Home Investasi Masih Pentingkah Memiliki Asuransi di Jaman Sekarang?

Masih Pentingkah Memiliki Asuransi di Jaman Sekarang?

by Mas Abadi

Memiliki asuransi bagi sebagian orang masih sangat penting untuk dimiliki. Meski demikian di zaman sekarang ini, apakah asuransi masih penting? Mengingat bahwa ada investasi lain yang masih menjanjikan. Tapi, ternyata ada beberapa alasan yang menguatkan bahwa hingga sekarang asuransi menjadi sangat penting. Dimana akan dijelaskan di bawah ini. 

Alasan Pentingnya Punya Asuransi Zaman Sekarang 

Dengan berkembangnya zaman seperti sekarang ini, masyarakat sudah mulai terbuka dengan berbagai jenis investasi. Dimana nyatanya asuransi pun masuk ke dalam investasi. Tapi, apakah asuransi di zaman sekarang ini penting? Lihat beberapa alasan di bawah ini kenapa asuransi sangatlah penting: 

Memberikan perlindungan lebih 

Pada dasarnya asuransi difungsikan untuk memberikan perlindungan lebih. Hal ini sendiri pun menjadi salah satu dasar kenapa asuransi harus dimiliki. Asuransi ada banyak jenisnya, mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan, jiwa, kecelakaan dan lain sebagainya. Dengan adanya asuransi, maka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan akan membantu Anda. 

Perlindungan terhadap dana kesehatan, pendidikan, jiwa dan lain sebagainya bisa membantu Anda agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Dengan adanya asuransi, maka Anda bisa menjalani hidup dengan tenang dan fokus terhadap pekerjaan serta kegiatan sehari-hari. 

Memastikan finansial tetap aman 

Ketika Anda sudah bergabung ke asuransi, maka Anda sudah mendapatkan perlindungan yang dibutuhkan. Misalnya Anda memiliki asuransi kesehatan, maka ketika Anda membutuhkan perawatan di rumah sakit, biaya akan dicover oleh asuransi. Dengan begini, Anda sudah tidak perlu lagi membayar biaya perawatan yang memang dikenal sangat mahal. 

Tidak hanya itu saja, jenis asuransi jiwa juga akan sangat membantu Anda di masa depan. Seperti yang sudah kita pahami bahwa umur tidak ada yang tahu. Apapun bisa terjadi kepada kita dan tentu saja keluarga yang ditinggalkan membutuhkan dana. Apalagi Anda adalah kepala keluarga. Sudah pasti memikirkan masa depan anak dan pasangan. 

Dengan asuransi jiwa, maka ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi setidaknya keluarga mendapatkan dana agar bisa melanjutkan kehidupan. Maka daripada itu, hingga sekarang asuransi masih sangat penting untuk banyak orang agar memberikan perlindungan terhadap finansial. 

Perencanaan keuangan lebih efektif

Asuransi juga memungkinkan Anda untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih efektif. Hal ini sendiri pun tentu akan memberikan banyak sekali manfaat kepada kehidupan Anda. Uang adalah hal penting bagi kehidupan, jika tidak bisa dikelola dengan baik, maka bisa jadi Anda akan mengalami kesulitan di masa depan. 

Tapi, dengan adanya asuransi ini, Anda akan dapat mengelola uang dengan lebih baik lagi. Karena Anda harus menyisihkan uang tiap bulan untuk membayar premi. Dengan begini pun Anda akan memahami dengan jelas apa saja yang penting dan perlu dibayarkan. Sehingga Anda pun secara tidak langsung menjadi orang yang waspada dalam menghabiskan uang. 

Asuransi tidak sama dengan investasi 

Nah, di awal tadi sempat dibicarakan akan masalah asuransi dan investasi. Dimana walaupun terlihat sama, tapi keduanya sangatlah berbeda. Investasi adalah hal terakhir yang harus Anda miliki setelah asuransi. Kenapa? Karena investasi membutuhkan kestabilan finansial agar mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Sedangkan untuk asuransi sendiri, Anda tidak perlu menunggu sampai keuangan stabil. Karena premi yang dibayarkan setiap bulan sendiri berbeda-beda. Sebut saja BPJS yang memberikan subsidi kepada masyarakat. Sehingga seluruh lapisan masyarakat pun bisa mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. 

Dari penjelasan tersebut, maka sudah dapat terlihat dengan jelas bahwa asuransi bukanlah investasi. Sehingga keduanya memiliki kadar kepentingan yang sangat berbeda. Apabila asuransi akan memberikan perlindungan lebih kepada beberapa aspek dan mencegah resiko. Sedangkan investasi memiliki resiko yang lebih tinggi. 

Asuransi adalah bukti tanggung jawab 

Asuransi menjadi sangat penting karena ini berhubungan dengan tanggung jawab. Dimana dengan memiliki asuransi, maka Anda sudah bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga. Apalagi jika Anda sudah memilih anak dan memberikan asuransi pendidikan agar mereka tetap bisa bersekolah tanpa ada masalah keuangan. 

Contoh di atas juga sama dengan jenis asuransi lainnya, dimana ini adalah tanggung jawab Anda agar keluarga dan diri sendiri serta aset tetap dalam keadaan aman. Sehingga di masa depan pun Anda tidak akan mendapatkan banyak kesulitan dalam urusan keuangan. Dengan asuransi beberapa resiko pun dapat diminimalisir. 

Demikianlah penjelasan akan betapa pentingnya asuransi di zaman sekarang ini. Dapat dikatakan bahwa masih ada poin-poin yang membuat asuransi masih harus dimiliki oleh masyarakat. Karena asuransi sendiri akan membantu Anda untuk mendapatkan perlindungan yang lebih baik dalam berbagai aspek. Sehingga Anda pun dapat menjalankan kehidupan dengan tenang dan aman, bahkan keluarga pun akan mendapatkan perlindungan yang sama. 

You may also like