Home Tips Manfaatkan Fitur WhatsApp Business, Ini Keuntungannya

Manfaatkan Fitur WhatsApp Business, Ini Keuntungannya

by Mas Abadi

Meski sudah dirilis sejak 2018 lalu, masih banyak pebisnis yang belum tahu fitur apa saja yang tersedia pada WhatsApp Business. Padahal beragam fitur yang ada bisa memberikan banyak keuntungan pada suatu bisnis.

Fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh bisnis skala kecil hingga industri-industri besar. Jika sebelumnya WhatsApp hanya digunakan untuk berkomunikasi, kini berfungsi juga sebagai alat pendukung dalam mengatur strategi bisnis. 

Nah artikel ini akan membahas fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business dan apa saja keuntungannya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Fitur WhatsApp Business 

Berikut ragam fitur WhatsApp Business yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis :

Profil Bisnis

Fitur yang ada pada WhatsApp Business ini memungkin para pelaku bisnis untuk mencantumkan segala informasi mengenai bisnisnya. Informasi tersebut mulai dari nama atau merek dagang, logo, kategori bisnis, email maupun situs website bisnis, hingga alamat.

Kamu juga bisa memberikan informasi terkait jam operasional bisnis. Sehingga konsumen tidak menghubungi kamu sewaktu-waktu di luar jam operasional yang sudah ditentukan.

Baik dari pebisnis maupun konsumen, fitur profil bisnis ini sangat membantu. Konsumen akan langsung mengetahui informasi dasar tentang bisnis kamu setelah berkunjung ke profil kamu. Sementara kamu juga tidak perlu repot memberikan informasi terkait profil bisnis kamu ke setiap konsumen.

Balas Cepat (Quick Reply)

Terkadang kamu akan mendapatkan pertanyaan sejenis secara berulang-ulang dari konsumen. Untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan konsumen, kamu bisa memanfaatkan fitur balas cepat.  

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membalas atau merespon konsumen dengan pesan yang sudah diatur sebelumnya.

Pesan Otomatis

Meskipun jam operasional bisnis sudah dicantumkan, terkadang ada konsumen yang tetap mengirimkan pesan di luar jam yang ditentukan. 

Agar pesan konsumen tetap terbalas, gunakan fitur pesan otomatis ini. Kamu bisa membuat sendiri template pesan untuk merespon konsumen. Biasanya berisi sapaan, informasi singkat mengenai bisnis, dan kapan kamu akan membalas pesan konsumen.

Katalog

Fitur katalog ini sangat membantu para pebisnis untuk menampilkan produk-produknya kepada konsumen. Dengan adanya katalog, konsumen juga lebih mudah untuk mengetahui produk apa saja yang kamu tawarkan.

Selain menampilkan foto produk, dalam fitur katalog juga bisa ditambahkan deskripsi produk, harga, tautan situs website, dan lain-lain.

Label

WhatsApp Business juga menyediakan fitur label untuk menandai konsumen. Sehingga kamu bisa membedakan mana konsumen baru, konsumen yang belum membayar, dan lain sebagainya. Dengan fitur ini kamu bisa lebih mudah untuk menemukan kembali chat maupun kontak konsumen sesuai labelnya. 

Keuntungan WhatsApp Business bagi Para Pebisnis

Bagi para pelaku bisnis akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika memanfaatkan fitur WhatsApp Business. Apa saja keuntungannya ? 

  • Meningkatkan Pelayanan

Dengan banyaknya fitur yang ada, kamu bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Karena aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membalas pesan konsumen secara otomatis dan merespon pertanyaan dengan fitur quick reply.

Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk terhubung secara real time dengan konsumen. Kepuasan tersebut tentu akan menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap bisnis kamu. 

  • Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Jika fitur-fitur yang tersedia pada WhatsApp Business dimanfaatkan dengan baik, maka efisiensi bisnis akan tercipta. 

Sebagai contoh, kamu bisa lebih menghemat waktu untuk mencari konsumen yang sudah ditandai dengan fitur label sesuai kategori. Sehingga kamu bisa langsung melakukan follow up pada konsumen potensial maupun konsumen yang belum membayar. 

  • Memudahkan Komunikasi Dua Arah dengan Konsumen

Aplikasi WhatsApp Business memberikan kesempatan kepada para pebisnis agar lebih mudah berkomunikasi dengan para konsumen. Karena konsumen pun sudah menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi sehari-hari. Sehingga memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan konsumen sekaligus menjalankan strategi marketing bisnis. 

  • Memperluas Jangkauan Konsumen

Apabila dioptimalkan dengan baik, WhatsApp Business bisa dijadikan media untuk memperluas jangkauan konsumen. 

Sebagai informasi, WhatsApp Business merupakan aplikasi terpopuler dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Jika berhasil menjangkau konsumen lebih luas, bisnis kamu akan semakin berkembang yang pada akhirnya memaksimalkan keuntungan. 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Terakhir, fitur ini mampu meningkatkan brand awareness konsumen. Akan semakin banyak yang mengenal bahkan selalu mengingat produk kamu. 

Segala informasi tentang bisnis kamu bisa didapatkan dengan mudah oleh konsumen melalui fitur yang ada di WhatsApp Business. Dengan inilah brand awareness bisa ditingkatkan. Semakin tinggi tingkat brand awareness, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

Itulah tadi informasi mengenai fitur yang ada di WhatsApp Business dan apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi ini. Semoga artikel di atas bisa menambah sedikit informasi yang bermanfaat untuk kamu.

  

You may also like