Home Investasi Mencoba Investasi Saham: Newbie Wajib Masuk!

Mencoba Investasi Saham: Newbie Wajib Masuk!

by Mas Abadi

Di zaman sekarang ini pastinya banyak anak muda yang menyukai hal-hal berbau cuan. Apalagi sekarang ini untuk melakukan investasi juga terbilang mudah karena Anda bisa melakukannya secara online. Selain itu pilihan dari investasi ini sendiri juga sangatlah banyak, misalnya seperti emas reksa dana obligasi properti dan lain sebagainya. 

Namun, belakangan yang sedang populer adalah investasi saham karena peran anak muda ini menganggap bahwa saham tidak hanya sebagai tabungan jangka panjang saja tetapi dapat dimanfaatkan juga untuk bisnis sehingga mereka tetap mendapatkan penghasilan atau pasif income..

Cara investasi saham bagi pemula

Bagi Anda yang baru akan memulai melakukan investasi maka yang harus dilakukan adalah berinvestasi saham secara online serta investasi saham pada perusahaan sekuritas. Lalu bagaimana caranya, simak penjelasan di bawah ini:

Menyiapkan berkas pribadi

Sama seperti ketika anda ingin membuka atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan perbankan, maka anda harus dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran. Berikut adalah dokumen yang harus Anda persiapkan:

  • Kartu identitas, seperti KTP/ Passport/ KITAS. Pastikan semuanya masih berlaku.
  • NPWP
  • Buku tabungan pribadi
  • Nomor identitas KSEI, ini hanya berlaku bagi Anda yang sudah pernah mempunyai rekening saham.
  • Untuk IRT yang ingin berinvestasi, maka selain KTP Anda juga harus menyertakan fotocopy KTP dan NPWP milik suami beserta KK.
  • Bawa materai, dengan jumlah 2 hingga 8 lembar.

Menentukan perusahaan sekuritas saham online yang diinginkan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menentukan perusahaan sekuritas mana yang nantinya akan kamu pilih untuk dijadikan perantara pembelian saham. Pastikan bila perusahaan tersebut memang memiliki kredibilitas yang baik karena ini berhubungan dengan tanggung jawab besar.

Isi form pendaftaran untuk investasi saham secara online yang sudah disediakan

Selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pembuatan rekening, pada pembuatan rekening ini anda juga akan membuat rekening saham serta dana investor. Anda tidak perlu merasa bingung atau takut ketika melakukan pengisian karena pada dasarnya formulirnya sangat mirip seperti ketika anda akan membuka rekening pada bank konvensional.

Lakukan pengisian formulir secara benar agar ketika proses pembuatannya berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun, jangan lupa untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang sudah anda bawa dari rumah kepada petugas untuk diproses.

Membuka RDI

Setelah anda selesai melakukan pengisian formulir pembukaan rekening, Maka selanjutnya Anda harus mengisi formulir lainnya guna pembukaan RDI. Di mana nantinya melalui rekening inilah Dana kamu akan ditempatkan dan disalurkan secara terpisah dari rekening perusahaan sekuritas.

Apabila ada pertanyaan mengenai fungsi utama dari rekening ini maka bisa dikatakan seperti anda memiliki rekening bank pribadi guna menyelesaikan seluruh transaksi yang anda lakukan ketika akan menjual atau membeli saham. RDI sendiri memang memiliki tujuan untuk dijadikan wadah penyimpanan dana milik nasabah yang tidak ingin digunakan untuk bertransaksi saham.

Tunggu hingga proses pembuatan rekening selesai

Dalam pembukaan atau pembuatan rekening saham sebenarnya tergantung dari RDI yang anda pilih. Namun umumnya pembukaan rekening tersebut membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Apabila prosesnya sudah selesai, nantinya anda akan memperoleh nomor RDI yang dikirimkan melalui email atau bisa juga anda dihubungi secara langsung dari perusahaan sekuritas.

Mengunduh aplikasi trading yang terpercaya

Selanjutnya setelah memperoleh id, pin serta password artinya anda telah bisa memulai investasi saham. Sebelum itu Anda dapat mengunduh aplikasi trading seperti yang telah direkomendasikan oleh pihak broker. Anda bisa menemukan aplikasi-aplikasi tersebut pada Play store maupun app store atau bisa juga masuk ke website broker di mana anda mendaftarkan diri untuk membuat rekening saham.

Setor Deposit Awal

Selanjutnya adalah melakukan setoran awal, ini seperti deposit yang harus Anda masukkan saat proses pembukaan RDI sudah selesai. Penyetoran deposit di awal ini memiliki tujuan guna mengaktifkan rekening dari saham yang anda buka. Anda bisa menyetorkannya secara tunai atau dengan melakukan transfer dari tabungan pribadi kepada RDI.

Sudah dapat mulai melakukan transaksi 

Dalam pembelian saham terdapat minimal yaitu 1 lot di mana untuk satu lot ini sebanding dengan membeli 100 sheet saham. Sama dengan ketika anda akan menjual saham, minimal saham yang dijual adalah sebanyak 1 lot.

Dimana ketika terjadi transaksi jual dan beli saham akan dibebankan administrasi sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan sekuritas. Saham yang terdapat pada BEI memiliki harga yang terbilang variatif dan mencerminkan nilai dari perusahaan masing-masing.

Melakukan pemesanan saham secara online

Selanjutnya adalah setelah anda berhasil melakukan transaksi anda dapat mengubah harga jual dan beli saham tersebut. Pada aplikasi yang ada download untuk membeli saham online pastinya terdapat fitur untuk anda melakukan transaksi saham. Apabila posisi yang anda pasangkan tidak terjadi Anda dapat melihat posisi yang disediakan di pasar saham saat itu kemudian silahkan mengubah harga sesuai dengan keadaan pasar modal.

Transaksi jual dan beli saham

Untuk transaksi saham sendiri, settlement atau penyelesaian dapat dilakukan kurang lebih dua hari. Harganya juga disesuaikan dengan saat negosiasi dilakukan sebelumnya. Apabila tidak melakukan penyelesaian pada masa yang sudah ditetapkan, Anda bisa dikenakan sanksi hingga 45% per tahunnya.

You may also like