Home Karier Mau Kerja di Korea Selatan? Ini Dia Syarat, Jenis Persyaratan dan Tips nya Biar Lolos

Mau Kerja di Korea Selatan? Ini Dia Syarat, Jenis Persyaratan dan Tips nya Biar Lolos

by Mas Abadi
Korea Selatan

Dapat bekerja di Negara Ginseng memang sangatlah menarik, apalagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga banyak. Sektor usaha di Korea juga sangat berkembang pesat, terutama pada pariwisata, kuliner dan kebudayaannya. Selain itu Korea merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh cukup besar pada ekonomi dunia, karena itu gaji di sana juga besar.

Syarat Bila Ingin Bekerja di Korea Selatan

Syarat bagi Anda yang ingin bekerja di Korea sebenarnya cukup mudah, karena yang diminta merupakan persyaratan standar, seperti. 

  1. Pria dan Wanita
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 38 tahun
  3. Ijazah terakhir, minimal SMP
  4. Tidak memiliki riwayat sakit Hepatitis, TBC, HIV dan lain sebagainya.
  5. Tidak memiliki masalah pada mata, seperti buta warna.
  6. Tidak memiliki masalah dengan negara.

Jenis Pekerjaan

Anda harus tahu, bahwa tidak semua warga negara asing cocok melakukan berbagai jenis pekerjaan di Korea Selatan. Karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja pekerjaan yang memang dibutuhkan disana dan apakah ada yang cocok.

Berikut dibawah ini adalah beberapa bidang pekerjaan yang biasanya banyak membutuhkan tenaga kerja di Korea Selatan :

  • Guru

Jika Anda memiliki minat di bidang mengajar. Anda cocok untuk menjadi seorang guru di Korea, karena di sana gaji tenaga pengajar merupakan yang paling besar. Untuk guru Sekolah Dasar saja, Anda dapat menerima upah US$ 78.000 atau setara dengan Rp 1.12 miliar dalam setahun.

Gaji tertinggi diterima oleh guru SMA, yaitu US$ 79.000 atau setara dengan Rp 1.13 miliar dalam setahun. Lalu, bila Anda adalah seorang pengajar bahasa asing, mereka akan menyediakan fasilitas tempat tinggal beserta perabotannya.

  • Akuntan

Jenis pekerjaan yang paling membuka dan membutuhkan karyawan di korea adalah bidang akuntansi keuangan. Upah yang diberikan juga sangat besar, karenanya pekerjaan ini memiliki banyak sekali peminat.

Perlu Anda ketahui gaji dari seorang akuntan merupakan peringkat ketiga dalam kategori penghasilan terbesar di Korea. Menjadi seorang akuntan Anda akan mendapatkan upah sebesar 7.500.000 KRW setara dengan Rp 90 juta dalam sebulan.

  • Teknik Pembangunan

Kebanyakan warga asing yang datang ke Korea untuk bekerja, bidang konstruksi serta pembangunan sebagai pilihan pekerjaan. Bila berbicara mengenai penghasilan, upah yang mereka terima adalah 9.897.500 KWR setara dengan Rp 100 juta dalam sebulan.

  • Perhotelan dan Pariwisata

Pada sektor pariwisata dan perhotelan di Korea Selatan saat ini sedang membutuhkan banyak sekali tenaga kerja, disebabkan oleh melonjaknya minat wisatawan dunia untuk berlibur ke Negeri Gingseng tersebut.

Pastry, tour guide dan mereka yang memiliki keahlian di bidang perhotelan sangatlah dibutuhkan pada sektor pekerjaan ini. Gaji yang diterima juga besar, yakni sebesar 5.000.000 KRW setara dengan Rp 60 juta dalam sebulan.

Faktanya, banyak sekali tour guide di Korea yang jago berbahasa Indonesia, jadi bila Anda tertarik menjadi pemandu wisata disana maka ini merupakan kesempatan yang baik.

  • Perawat Hewan Peliharaan

Anda suka hewan? Nah, salah satu pekerjaan yang banyak membutuhkan pekerja adalah sebagai perawat hewan peliharaan. Hal tersebut dikarenakan, mobilitas orang-orang yang sangat tinggi dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus peliharaannya.

Walaupun terkesan sepele, di Korea memiliki profesi sebagai perawat hewan upahnya terbilang besar, yakni sebesar 10 juta KRW setara Rp 100 juta dalam sebulan.

  • Konsultan Bisnis

Sama seperti negara-negara lainnya, menjadi seorang konsultan bisnis selalu menawarkan penghasilan yang fantastis. Termasuk di Korea Selatan. Apalagi di Negeri Gingseng tersebut saat ini terus mengalami peningkatan ekonomi yang hebat.

Sehingga membutuhkan banyak sekali jasa dari para konsultan bisnis. Penghasilan yang bisa Anda dapatkan sebagai seorang konsultan di Korea adalah sebesar 6.113.000 KRW setara dengan Rp 76 juta.

Tips Kerja di Korea Selatan

Tentunya cara kerja di Korea Selatan akan berbeda dengan negara lain, termasuk Indonesia. Jadi, bila Anda memiliki keinginan untuk bekerja di Negeri Gingseng tersebut, silahkan simak beberapa tips berikut ini :

  • Mempelajari dan Memahami Bahasa Korea

Bila Anda memiliki minat untuk bekerja di luar negeri, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari bahasa mereka dan memahaminya. Termasuk jika ingin menjadi seorang pekerja di Korea Selatan. Syarat wajib untuk dapat berangkat ke Negeri Ginseng adalah mengenal dan mengetahui minimal 2000 kata bahasa Korea.

  • Rajin Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Korea Selatan merupakan negara yang selalu membuka lowongan bagi warga asing. Jadi, bila Anda memiliki ketertarikan untuk bekerja disana, maka rajinlah mencari informasi melalui internet. 

Apabila telah menemukan pekerjaan yang Anda anggap cocok dan sesuai dengan kemampuan. Selanjutnya Anda harus menghubungi lembaga terkait dan menanyakan perihal apa saja yang seharusnya disiapkan untuk berangkat ke Korea.

  • Mengetahui dan Mempelajari Gaya Hidup Orang Korea

Perusahaan di negara mana pun, tidak akan mengambil resiko merekrut seseorang atau pekerja yang tidak memiliki pengetahuan tentang negara tempatnya bekerja. Misalnya mengenai gaya hidup, karena pada dasarnya setiap negara pasti memiliki sistem serta budaya yang berbeda-beda.

Karena itu, apabila Anda berhasil sampai pada tahap wawancara. Mereka tidak hanya akan bertanya tentang pengetahuan seputar perusahaan, namun juga akan menanyakan tentang negara tempat tinggal mereka. Jadi, cari tahulah sebanyak mungkin informasi mengenai Korea Selatan.

  • Persiapkan Fisik dan Mental

Apabila Anda berhasil mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Korea Selatan. Anda harus mempersiapkan diri dengan keadaan disana, contohnya cuaca. Seperti yang Anda ketahui, jika di sana mengalami pergantian musim lebih banyak dari Indonesia.

Di Korea memiliki 4 musim, yaitu musim panas, gugur, semi dan dingin. Karenanya agar nantinya Anda tidak mudah sakit, ada baiknya mempersiapkan diri baik dari segi kesehatan dan mental.

Itulah tadi persyaratan yang harus Anda penuhi apabila ingin bekerja di Negara Korea Selatan, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda supaya menjadi betah disana dan jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

You may also like