Home Tips Menentukan Mobil Baru atau Bekas Untuk Pertama Kali

Menentukan Mobil Baru atau Bekas Untuk Pertama Kali

by Mas Abadi
mobil bekas

Memasuki akhir tahun banyak beberapa brand akan menjual beberapa produknya dengan harga yang jauh lebih miring daripada biasanya. Termasuk juga untuk Anda yang menginginkan membeli kendaraan atau mobil impian. Promo akhir tahun akan ada banyak potongan harga dan tersedia beberapa bonus yang akan diberikan oleh perusahaan. 

Untuk ketentuan tersebut masih banyak calon pembeli bingung untuk menentukan membeli kendaraan yang baru atau bekas saja. Keduanya memiliki beberapa keuntungan dan keunggulan yang berbeda-beda, apabila memutuskan membeli baru tentu harga lebih mahal dan mobil bekas keadaannya ada banyak yang berkurang. Nah, bagaimana mengatasinya?

Beli Mobil Baru atau Bekas

1. Melihat Segi Fitur dan Kualitas 

Apabila ini pertama kali Anda dalam memutuskan membeli kendaraan, maka paling penting untuk dilihat adalah dari segi fitur dan kualitas yang diberikan. Semuanya memang kembali lagi berdasarkan pada kebutuhan yang diinginkan. Setiap orang mempunyai sudut pandang dalam melihat kebutuhannya, sehingga tidak bisa disamakan antara satu sama lainnya. 

Jika untuk membeli mobil pertama kali, tentu Anda harus melihat dari faktor fitur yang diberikan dan kualitas yang tersedia. Hal ini untuk menentukan budget yang Anda miliki, apabila Anda tidak menjadi persoalan terkait fitur dan kualitasnya, karena terpenting bisa jalan dan bisa memenuhi berbagai kebutuhan, maka tidak ada salahnya membeli mobil LCGC. 

Tetapi, apabila Anda menginginkan mobil yang murah dan bekas untuk mendapatkan berbagai fitur dan kualitas yang diberikan, maka bisa membeli mobil bekasnya saja. Keduanya harus Anda lihat agar bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

2. Melihat Aspek Harga 

Dalam tahap ini memang mobil bekas jauh lebih diuntungkan, karena otomatis harga yang diberikan pun akan jauh lebih murah daripada mobil baru. Apabila Anda memutuskan untuk membeli baru pun, maka ada penurunan harga yang harus Anda lihat, sehingga semuanya benar-benar harus Anda pahami secara menyeluruh. 

Melalui kebutuhan tersebut banyak orang yang pikir ulang untuk membeli dan mendapatkan mobil baru yang diinginkan. Tetapi, kembali lagi kepada keinginan dan kebutuhannya, jika Anda tidak ingin ada perawatan tambahan, rasanya mobil baru menjadi pilihan yang tepat. Namun, apabila Anda tidak bermasalah dengan perawatan tambahan, mobil bekas bisa Anda pilih. 

Keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurang masing-masing, sehingga tergantung dari kemampuan keuangan yang Anda miliki juga. Jangan sampai Anda membeli mobil, tetapi mengorbankan beberapa pos-pos keuangan Anda nantinya. Sehingga harus dipilih dan ditentukan secara bijak agar tidak mengalami permasalahan. 

3. Melihat Aspek Kebutuhan 

Perhitungan selanjutnya apakah lebih baik beli mobil bekas atau baru untuk pertama kalinya? Tentu Anda harus melihat dari aspek kebutuhannya. Karena dalam tahap ini Anda harus melihat mempunyai mobil tersebut untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau untuk keluarga saja, jika menginginkan mobil jangka waktu cepat, maka mobil bekas bisa menjadi pilihan. 

Perlu dipahami bersama-sama apabila membeli mobil baru, maka ada beberapa ketentuan yang harus Anda pahami. Karena mobil baru membutuhkan waktu lama untuk menunggu proses BPKB dan STNK nya jadi. Oleh karena itu, dalam tahap ini semuanya harus Anda lihat dan jangan sampai salah dalam melakukannya. 

Semuanya kembali lagi berdasarkan dari kemampuan dan kebutuhannya, tidak bisa Anda melihat hanya dari satu sisi saja untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

4. Melihat Aspek Pajak 

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru atau bekas, maka langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan mengenai pajak yang akan dibayarkan setiap tahunnya. Dalam tahap ini, pajak termasuk dalam bagian yang harus Anda patuhi dan penuhi dengan baik, sehingga sebagai warga negara Anda mematuhi aturan yang berlaku. 

Dengan demikian, tahapan satu ini memang harus benar-benar Anda lihat sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru atau bekas. Untuk Anda yang ingin membeli mobil baru, maka pajak yang akan dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan Anda harus membeli mobil bekas secara menyeluruh. 

Sisi lainnya, jika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka pertimbangkan juga mengenai pajak progresif yang diberikan. Semuanya harus jelas dan tepat, harus ada skema perhitungan untuk melihat berbagai proses tersebut. Tidak hanya melalui satu sudut pandang saja, sehingga semuanya harus benar-benar dipahami secara menyeluruh. 

5. Perhitungkan Matang-Matang 

Memutuskan untuk membeli mobil baru atau bekas tujuannya sama saja untuk memenuhi berbagai kebutuhan, apalagi ini pengalaman pertama kali. Semuanya harus Anda lihat secara menyeluruh dan jangan sampai Anda salah dalam menentukannya. Lihat kondisi keuangan Anda, apabila memungkinkan membeli baru, maka tidak ada salahnya. 

Tetapi, apabila kebutuhan dan kantong Anda belum memungkinkan membeli baru. Kondisi mobil bekas bisa Anda pilih, asal mesin dan interiornya masih layak untuk digunakan. 

 

Demikianlah beberapa penjelasan lengkap mengenai mobil pertama baik bekas atau baru, semuanya harus berdasarkan pada perhitungan yang ada. 

You may also like