Home Tabungan Melihat Besar Suku Bunga Deposito dan Untung Rugi Investasi Ini

Melihat Besar Suku Bunga Deposito dan Untung Rugi Investasi Ini

by Greg Pascal
suku bunga deposito

Tren investasi berjangka kian banyak peminatnya, salah satunya investasi deposito. Meski demikian tren suku bunga deposito tidak stabil bahkan cenderung mengalami penurunan.  Sebab-sebab naik turun suku bunga deposito dapat dipengaruhi banyak hal. Di antaranya kebijakan yang diambil Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas perbankan. 

Kebijakan BI yang bisa menurunkan suku bunga seperti penurunan suku bunga bank Indonesia hingga langkah-langkah pelonggaran likuiditas. Selain itu kebijakan ekonomi negara juga dapat mempengaruhi suku bunga perbankan.

Suku Bunga Deposito Perbankan Terbaru

Pada tengah semester pertama tahun 2021 tren suku bunga deposito terus mengalami penurunan.

Seperti terjadi pada tiga bank besar di Indonesia berikut ini:

1. Suku bunga deposito BCA

Suku bunga deposito BCA (Bank Central Asia) berada pada angka 2,90 %. Angka tersebut turun dari sebelumnya yakni 3%. Besaran bunga tersebut berlaku untuk semua pilihan tenor baik satu bulan, 3, 6 hingga 12 bulan.

2. Suku bunga deposito Mandiri

Berikutnya bank mandiri, suku bunga deposito terbaru berada pada angka 3,25 % berlaku untuk semua tenor yang dipilih. 

3. Suku bunga deposito BRI

Kondisi tidak jauh berbeda pada Bank Rakyat Indonesia yang berada pada angka suku bunga deposito BRI sebesar 3,25 %. Berlaku untuk semua tenor deposito pada bank BUMN satu ini.

4. Suku bunga deposito BNI

Suku bunga deposito BNI berada pada angka 3,13% berlaku untuk semua tenor dan nilai simpanan. Lebih rendah dari sebelumnya.

suku bunga deposito

Baca Artikel Selanjutnya :

Mengenal Deposito Keuntungan dan Kerugiannya

Deposito merupakan bentuk investasi berjangka yang difasilitasi perbankan. Berbeda dengan tabungan debit, deposito memiliki keuntungan tersendiri serta ketentuan yang berbeda. 

Dari segi waktu penarikan, deposito tidak dapat dicairkan kapan saja seperti pada tabungan debit. Ada waktu tertentu sesuai kesepakatan yang dibuat, waktu pencairan tersebut disebut tenor. Biasanya pilihan tenor yang ditawarkan perbankan terdiri dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Sebelum memutuskan memilih deposito untuk investasi, ketahui dulu keuntungan apa saja yang diperoleh dari investasi deposito. Berikut di antara keuntungan investasi deposito yang perlu Anda tahu:

1. Memiliki jaminan keamanan

Menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan apalagi deposito dinilai lebih aman dibandingkan menyimpan di rumah. Perbankan yang resmi memiliki jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menjamin keamanan uang Anda yang disimpan di bank bahkan jika bank bangkrut, LPS yang bertanggung jawab atas uang Anda.

2. Minim risiko kerugian

Investasi deposito merupakan bentuk investasi yang sangat minim resiko kerugian, bahkan di saat kondisi ekonomi buruk dan suku bunga turun. Deposito tidak terpengaruh dengan pergerakan pasar membuat deposito lebih aman dari perubahan yang signifikan. Tidak heran jenis investasi ini dianjurkan bagi pemula yang belum pandai menempatkan uang di pasar saham.

3. Keuntungan dari pendapatan per tenor

Menginvestasikan dana untuk investasi saham memungkinkan untuk mendapat keuntungan tetap berupa pendapatan tiap jangka waktu tenor. Dana yang tersimpan dalam bentuk deposito memang tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. Namun keuntungan tiap tenor dapat langsung ditransfer ke rekening atau bisa ditambahkan ke dana deposito sesuai kesepakatan.

Selain memiliki keuntungan, sebagai bentuk investasi keuangan deposito juga memiliki kerugian atau kekurangan. Produk keuangan berupa investasi berjangka waktu ini dapat menimbulkan kerugian sebagai berikut:

4. Risiko tergerus inflasi

Menurunkan nilai mata uang terus atau disebut inflasi terus terjadi dan harus dihadapi. Kondisi ketika harga barang dan jasa semakin mahal, membuat nilai uang yang sama semakin berkurang nilai tukarnya. Hal ini membuat menyimpan uang dalam jumlah besar justru merugikan. Bunga deposito pun dinilai hanya menutup penurunan nilai sebab pendapatan  juga tidak besar.

5. Keuntungan bunga deposito cukup rendah

Dibandingkan keuntungan jenis investasi lain, deposito memiliki keuntungan dengan nilai yang rendah. Sebagai investasi yang minim resiko bunga yang didapatkan sebanding dengan risiko yang rendah. Karenanya jangan berharap keuntungan yang tinggi dari investasi berbentuk deposito, dari bunga yang ditawarkan saja masih dipotong pajak sesuai ketentuan.

6. Pemilik dana tidak terlibat

Menanam investasi dalam bentuk deposito tidak memungkinkan Anda ikut mengelola dana. Berbeda dengan misalnya berinvestasi dalam bentuk bisnis usaha, semakin besar untung usaha didapat semakin besar persentase keuntungan investasi. Begitu pula dalam investasi saham hingga reksa dana yang memungkinkan untuk terlibat. Sementara pada investasi deposito, Anda hanya bisa menerima keuntungan sesuai suku bunga deposito yang ditetapkan bank.

Begitulah tentang suku bunga deposito terbaru hingga untung rugi investasi deposito. Jika tertarik menanamkan dana untuk investasi, pahami dahulu kelebihan dan kekurangan setiap jenis investasi. Selain itu pilih bank yang tepat terpercaya dan memiliki jaminan dari LPS.

You may also like