya. Karena Anda sudah tidak memiliki masalah yang berhubungan dengan keuangan.

3. Tidak merepotkan orang lain

Dengan mencapai financial freedom, Anda dapat menyelesaikan sendiri masalah yang berhubungan dengan uang tanpa harus meminjam ke bank atau orang lain.

4. Dapat meraih mimpi yang sempat tertunda

Ketika Anda telah berhasil mencapai tahap merdeka secara finansial, maka Anda bisa kembali memperjuangkan mimpi-mimpi yang sempat tertunda.

Itulah tadi sekilas informasi tentang financial freedom, dimana Anda tidak lagi mempunyai beban dan dapat menikmati hidup dengan lebih baik serta mengejar mimpi yang belum bisa di gapai. 

 

You may also like