Home Tips Mau Jadi Pengusaha Sukses? Belajar dari Kisah Inspiratif ini

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Belajar dari Kisah Inspiratif ini

by Greg Pascal
pengusaha sukses

Pengusaha sukses telah menjadi inspirasi bagi anak muda di jaman serba teknologi seperti dan saat ini banyak contohnya terutama di Indonesia. 

Dengan memanfaatkan teknologi, bisnis mereka bisa berkembang dan maju, tentu saja diperoleh berkat ketekunan dan kegigihan serta mental yang kuat.

Biasanya orang yang berada di puncak kesuksesan punya pola dan cara berpikir berbeda dengan orang yang baru memulai atau meraih kesuksesan. Maka jika ingin sukses, bisa mulai dari merubah cara berpikir yang kuat dan prinsip teguh dalam membangun bisnis.

Ada banyak pengusaha Indonesia sukses yang mengawali karirnya dari nol, dengan tekad yang kuat serta ketekunan dalam berusaha mampu mengantarkan mereka menjadi pengusaha muda yang sukses, bahkan mampu meningkatkan ekonomi Indonesia.

Untuk bisa mencapai kesuksesannya, para pengusaha muda ini memiliki latar belakang dan target usaha yang berbeda-beda. Adapun para pengusaha tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Pengusaha Muda Sukses Indonesia

Berikut contoh pengusaha muda sukses asal Indonesia yang kisah inspirasi nya memicu anak muda untuk memulai usaha atau bisnis.

1. James Prananto (Kopi Kenangan)

James Prananto adalah salah satu pendiri Kopi Kenangan, bersama rekannya Cynthia Chaerunnisa dan Edward Tirtanata membangun bisnis dibidang minuman kopi susu yang rasanya khas dan digemari banyak pecintanya itu.

Hingga saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki kurang lebih 100 gerai yang tersebar di kota besar di Indonesia. Bahkan kabarnya, investor besar seperti Arrive pun tak segan menyuntikan dana untuk berinvestasi di Kopi Kenangan. Hebat bukan?

Kunci kesuksesannya terletak dari inovasi yang disuguhkan oleh James Prananto beserta rekannya, mampu menciptakan kopi susu dengan cita rasa khas dengan packing yang simple.

2. Dea Valencia (Batik Kultur)

Dea Valencia adalah seorang pengusaha dibidang fashion, pengusaha muda ini membangun bisnis berupa batik kultur, dimana dengan ide kreatif dan uniknya bisa membuat motif atau corak yang banyak diminati orang.

Desain yang simple dan punya model dengan gaya kekinian, sehingga cocok dikenakan oleh segala usia, inilah yang menjadi daya tarik batik kultur yang punya omset hingga ratusan juta per bulannya. Anda tertarik mengikuti jejaknya?

Kunci kesuksesannya terletak dari kreativitas yang ia tuangkan dalam batik kultur, ide-ide desainnya yang menarik membuatnya menjadi pengusaha muda sukses.

3. Reza Nurhilman (Maicih)

Salah satu pengusaha muda dan sukses di Indonesia ialah Reza Nurhilman, punya usaha dibidang cemilan atau makanan ringan yang diberi nama Maicih. Makanan ini berupa kripik yang dikreasikan dengan bumbu tambahan sehingga menjadi lebih menarik peminatnya.

Reza memulai usaha ini pada pertengahan tahun 2010, pada saat ini usianya baru 23 tahun. Dengan menggandeng produsen kripik lokal, ia kemudian mengkreasikan produk  tersebut, hingga omzetnya bisa mencapai Rp 7 miliar per bulan. Fantastis bukan?

Kunci kesuksesannya terletak dari cara berpikirnya, ia tidak membuka toko offline. Produknya dipasarkan melalui online atau sosial media yang hingga kini banyak peminatnya.

pengusaha sukses

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Hendy Setiono (Kebab Baba Rafi)

Hendy Setiono adalah pendiri Kebab Baba Rafi, bagi anda penikmat makanan khas Turki ini pasti sudah tidak asing dengan namanya. Harganya yang terjangkau ini membuat usahanya bisa tersebar hingga ke luar negeri.

Hendy mendirikan Kebab Baba Rafi pada tahun 2007, kemudian mulai ekspansi ke luar negeri seperti Malaysia, Filipina, Sri Lanka hingga China. Dengan modal Rp 4 jutaan, siapapun yang berminat di bidang usaha ini bisa membuka franchise. Apakah anda berminat?

Kunci kesuksesannya terletak dari kerja keras dan ketekunan, apa yang dikerjakan dengan kesungguhan pastinya akan membuahkan hasil, meskipun harus jatuh bangun.

5. William Tanuwijaya (Tokopedia)

Siapa yang tidak kenal dengan pendiri Tokopedia ini, ialah William Tanuwijaya. Berdiri pada tahun 2007, perusahaan ini akhirnya berhasil menyandang startup unicorn di Indonesia. Meskipun perusahaan ini sempat terhenti karena kurangnya suntikan dana.

Pada tahun 2009, Tokopedia kemudian mendapatkan bantuan dana, dan hingga saat ini bisa menjadi marketplace terbesar di Indonesia, dengan perkiraan nilai valuasi mencapai US$ 7 miliar.

Kunci kesuksesannya terletak dari mampu bangkit meski mengalami kegagalan. Dengan kerja keras dan punya kemauan untuk belajar dari pengalaman bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Cara Berpikir Pengusaha Muda Sukses

Kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja, asal mau kerja keras dan mau belajar dari orang-orang sukses. Biasanya orang sukses punya pola dan cara berpikir berbeda dari orang yang baru memulai usaha atau baru meraih kesuksesan. 

Hal-hal yang diterapkan orang sukses adalah perihal kedisiplinan, bahwa bagi mereka disiplin merupakan gaya hidup, kemudian setiap hambatan menjadikannya tantangan yang harus dipecahkan.

Begitu pula halnya dengan persaingan yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran, hingga ketika menemukan kegagalan itu merupakan awal dari kesuksesan.

Pengusaha sukses akan bertindak sesuai dengan prinsip dan kaidahnya, ketika meraih sesuatu akan dipikirkan secara matang terkait dengan pengambilan keputusan hingga mencari solusi untuk bisa bangkit dari kegagalan, serta akan berusaha dan pantang menyerah untuk terus mencoba hingga meraih kesuksesan.

You may also like