Home Perencanaan Manfaat Melek Finansial Bagi Anak-anak

Manfaat Melek Finansial Bagi Anak-anak

by Mas Abadi

Belajar untuk melek secara finansial adalah salah satu ilmu wajib yang perlu kita semua kuasai. karena dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari aktivitas keuangan.

Belajar tentang literasi keuangan dapat kamu mulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga kamu. Di jaman sekarang, sekarang melek secara finansial sangat penting dan bermanfaat. makanya, semua orang wajib belajar sedari dini termasuk anak-anak kamu.

Pentingnya Belajar Finansial Sejak Dini

Memberi edukasi soal finansial kepada anak-anak kamu sejak dini akan sangat membantu mereka dalam membentuk sikap, cara pandang serta mengelola keuangan di masa depan nantinya.

Dengan melek finansial sejak  muda, anak-anak kamu nantinya tidak akan kesulitan ketika harus mengambil keputusan soal keuangan, sehingga bisa membuat keputusan bijak yang membantu  mereka dalam kesuksesan finansial.

Mengajarkan Melek Finansial Kepada Anak

Usia anak-anak adalah usia dimana kebiasaan seorang anak sedang dalam masa pembentukan. Pada anak, masa seperti ini mereka akan bertumbuh dan berkembang pola pikirnya dengan mengamati lingkungan dan orang-orang sekitarnya yang mereka tiru.

Oleh karena itu, setiap tindakan kamu sebagai orang tua, saudara maupun teman akan membentuk kebiasaan mereka dan akan dibawa sampai mereka menjelang dewasa serta mempengaruhi pola pikir dan perilaku mereka kedepannya.

Dengan menanamkan literasi tentang finansial kepada anak kamu, secara tidak sadar kamu sudah membentuk pola pikir dan cara pandang mereka terhadap keuangan. Hal ini yang akan kemudian membentuk suatu kebiasan baik yang dapat membawa mereka kepada kesuksesan finansial.

Manfaat Melek Finansial Bagi Anak

Berikut ini beberapa manfaat mengajarkan literasi tentang finansial kepada anak sejak dini yang akan dirasakan ketika mereka besar nanti:

1. Membantu Anak Memahami Nilai Uang

Ketika anak diajarkan tentang finansial sejak dini, mereka akan sadar betapa pentingnya uang dalam keseharian mereka. Dengan begitu ketika mereka besar nanti mereka akan lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka.

Anak kamu perlu belajar, kalau uang tidak bisa dengan mudah didapatkan begitu saja. Karena dibutuhkan kerja keras untuk mendapatkan uang. Dengan membuat mereka sadar akan hal ini mereka akan lebih bijak ketika mengumpulkan uang di masa depan.

Anak-anak juga akan belajar untuk tidak boros terhadap uang. Ajari mereka belajar menyimpan uang dengan hal sederhana seperti membelikannya celengan agar mereka bisa belajar untuk menabung.

2. Anak Belajar Prioritas Dan Anggaran

Dengan belajar menabung, kamu juga bisa mengajarkan anak kamu untuk belajar menggunakan uang tabungan dengan bijak. Ajari anak cara menentukan kebutuhan, yang mana yang penting, yang mana yang kurang penting. 

Ketika mereka belajar tentang prioritas dalam kebutuhan, mereka juga akan belajar bagaimana menghitung anggaran keuangan. Semisal tabungan yang sebagian digunakan untuk membeli sepatu baru daripada digunakan membeli permen, coklat atau jajanan lainnya.

Dengan belajar anggaran keuangan sejak dini, ketika anak kamu beranjak dewasa dan sudah mempunyai penghasilan, mereka sudah akan terbiasa mengatur prioritas dan anggaran keuangan mereka karena sudah dilatih sejak kecil.

3. Anak Akan Mandiri Secara Finansial

Dengan mengajarkan literasi keuangan sedari dini ke anak kamu, ketika mereka dewasa nanti mereka akan cepat mandiri secara finansial. Kamu tidak perlu mengajarkan kembali tentang keuangan kepada mereka, karena kamu sudah mengenalkan tentang keuangan kepada mereka sejak mereka kecil.

Ketika mandiri secara finansial, mereka akan menjadi pengelola keuangan yang sukses. Karena mereka sudah belajar tentang menabung dan investasi, mereka juga belajar tentang prioritas kebutuhan, jadi mereka dapat menyusun anggaran keuangan secara efisien.

Ketika mereka mandiri secara finansial mereka sudah membuat langkah maju menuju kesuksesan finansial yang diimpikan banyak orang.

4. Menambah Wawasan

Ketika belajar soal literasi keuangan, secara otomatis anak kamu juga akan bertambah wawasannya mengenai bidang keuangan. Karena literasi keuangan biasanya dipenuhi dengan banyak istilah asing yang sulit, maka ketika anak kamu mempelajarinya itu bukan hanya akan menambah wawasan anak kamu, Tapi juga menambah kosa kata baru anak kamu.

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi dan mudahnya akses informasi, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak literasi tentang keuangan yang bisa kamu akses untuk kamu perkenalkan kepada anak-anak kamu.

Beberapa literasi tentang keuangan bahkan memang dibuat khusus untuk anak-anak agar anak-anak yang membaca lebih mudah memahami dan mengerti. 

Beberapa literasi anak ini, bahkan sudah disederhanakan dengan sedemikian rupa dengan ilustrasi yang menarik minat baca anak-anak, beberapa literasi bahkan dibuat semacam permainan interaktif yang bisa mengedukasi anak kamu sembari bermain dan berinteraksi. Kamu bisa mendapatkan ini semua dalam bentuk aplikasi ataupun berbentuk video dan animasi.

Demikianlah beberapa manfaat mengajarkan literasi tentang keuangan kepada anak kamu sedari dini. Melek finansial merupakan modal yang berharga buat kehidupan anak-anak kamu di masa depan. Jadi jangan ragu untuk mulai mengajarkan tentang keuangan kepada anak-anak kamu.

 

You may also like