Home Bisnis Membuka Usaha Penitipan Hewan Peliharaan Dengan Beberapa Tips Ini 

Membuka Usaha Penitipan Hewan Peliharaan Dengan Beberapa Tips Ini 

by Mas Abadi

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan binatang dan mempunyai peliharaan di rumah? Bila iya, ini dapat menjadi salah satu ide usaha untuk kamu. Dengan mendirikan usaha pet shop, kamu bukan hanya bisa mendapatkan keuntungan, namun juga dapat menjalani hobi mu sekaligus. 

Berkat adanya ilmu dalam merawat binatang peliharaan, kamu bisa menjadi sangat mudah untuk menjalani usaha yang satu ini. Apakah kamu jadi tertarik untuk usaha ini? Sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa tips yang perlu dilakukan guna memulai usaha pet shop seperti berikut ini. 

Langkah-langkah Membuat Usaha Pet Shop

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui saat ingin membuat pet shop, berikut tahapan yang perlu kamu lalui: 

Tentukan lokasi pet shop

Sebelum kamu memulai usaha pet shop, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan lokasi usaha. Cobalah untuk menentukan lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh para pelanggan. Salah satu tips untuk memilih lokasi yakni: 

  • Lokasi kondusif, lokasi harus tidak boleh bising, buatlah pet shop mu bisa menangkal berbagai suara dari luar supaya binatang tidak menjadi stress, buat juga pendingin udara dan penyaring udara. 
  • Kebersihan toko, kamu harus memperhatikan kebersihan toko demi kenyamanan para pelanggan dan kesehatan dari binatang yang kamu jual. 
  • Dekat pemukiman. Dengan toko yang dekat pemukiman ini, maka toko mu akan mudah untuk dijangkau oleh para pelanggan. Lalu, kamu harus menghindari lokasi seperti perkantoran, pasar dan tempat makan. 

Pilih jenis layanan usaha pet shop 

Ada banyak jenis layanan pada usaha pet shop, seperti jual beli keperluan binatang, menjual aksesoris, jual beli hewan, mainan dan yang lainnya. Demi memberikan tampilan positif untuk pet shop, kamu juga dapat memberikan layanan dengan metode one stop service atau seluruh jenis layanan. 

Kamu pun dapat menambahkan layanan seperti salon atau jasa titip binatang peliharaan. Dengan demikian, target pasar mu bisa semakin luas sebab layanan yang kamu berikan sangat lengkap. 

Minta izin pada lingkungan sekitar 

Sesudah kamu menentukan lokasi usaha dan lokasi tersebut ada di area yang sangat ramai, kamu perlu meminta izin dari warga sekitar. Tidak hanya demi menghindari konflik nantinya, dengan kamu meminta izin ini, kamu telah menghargai warga sekitar, sebab tidak seluruh orang nyaman berada di dekat binatang tertentu. 

Sebelum kamu meminta izin ke warga sekitar area usaha, lebih baik kamu melakukan permohonan untuk rekomendasi surat izin gangguan pada dinas perizinan kota. 

Rekrut care-taker dan veterinarian 

Di sejumlah negara maju, seorang pengusaha binatang peliharaan tidak hanya merekrut karyawan saja. Tetapi, tenaga ahli yaitu dokter hewan dan perawat hewan. Sebab, hewan yang dijual ini bukan hanya untuk dipajang saja, tetapi juga harus dirawat dengan baik. 

Hewan yang akan dijual tentunya perlu dijaga kesehatannya. Apalagi bila kamu mempunyai layanan penitipan binatang, pastinya kamu membutuhkan seorang dokter dan perawat hewan. Adanya dokter hewan pun bisa meningkatkan fasilitas yang ada di pet shop mu. 

Buat relasi dengan komunitas 

Usaha pet shop adalah usaha yang mengandalkan komunitas, caranya yaitu dengan membangun relasi dengan berbagai komunitas. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan pelayanan khusus atau promosi untuk komunitas tertentu dan mengikuti berbagai event yang diadakan oleh komunitas tersebut. 

Memberikan edukasi 

Biasanya banyak pertanyaan seperti “Saya ingin mempunyai binatang peliharaan, namun tidak tahu cara untuk merawatnya” yang diungkapkan oleh para calon pelanggan. Jika sudah seperti ini, kamu bisa memberikan konten edukasi lewat sosial media dan buat juga konten di channel YouTube. 

Konten ini berguna untuk menarik perhatikan orang-orang yang baru maupun ingin membeli binatang peliharaan. Edukasi pun bisa dilakukan dengan cara membuat event seperti seminar, lomba olahraga maupun grooming. 

Buat manajemen usaha pet shop 

Manajemen usaha adalah hal paling penting yang perlu kamu buat dari awal memulai usaha yang satu ini. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah dalam memprediksi ke mana ara usahamu akan berjalan. 

Manajemen usaha yang perlu kamu tentukan seperti jam operasional, paket pelayanan, tarif, jenis layanan, kerjasama dengan dokter hewan, solusi untuk membuat feses hewan dan lainnya. 

Buat manajemen usaha pet shop ini dengan benar dan detail agar tidak ada lagi hal-hal tertinggal dan membuat kamu kebingungan untuk mengatasinya. Kamu bisa belajar usaha ini dengan teman atau keluargamu yang mempunyai usaha di bidang yang sama.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuka usaha penitipan hewan yang bisa kamu terapkan. Dengan adanya ulasan di atas, semoga dapat membantu kamu yang masih kebingungan saat ingin membuka usaha pet shop. 

 

You may also like