Home Investasi Mau Investasi di Pasar Modal? Ketahui Dulu Jam Perdagangannya

Mau Investasi di Pasar Modal? Ketahui Dulu Jam Perdagangannya

by Mas Abadi
investasi pasar modal

Pasar saham merupakan sebuah tempat atau wadah untuk bertransaksi jual-beli saham, kegiatan ini dilakukan melalui BEI (Bursa Efek Indonesia) yang bertindak sebagai pengelola. Penjual saham disebut dengan sekuritas dan pembelinya adalah investor.

Lalu, barang yang diperjualbelikan tentu saja saham dan memiliki banyak ketentuan atau aturan yang wajib dilaksanakan oleh para emiten juga investor. Sebenarnya pasar saham di Indonesia tidak hanya menjual saham saja, namun juga surat hutang atau obligasi, reksadana, ETF dan lain-lain.

Jenis-Jenis Saham di Indonesia

Pasar saham merupakan wadah bagi para pembeli dan penjual saham bertemu, selain itu juga ada profesi dan profesional yang memiliki kaitan dengan saham, misal broker, sekuritas dan pialang saham.

Di Indonesia sendiri, pasar saham dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

  • Pasar Reguler

Pasar reguler merupakan jenis pasar yang perdagangan sahamnya dilaksanakan secara tawar menawar dengan cara lelang continuous auction market yang dilakukan oleh anggota dari bursa efek lewat Jakarta Automated Trading System (JATS) yang transaksinya baru diselesaikan di hari ketiga setelah terjadinya bursa.

JATS adalah sistem perdagangan yang berlaku secara otomatis menggunakan komputer dan ini berlaku dalam melakukan jual beli saham. Pada pasar reguler, perdagangan sahamnya menggunakan satuan lot yang artinya dalam 1 lot sama dengan 100 lembar.

  • Pasar Tunai

Pada pasar tunai, perdagangannya dilaksanakan berdasarkan tawar menawar dengan cara lelang dan berkesinambungan oleh semua peserta bursa efek lewat JATS. Namun, transaksinya dilakukan secara cepat, yaitu pada waktu yang sama disaat transaksi bursa.

  • Pasar Negosiasi

Merupakan jenis pasar saham yang prosesnya dilaksanakan secara pribadi. Hanya antara pembeli dan penjual saja, tentu dengan negosiasi. Walau tidak dilakukan di bursa, tetapi transaksi ini akan tetap dalam pantauan yang hasilnya pun harus disepakati bursa. Karena pembelian saham tentunya melibatkan sejumlah uang yang banyak, maka untuk penyelesaiannya pun harus melalui negosiasi.

Jam Pasar Saham Indonesia

Bila Anda ingin membeli saham, pastikan untuk tidak melewatkan jam-jam perdagangan. Karena masing pasar memiliki waktu yang berbeda-beda, seperti berikut ini :

  1. Pasar Reguler, akan buka setiap hari Senin hingga Jumat. Jam operasionalnya dibagi menjadi dua sesi, yaitu :

Sesi pertama, dimulai dari pukul 9 : 00 hingga 11 : 30 WIB

Sesi kedua, dimulai dari pukul 13 : 30 hingga 14 : 59 WIB

  1. Pasar Tunai, akan buka setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 9 :00 hingga 11 : 30 WIB.
  2. Pasar Negosiasi, akan buka setiap hari Senin hingga Jumat. Jam operasionalnya dibagi menjadi dua sesi, yaitu :

Sesi pertama, dimulai dari pukul 9 : 00 hingga 11 : 30 WIB

Sesi kedua, dimulai dari pukul 11 : 30 hingga 15 : 15 WIB

Jadwal untuk pasar saham sendiri, khususnya pada pasar reguler memiliki sistem tersendiri, dengan dibagi menjadi tiga sesi yaitu pra pembukaan dan penutupan serta pasca penutupan. Kegiatan tersebut dilakukan selama hari kerja bursa.

Pada sesi-sesi tersebut yang dimulai dari pukul 08 : 45 hingga 15 : 15 WIB, para anggota akan melakukan penawaran untuk membeli atau menjual saham. Kemudian dilanjutkan proses pembentukan harga dan memunculkan harga penawaran baik dari penjual maupun pembeli berdasarkan price and time priority.

Cara Kerja Pasar Saham Indonesia

Transaksi penjualan dan pembelian saham yang terjadi pasar saham di Indonesia menggunakan sistem JATS NEXT-G dan hanya bisa dilakukan oleh para anggota Bursa Efek Indonesia yang merupakan peserta di Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). 

Anggota memiliki tanggung jawab kepada semua transaksi yang terjadi di bursa, baik untuk kepentingan nasabah maupun pribadi. Pada pasar saham juga ada istilah pasar sekunder dan perdana, yakni :

  • Membeli Saham pada Pasar Sekunder

Investor melakukan pembelian saham yang sudah dicatat dan diperdagangkan BEI. Caranya adalah investor lebih dulu menjadi nasabah dari salah satu perusahaan sekuritas atau broker saham yang juga anggota bursa efek.

  • Membeli Saham pada Pasar Perdana

Sebagai investor Anda dapat membeli saham sebuah perusahaan yang mencatatkan sahamnya perdana di BEI dengan cara mendatangi langsung IPO dan ikuti prosedurnya untuk bisa membeli saham tersebut.

Tetapi jika Anda telah menjadi nasabah di perusahaan sekuritas, maka Anda dapat memesan secara langsung serta membeli saham pada IPO, bisa juga melalui e-IPO.

Investasi di Pasar Saham Indonesia Menguntungkan

Pasar saham di Indonesia hingga saat ini masih memperlihatkan tren yang positif. Menurut data sebuah perusahaan sekuritas, pergerakan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami sebuah peningkatan hingga 83,12 persen pada 10 tahun belakangan.

Tentunya hal tersebut membuktikan jika pasah saham di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan. Maka, janganlah takut atau ragu untuk berinvestasi saham, karena dapat menjadi tabungan jangka panjang dengan keuntungan maksimal.

You may also like