Home Pinjaman Menentukan Membeli Rumah DP Besar atau Kecil

Menentukan Membeli Rumah DP Besar atau Kecil

by Mas Abadi
DP rumah

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rumah impian? Mungkin setiap orang mempunyai keinginan tersebut dan mencari rumah sesuai dengan keinginan yang diharapkan. Prosesnya pun bisa dilakukan secara KPR atau langsung tunai. Tetapi, sementara ini dengan harga rumah yang semakin tinggi dan pendapatan yang terbatas, rumah KPR menjadi pilihan menarik. 

Dalam tahap ini, ketika memutuskan untuk membeli rumah secara KPR banyak orang yang masih ragu dalam menentukan Down Payment (DP) yang harus diberikan, antara lebih baik DP besar atau kecil? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, rasanya Anda perlu menyimak beberapa penjelasan yang ada di bawah ini, simak yuk. 

Memilih DP Besar atau Kecil 

1. Cicilan Per Bulan 

Pertimbangan pertama kali yang harus Anda lihat dalam memilih DP besar atau kecil ketika memutuskan untuk membeli rumah secara KPR adalah perhitungan cicilan atau kredit pembayaran setiap bulannya. Hal ini sangat penting untuk Anda lihat secara bersama-sama, karena harus ada perhitungan yang matang untuk Anda lihat secara menyeluruh. 

Apabila Anda mempunyai DP yang lebih besar, otomatis cicilan setiap bulan yang harus Anda keluarkan tersebut akan jauh lebih kecil dan sisi bunganya pun tidak mengalami pembengkakan, karena Anda dapat menentukan waktu terbaik dalam proses melakukan kredit tersebut secara menyeluruh, sehingga bagian satu ini menarik untuk Anda lihat. 

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah KPR dengan DP yang kecil, sisi cicilan memang terbilang besar dan bunganya pun akan semakin membengkak. Karena DP besar mempengaruhi masa KPR yang harus Anda gunakan. Tahapan tersebut memang harus benar-benar Anda lihat dan dipahami secara menyeluruh agar tidak salah langkah. 

Perhitungan satu ini harus Anda lihat sebelum memutuskan untuk membeli rumah, karena apabila Anda salah dalam menentukannya akan ada muncul permasalahan. Jangan sampai Anda niat untuk membeli rumah agar jauh lebih tenang dan nyaman. Faktor satu ini harus Anda pertimbangkan dan perhitungan dengan sangat jelas, apalagi KPR waktunya jangka panjang. 

2. Persetujuan Bank

Pihak bank tentu melihat calon pembeli rumah dengan DP yang tinggi, karena hal ini sudah masuk dalam perhitungan dan prosesnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan persetujuan. Apalagi jika Anda melakukan pembayaran DP yang ada diatas dari ketentuan yang diberikan, maka prosesnya akan sangat mudah untuk dilakukan dan diterima oleh pihak bank.

Dalam tahap ini, pihak akan lebih mudah dalam memberikan jumlah pinjaman yang akan diberikan kepada calon nasabah. Dengan jumlah DP yang besar tersebut membuat banyak bank akan lebih sedikit dalam mengeluarkan pinjaman. Sehingga bank tidak perlu lama-lama dalam memutuskannya, karena prospeknya akan jauh lebih terjamin. 

Sisi lainnya, jika Anda memutuskan untuk membeli rumah KPR dengan DP yang kecil untuk proses persetujuannya akan sangat lama. Karena pihak benar-benar harus mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa aspek yang ada. Hal ini menjadi pilihan yang tidak sebentar, karena pihak bank sendiri mempunyai skala prioritas dan perhitungan. 

Mungkin bisa saja DP yang kecil tersebut akan ditolak oleh pihak bank, sebab sudah masuk dalam tahapan yang mungkin tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan. 

3. Proses Memiliki Rumah 

Untuk Anda yang mengajukan pembelian rumah KPR dengan DP yang kecil, maka proses untuk mendapatkan dan memiliki rumah tersebut akan lebih cepat. Apabila Anda membandingkan dengan beberapa orang yang memilih untuk menambah DP yang semakin besar, karena tahapannya akan lebih lama, DP tersebut harus melalui proses menabung dulu. 

Hal ini sangat wajar dan mempunyai plus atau minusnya tersendiri, kembali lagi kepada beberapa perhitungan yang sudah Anda lihat. Apabila Anda merasakan apabila mendapatkan rumah KPR yang DP rendah dan tidak memerlukan jumlah yang besar, mungkin tahapan tersebut bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mendapatkan rumah impian. 

Namun, apabila beberapa perumahan mempunyai persyaratan ketat untuk rumah yang dimiliki terutama dalam menentukan DP, maka mau tidak mau Anda harus mengumpulkan DP nya terlebih dahulu agar tidak salah dalam melakukannya. Faktor satu ini harus Anda pertimbangkan secara matang dan jangan sampai salah dalam melakukannya. 

4. Perhitungan Jangka Panjang 

Pada dasarnya membeli rumah dengan DP besar atau kecil kembali lagi berdasarkan dari kemampuan masing-masing. Namun, semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, semua faktor tersebut Anda harus pertimbangkan dengan matang dan jangan sampai salah dalam melakukannya. 

Semua proses yang ada harus dilihat dengan jelas, apalagi memutuskan untuk membeli rumah secara KPR tersebut Anda harus mempunyai perhitungan yang matang. Tahapan satu ini memang penting untuk dilihat secara menyeluruh. 

Nah, itulah beberapa proses dalam memilih DP rumah dengan biaya yang kecil atau besar. Semua proses yang diberikan harus dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan matang. 

You may also like