Home Perencanaan Menentukan Premi Asuransi Kesehatan

Menentukan Premi Asuransi Kesehatan

by Mas Abadi

Ketika Anda sudah memutuskan untuk memiliki asuransi, maka Anda akan menemukan yang namanya premi. Dalam tahap ini, premi merupakan iuran yang dibayarkan oleh pihak pemegang polis yang disesuaikan dengan waktu tertentu, tujuannya untuk mendapatkan berbagai manfaat dari asuransi tersebut. 

Mengenai besaran premi sendiri tidak bisa dipukul rata, maka semuanya harus sesuai dengan ketentuan perusahaan dan kesepakatan dari pemegang polisnya tersebut. Biasanya mengenai nilai preminya sendiri sudah tercantum dalam dokumen polis. Lantas, apakah lebih baik menggunakan premi bulanan atau tahunan? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Melihat Aspek Untung Rugi

1. Proses Pembayaran 

Jika Anda melihat dari aspek pembayaran, maka pada iuran premi bulanan akan terasa lebih ringan dan tidak begitu mahal dalam proses untuk pelunasannya. Oleh karena itu, semuanya akan jauh lebih menarik apabila dengan menggunakan proses premi bulanan tersebut. Karena tahapannya dengan proses cicilan yang tidak terlalu memberatkan. 

Berbeda apabila Anda membeli premi dengan sistem pembayaran dengan langsung setahun penuh. Keadaan satu ini membuat Anda akan lebih tenang dan tidak memikirkan cicilan yang setiap bulannya terjadi. Pada aspek ini, memang kebutuhannya akan lebih enak dan tidak begitu dipusingkan, tetapi premi tahunan akan jauh lebih mahal untuk dibayarkan.

Oleh karena itu, apabila Anda termasuk dari tipikal yang tidak menjadi persoalan terkait pembayaran premi perbulan dengan cicilan, maka bisa menentukan jenis asuransinya tersebut. Tetapi, jika Anda tidak ingin repot dengan beberapa proses cicilan yang akan diberikan setiap bulan, premi tahunan akan menjadi pilihan yang lebih tepat untuk Anda gunakan. 

2. Proses Lapse 

Lapse sendiri adalah perlindungan atau proteksi yang prosesnya sendiri sudah tidak berlaku. Jika Anda memilih untuk premi secara bulanan, maka kemungkinan besar akan mengalami proses lapse yang berhenti. Karena selama masa cicilan yang dilakukan sudah tidak ada, sebab proses penangguhannya sendiri sudah habis dari tidak ada pembayaran premi. 

Ada beberapa faktor yang membuat tahapan lapse tidak aktif, dalam prosesnya mungkin Anda tidak membayar akibat kelupaan atau bisa saja kurang disiplin untuk membayar premi setiap bulan tersebut. Sedangkan, jika Anda membayar premi selama setahun tentu Anda akan mendapatkan polis yang aktif dan tidak terjadi lapse selama setahun. 

Dengan demikian, proses satu ini harus Anda perhatikan dan pertimbangkan secara matang. Jangan sampai Anda salah dalam melakukannya. Karena akan ada dampak yang akan terjadi nantinya apabila Anda memilih premi bulanan, terutama untuk Anda yang tidak membayar premi yang disebabkan kelupaan atau memang kurang disiplin saja. 

Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi, maka tahapan preminya sendiri sudah bisa Anda lihat dan pertimbangkan secara matang. Dengan demikian, bagian satu ini akan menjadi lebih menarik untuk Anda lihat dengan jelas. 

3. Mengatur Keuangan 

Untuk Anda yang ingin memutuskan membayar premi bulanan, maka otomatis Anda harus siap dengan mengatur dan mengingat pembayaran cicilan premi setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk mengingat diri Anda agar tidak salah langkah dan sembarangan dalam menentukannya. Oleh karena itu, prosesnya harus benar-benar bisa Anda pahami secara menyeluruh. 

Tidak hanya itu saja, jika Anda memutuskan untuk membayar premi setahun penuh, maka otomatis Anda harus memperhatikan proses pembayaran yang akan dikeluarkan. Karena akan ada banyak yang keluar atau dihabiskan. Oleh karena itu, dalam tahap ini semuanya harus Anda pahami dan perhitungkan secara jelas agar tidak salah langkah. 

Sebenarnya, jika Anda memutuskan untuk membayar premi selama setahun secara langsung, maka akan mendapatkan keuntungan yang akan didapatkan. Untuk premi setahun penuh, biasanya Anda akan mendapatkan perhitungan biaya yang jauh lebih murah dan juga Anda akan mendapatkan berbagai promo yang menarik untuk didapatkan. 

Memilih Asuransi Premi Bulanan atau Tahunan, mana lebih baik? 

Semuanya berdasarkan lagi pada kebutuhan masing-masing dari para nasabah asuransi tersebut, karena harus menyesuaikan mengenai kebutuhan dan kesanggupan masing-masing. Karena setiap orang mempunyai fokus dan tujuan yang berbeda-beda, sehingga harus benar-benar Anda pahami secara menyeluruh agar tidak salah langkah. 

Dalam tahap ini, apabila Anda mempunyai dana lebih yang tersimpan, lebih baik untuk langsung membayar premi secara langsung selama setahun. Tetapi, jika Anda ingin lebih murah dan tidak ingin menghabiskan biaya sekaligus, premi bulanan dapat Anda pilih. Sebab, memang semua kebutuhan dan kewajibannya berbeda-beda. 

Oleh karena itu, kembali lagi berdasarkan pada kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Sehingga Anda harus benar-benar mampu bisa memahaminya agar tidak salah langkah dan sembarangan dalam menentukannya. Dalam tahap ini, semuanya harus bisa Anda pahami dan perhitungan kemampuan keuangan yang Anda miliki tersebut. 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai menentukan asuransi kesehatan dalam menentukan preminya, baik bulanan atau tahunan. 

You may also like