Home Karier Mau Kuliah Manajemen? Cari Tahu Prospek Kerja Jurusan Manajemen Di Sini

Mau Kuliah Manajemen? Cari Tahu Prospek Kerja Jurusan Manajemen Di Sini

by Mas Abadi
prospek kerja jurusan manajemen

Untuk bisa meraih apa yang diimpikan, pendidikan bisa menjadi batu loncatan untuk meraihnya. Dan untuk kamu yang berencana untuk kuliah, kamu bisa memilih banyak sekali jurusan yang sesuai minat dan passion kamu. Jika tertarik untuk mengambil jurusan manajemen, maka cari tahu lebih dulu prospek kerja jurusan manajemen dalam ulasan berikut.

Apa Itu Kuliah Manajemen?

Bisa dikatakan jika jurusan Manajemen termasuk jurusan yang favorit di kalangan calon maba. Baik untuk yang jurusan IPA atau IPS sebelumnya bisa mengambil Manajemen saat di perkuliahan. Walaupun sudah populer, tetapi tidak semua mengetahui apa sebenarnya jurusan manajemen itu.

Hal pertama yang terbesit tentang jurusan ini biasanya ini adalah seorang manajer. Pandangan ini memang tidak salah, karena manajemen sendiri memang memiliki arti untuk mengatur ataupun memerintah orang lain guna melakukan pekerjaan. Walaupun sebenarnya kamu juga akan mempelajari tentang banyak hal lainnya.

Mulai dari pembuatan rencana, pemasaran, prosedur dalam bisnis, pengembangan strategi hingga perekrutan sumber daya manusia. Kamu juga akan mempelajari tentang keuangan yang juga masih jadi ranah manajemen. Menariknya, dalam jurusan ini ilmu yang kamu dapatkan akan bisa langsung diterapkan untuk sehari hari ataupun pekerjaan.

Sebenarnya, konsentrasi ilmu jurusan satu ini sangat luas dan kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu. Tentu tanpa mengesampingkan prospek kerja manajemen yang sudah kamu idam-idamkan. Kamu bisa mengambil konsentrasi manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan atau manajemen operasi.

Masing masing konsentrasi tentunya akan memiliki perbedaan sendiri. Seperti misalnya manajemen sumber daya manusia, yang fokusnya bukan hanya soal merekrut tetapi juga pemahaman pada SDA yang menjadi aset aktif milik perusahaan. Konsentrasi ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan ilmu psikologis di dunia bisnis.

Kenapa Harus Mengambil Jurusan Manajemen?

Mengambil jurusan manajemen, maka nantinya kamu akan menjadi salah satu pengendali roda perusahaan. Kamu yang memiliki kemampuan untuk mengatur manusia, berkomunikasi dengan baik dan juga bersosialisasi memilih jurusan ini sangat tepat. Apalagi jika didukung dengan kemampuan analisis dan kepemimpinan yang baik.

Dan perlu kamu jika dalam setiap bidang pasti membutuhkan tenaga ahli di bidang manajemen. Dengan begitu bisa Ilmu Manajemen dibutuhkan dalam setiap lini di sebuah perusahaan. Kamu yang mengambil jurusan ini juga akan sangat mudah untuk bekerja di bidang apapun, dengan prospek kerja lulusan manajemen yang begitu luas.

Peluang karir yang nantinya bisa kamu tuju juga akan semakin luas. Apalagi jurusan Manajemen memiliki sumber referensi yang sangat luas, kamu bisa belajar dari mana saja. Termasuk dengan memanfaatkan buku, jurnal ilmiah, internet hingga video youtube. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan yang tak kalah luas untuk mengembangkan diri di banyak bidang keilmuan.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Yang Menjanjikan

Peluang Kerja Jurusan Manajemen

prospek kerja jurusan manajemen

1. Accounting Manager

Kamu yang merupakan lulusan dari manajemen, bisa berkarya pada bidang keuangan dan akuntansi. Dimana accounting manajer ini nantinya bertugas untuk memastikan agar semua permasalahan keuangan di dalam perusahaan berjalan baik. Tugasnya adalah menyiapkan laporan keuangan hingga perpajakan. Gajinya tergantung dari jabatan yang kamu pegang.

2. Tenaga Pendidik atau Dosen

Kamu yang lulus dari jurusan Manajemen juga bisa menjadi seorang pendidik atau Dosen. Untuk menjadi dosen, kamu harus melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2. Sementara jika kamu menjadi pendidik, maka harus mengikuti PPG. Besaran gajinya mulai dari Rp 1,5 sampai Rp 5 jutan setiap bulan. Bahkan gaji ini bisa saja belum termasuk dengan tunjangan.

3. Konsultan

Berbagai perusahaan atau organisasi tentunya butuh konsultan. Dan kamu yang lulus dari manajemen bisa berkarir pada bidang ini. Seorang konsultan tugasnya adalah meningkatkan kinerja bisnis, memecahkan masalah hingga mendorong pertumbuhan pada sebuah perusahaan. Karena memiliki peran penting, tak heran jika gajinya bisa mencapai Rp 15 juta per bulan.

4. Human Resource Manager

Dalam sebuah perusahaan, mendapatkan sumber daya manusia yang unggul bukanlah hal yang mudah. Padahal semuanya membutuhkannya, untuk itu kamu bisa mengambil prospek kerja jurusan manajemen satu ini. Tugasnya sudah sempat dibahas sebelumnya, bahwa tidak hanya perekrutan saja. gajinya menggiurkan, mulai Rp 6 juta hingga Rp 12 juta tiap bulan.

5. Pengusaha

Kamu yang tidak ingin bergabung dengan perusahaan juga bisa menjadi seorang pengusaha. Mendirikan usaha rintisan yang kecil ataupun besar besaran bisa kamu lakukan. Ilmu yang kamu dapatkan dari bangku perkuliahan akan berguna. Soal gaji, tentu saja kamu bisa mendapatkan sebanyak banyaknya sesuai dengan omzet perusahaan kamu.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan manajemen yang bisa kamu jadikan tujuan nantinya saat lulus. Dengan mengambil jurusan ini, kamu bisa memiliki bidang kerja yang lebih luas dan dimanapun. Tetapi, pastikan kamu juga giat dalam belajar sehingga nantinya akan mudah untuk meraih pekerjaan yang diinginkan.

You may also like