Home Investasi Memahami Cara Kerja Binary Option yang Meresahkan

Memahami Cara Kerja Binary Option yang Meresahkan

by Mas Abadi

Binary Option belakangan ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat sebah sangat meresahkan untuk sejumlah kalangan seperti finance enthusiast yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak? Platform trading ini sudah memakan banyak korban sebab prakteknya yang membuat semua orang merugi.

Terlebih pula adanya rayuan manis akan keuntungan ratusan hingga miliaran rupiah yang bisa didapatkan oleh penggunanya, menjadikan cara “trading” yang satu ini tampak legal dan aman. Tetapi faktanya sangat jauh berbeda dengan yang dipromosikan bahkan sangat berpotensi rugi.

Bahkan pemerintah harus ikut turun tangan untuk mengedukasi trading, betapa sangat merugikannya sistem ini supaya korban tidak bertambah banyak. Namun, apa itu Binary Option? Mengapa bisa merugikan dan ilegal? Seperti apa cara kerjanya? Mari, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Binary Option

Binary Option merupakan sebuah skema bisnis finansial yang bukan menjadi hal yang baru di Indonesia. Bukan hanya ada di negeri kita saja, namun skema ini juga sudah terkenal di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Investopedia, Binary Option nantinya akan memberikan 2 pilihan pada trader untuk dipilihnya. Dari situlah lahirnya Binary Option. Sesuai dengan namanya Binary yang memiliki arti pilihan. Pilihannya yaitu ya dan tidak, serta dilakukan secara otomatis.

Dengan begitu, debit dan kredit pun dilakukan dengan otomatis di akun trader. Dua pilihan dan dua efek yakni kehilangan semua dana atau menerima pembayaran. Pemerintah melalui Bappebti telah mengkaji kembali dan memastikan kehadiran Binary Option ini ilegal.

Walaupun demikian, platform yang satu ini dan Olymp Trade, OctaFX hingga Binomo, masih selalu muncul iklan promosinya di sejumlah media sosial seperti YouTube, Twitter dan Instagram. Bahkan banyak influencer atau afiliator yang mempopulerkan platform ini guna mendapatkan korban baru.

Ternyata, awalnya Binary Option menjadi sebuah trading online, namun nyatanya platform ini merupakan judi online dengan kedok trading. Oleh sebab itu, legalitas dari Binary sangat dipertanyakan.

Cara Kerja dari Binary Option

Menebak nilai pada jangka waktu yang sudah ditentukan menjadi cara kerja dari Binary Option. Seorang “trader” nantinya akan diminta menebak nilai dari sebuah komoditas, apakah nilai tersebut akan turun atau naik dalam beberapa menit selanjutnya. Jika tebakan tersebut benar, maka Anda bisa memperoleh keuntungan sebanyak 60% sampai 90%.

Apabila salah, maka seluruh uang yang Anda pertaruhkan di transaksi tersebut akan hilang atau hangus. Selain itu, trader juga diberikan sejumlah pilihan yang dapat dipakai guna transaksi atau untuk ditradingkan, biasanya berbentuk komoditas, mata uang, kripto sampai saham.

Mengapa Binary Option Ilegal?

Harus Anda ketahui jika Bappebti secara resmi sudah menyatakan jika Binary Option ilegal, sebab tidak memiliki izin dalam semua hal dari Bappebti. Aktivitas ini dinyatakan ilegal menurut UU Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) Di pasal 1 angka 8 No. 10 tahun 2011 mengenai perubahan akan UU No. 32 tahun 1997.

Berhubungan dengan hal tersebut, pihak dari Bappebti akan mengantisipasi kegiatan ini yang menyebabkan kerugian untuk investor yang memakai platform trading. Selain itu, masyarakat juga dianjurkan jika ingin masuk dalam investasi, ada baiknya mengecek legalitas dari platform tersebut melalui website Bappebti di bappebti.go.id.

Bappebti sudah melakukan pemblokiran untuk 1.911 investasi ilegal pada sektor Perdagangan Berjangka Komoditi. Lalu, untuk masalah Binary Option sekitar 92 domain telah diblokir.

Tips Menghindari Penipuan Trading Abal-abal

Supaya Anda tidak tertipu, ada baiknya ketahui ciri-ciri dari seluruh bentuk trading abal-abal ini. Karena sebagian besarnya mempunya ciri-ciri yang sama, seperti:

  • Diklaim tidak memiliki resiko, dengan meyakini adanya pengembalian yang besar sampai ratusan persen dengan waktu yang singkat.
  • Pengguna nya tidak diizinkan melihat dokumen yang resmi dari investasi yang mereka miliki.
  • Strategi investasi dirahasiakan atau digambarkan sangat rumit untuk dijabarkan.
  • Dana yang sudah diinvestasikan sulit untuk diambil.
  • Alur pengembaliannya tampak konsisten. Padahal pasar tentunya sangat fluktuatif.

Yang sangat penting untuk Anda lakukan sesudah mengetahui ciri-ciri di atas yaitu mengecek legalitas dari platform tersebut di website Bappebti atau OJK. Apabila platform tersebut tidak terdaftar dalam OJK atau Bappebti, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk berinvestasi pada platform tersebut.

Pada dasarnya, Binary Option bisa dikenali bila Anda paham akan konsep skema ponzi atau money laundry. Kebanyakan modus ini selalu memanfaatkan keadaan pengguna yang kurang mempunyai pemahaman akan konsep money game.

You may also like