Home Bisnis Memanfaatkan Teknologi Untuk Mengembangkan Usaha Dari Desa

Memanfaatkan Teknologi Untuk Mengembangkan Usaha Dari Desa

by Mas Abadi

Pembangunan di zaman sekarang hampir bisa dipastikan tidak bisa dipisahkan dari keterlibatan teknologi. Hal sederhana seperti penggunaan smartphone untuk berkomunikasi dan berjejaring sudah menjangkau kehidupan semua golongan masyarakat.

Tidak hanya di perkotaan saja, wilayah pedesaan  pun sudah mulai dirambah oleh kecanggihan kemajuan teknologi. Banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan masuknya teknologi ke pedesaan terlebih dalam membantu pengembangan usaha kamu.

Potensi Usaha Desa Lewat Teknologi

Desa atau pedesaan adalah suatu daerah yang jauh dari pusat keramaian atau perkotaan. Jumlah penduduk di pedesaan pun cenderung tidak sebanyak dan se-padat di perkotaan.

Pada dasarnya orang di perkotaan maupun pedesaan saling membutuhkan. Tanpa kehadiran pedesaan, masyarakat perkotaan akan sulit untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Begitupun sebaliknya dengan masyarakat di pedesaan.

Apalagi dengan zaman yang sudah semakin maju, kehadiran teknologi akan sangat membantu pedesaan untuk berkembang dan bersaing dengan perkotaan.

Memanfaatkan Teknologi Untuk Usaha Desa

Teknologi memiliki peranan yang sangat krusial dalam kemajuan suatu bangsa. Suatu negara dikatakan maju apabila sudah memiliki teknologi yang canggih dan modern yang bisa membantu kehidupan masyarakatnya.

Pada kenyataannya, masyarakat pedesaan kurang memaksimalkan teknologi yang ada sehingga kadang usaha masyarakat desa lebih lambat berkembang dibandingkan masyarakat perkotaan yang sudah memaksimalkan penggunaan teknologi.

Teknologi bukan lagi sebuah keinginan, melainkan sudah menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan yang wajib hukumnya jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu. Kamu memerlukan teknologi agar usaha kamu bisa berkembang. Berikut beberapa manfaat teknologi untuk kamu yang mengembangkan usaha di desa:

1. Mempromosikan Usaha

Dengan adanya teknologi, kamu akan lebih mudah untuk memperkenalkan usaha kamu di desa kepada dunia yang lebih luas. Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan kehadiran teknologi. Manfaatkan platform media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, Tiktok untuk menarik pelanggan baru ataupun sekadar melakukan promosi produk kamu.

Buatlah media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan usaha kamu. Kamu pun juga bisa menjaga hubungan dengan pelanggan kamu lewat media sosial. Dengan begitu walaupun kamu menjalankan usaha kamu dari desa, kamu tetap bisa berjejaring dengan semua pelanggan kamu bahkan yang di perkotaan sekalipun. 

2. Menjaga Relasi Bisnis

Kemajuan teknologi juga akan membantu kamu lebih mudah dalam menjaga hubungan kamu dengan para kolega usaha kamu. Tinggal di desa tidak menjadi halangan untuk tetap menjaga hubungan dengan para relasi usaha kamu terlebih pelanggan-pelanggan kamu.

Banyak aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan relasi usaha kamu seperti whatsapp, Telegram, Zoom, Gmeet. Bahkan beberapa aplikasi tersebut bahkan sudah menyediakan fasilitas yang canggih seperti fitur tatap muka lewat video atau yang kita kenal dengan video call.

Bertemu dengan investor ataupun distributor pun jadi lebih mudah dengan adanya bantuan teknologi. Kamu tetap bisa berkomunikasi walau kamu berada di desa yang jauh di pelosok daerah. 

3. Mengontrol Operasional Usaha

Mengontrol usaha kamu menjadi semakin mudah dengan adanya teknologi. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mendapatkan bantuan ketika terjadi kendala pada sistem bisnis digital kamu, tanpa perlu orang tersebut hadir  atau mengunjungi kamu ke desa. Hal ini membuat usaha kamu menjadi semakin efektif.

Bayangkan jika terjadi error pada sistem kamu, dan kamu harus menunggu orang untuk dapat memperbaiki sistem kamu yang error. Berapa waktu yang terbuang hanya untuk hal tersebut. Beberapa aplikasi juga dapat memantau pergerakan distribusi produk kamu seperti fasilitas teknologi GPS tracking.

4. Mengelola Keuangan

Usaha yang baik tentunya mempunyai manajemen keuangan yang baik pula. Dulu mungkin sulit mengelola keuangan, kamu perlu menggunakan jasa akuntan atau seorang di bidang keuangan untuk merapikan catatan keuangan. Dengan canggihnya teknologi saat ini, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi khusus untuk membantu kamu mengatur keuangan usaha kamu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi excel untuk menginput data tentang produk kamu ataupun menghitung pengeluaran dari produk kamu. Beberapa aplikasi bisa membantu kamu untuk menghitung arus kas masuk dan keluar, semuanya tanpa perlu kamu mahir dalam bidang akuntansi. 

5. Analisa

Manfaat lainnya dari teknologi yang sangat penting buat kamu adalah kemampuan untuk melihat perkembangan usaha kamu hanya dari smartphone ataupun laptop kamu.

Kamu bisa melihat trend kondisi pasar yang berkaitan dengan usaha kamu, harga jual produk maupun bahan baku, atau sekedar update dengan berita seputar usaha kamu agar tidak tertinggal dengan kompetitor.

6. Keamanan Data Terjaga

Keamanan data usaha kamu akan semakin terjaga dengan adanya bantuan teknologi. Mungkin awalnya kamu mencatat secara manual dalam buku catatan. Tapi dengan teknologi kamu bisa mencatat dan menyimpan nya langsung dalam komputer maupun dalam usb drive. Kamu juga bisa membackup data kamu agar tidak hilang atau rusak. 

Selain menyimpan dalam laptop kamu atau usb drive, kamu juga bisa menyimpan data bisnis kamu secara online lewat teknologi cloud seperti google drive ataupun dropbox. Dengan begitu keamanan data kamu lebih terjaga dan tidak mudah hilang ataupun tercuri karena untuk mengaksesnya dibutuhkan verifikasi password dan data diri kamu.

Sekarang kamu sudah mengetahui manfaat teknologi untuk usaha kamu di desa. Memanfaatkan teknologi akan membuat usaha kamu lebih efisien. Jadi sudah siapkah kamu memanfaatkan teknologi untuk usaha kamu?

You may also like