Home Perencanaan Membeli Mobil Atau Rumah, Mana Yang Harus Didahulukan

Membeli Mobil Atau Rumah, Mana Yang Harus Didahulukan

by Mas Abadi

Membeli mobil atau rumah, mana yang harus didahulukan? Yah, hal ini pasti menjadi pertimbangan setiap orang. Bagi seseorang yang sudah memiliki pekerjaan yang mapan dan gaji yang cukup, tentunya banyak hal yang diinginkan dalam dirinya.

Menentukan prioritas finansial bagi sebagian orang kadang tidak semudah yang kita bayangkan. Ketika kamu masih lajang tentunya tanggung jawab dan tanggungan relatif yang belum banyak. Sebaliknya bila kamu sudah menikah dan memiliki anak pastinya tanggungan semakin banyak. 

Salah satu menjadi hal yang banyak dipertimbangkan oleh beberapa orang untuk membeli mobil atau rumah?. Sebagian orang akan berpikir lebih baik membeli kendaraan pribadi terlebih dahulu dibandingkan membeli rumah. Hal tersebut sebagian orang berpendapat kendaraan pribadi lebih dibutuhkan untuk menjangkau ke kantor atau berpergian ke tempat lainya.

Dan sebagian orang juga berfikir lebih baik untuk membeli rumah terlebih dahulu. Hal tersebut dapat kita ketahui bahwa harga rumah tiap tahunnya akan meningkat, sebagian orang juga berfikir bila menunda untuk membeli rumah hal tersebut akan membuat seseorang sulit untuk memiliki tempat kediaman. 

Harganya Cukup Menguras Kantong

Saat anda memikirkan untuk membeli mobil atau rumah yang pastinya keduanya memiliki harga atau biaya yang cukup banyak. Agar anda dapat meyakinkan diri anda untuk mengambil keputusan, anda dapat mengecek terlebih dahulu harga mobil saat ini. Harga mobil rata-rata sekitar Rp. 170 Juta/unit. Bahkan mobil yang memiliki kapasitas 7 seat dengan harga Rp. 200 Juta/unit. 

Kamu juga dapat mengecek harga rumah di daerah jabodetabek, harga rumah di jabodetabek yang memiliki luas 60 meter persegi RP. 400 Juta. Untuk rumah yang memiliki luas 100 meter persegi dengan harga Rp. 1 Miliar/unit. 

Supaya kamu tidak bingung untuk membeli mobil atau rumah, ada beberapa hal yang paling mudah untuk membantu kamu dalam mengambil keputusan nantinya, yaitu :

1. Kemampuan Penghasilan

Ya, hal ini sangatlah penting untuk kamu ketahui. Anda harus memikirkan apakah pendapatan anda dapat membeli mobil atau rumah secara kredit?. Bila penghasilan anda belum dapat terpenuhi untuk mencicil mobil atau rumah sebaiknya anda lebih fokus lagi untuk menabung atau menambah penghasilan anda terlebih dahulu. 

2. Kebutuhan Utama

Kebutuhan utama yang dimaksud disini adalah kebutuhan apa saja yang sangat penting dan harus diutamakan dibandingkan kebutuhan lainnya. Anda dapat mengklasifikasikan kebutuhan anda dengan membaginya dengan mana kebutuhan primer, sekunder dan tersier. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rumah termasuk kebutuhan primer bagi manusia, hal ini seharusnya sudah menjadi bagian dari pertanyaan anda saat bingung untuk membeli mobil atau rumah. Masing bingung untuk mengambil keputusan? Supaya lebih yakin, mari simak penjelasan dan skenario dibawah ini:

  • Beli Mobil 

Saat anda mengambil keputusan untuk membeli mobil terlebih dahulu secara kredit, anda akan diminta untuk membayar uang muka. Membeli mobil secara kredit tentunya akan dituntut untuk setiap bulannya membayar angsuran lanjutan atau cicilan kredit. Bukan hanya itu saja, tentunya anda juga harus memikirkan pengeluaran lainnya seperti biaya perawatan kendaraan, Bahan Bakar Minyak (BBM), Pajak dan Tol. 

Saat anda mendahulukan untuk membeli mobil dibandingkan rumah konsekuensi yang diambil tidaklah mudah. Disaat yang sama, jika anda belum memiliki rumah, anda juga harus mengeluarkan biaya untuk membayar uang sewa rumah. Sedangkan harga jual rumah tiap tahunnya akan naik lebih cepat dibandingkan yang lainnya.

  • Beli Rumah 

Sama hal nya dengan membeli mobil. Saat anda ingin membeli rumah secara kredit, anda juga harus mempersiapkan biaya muka terlebih dahulu. Saat ini yang muka untuk membeli rumah mulai dari 10% sampai 30%. Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk kredit, appraisal, notaris dan biaya lainnya. Namun, dengan anda membeli rumah secara kredit, pengeluaran anda yang tadinya untuk membayar uang sewa rumah tiap bulannya bisa anda alihkan untuk membayar cicilan rumah.

Dalam hal ini, bila ada pertanyaan yang muncul untuk membeli mobil atau rumah, mana yang didahulukan? Maka dapat dipastikan jawaban yang anda berikan adalah membeli rumah terlebih dahulu. Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa rumah merupakan kebutuhan primer manusia. Yang dimana harga jual rumah tiap tahunnya akan meningkat dan semakin mahal. Bila anda terus menerus untuk menyewa rumah, hal tersebut sama saja anda mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak bisa anda miliki seutuhnya.

Bila anda kebingungan untuk transportasi, anda bisa menggunakan transportasi umum. Bila anda berpikir untuk membeli mobil dengan berniat untuk melakukan pekerjaan sampingan seperti driver transportasi online. Anda juga harus memastikan terlebih dahulu apakah dengan anda melakukan pekerjaan sampingan tersebut akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan. Jika, hal tersebut menurut anda belum menguntungkan sebaiknya anda menunda terlebih dahulu untuk membeli mobil.

Mari belajar untuk mengambil keputusan lebih bijak dan tidak merugikan anda.

You may also like