Home Perencanaan Manfaat Manajemen Keuangan

Manfaat Manajemen Keuangan

by admin

Memiliki manajemen keuangan yang baik adalah tujuan semua orang ketika ingin memiliki perusahaan dengan tujuan berkembang dan meningkat setiap harinya, dengan tata kelola yang baik dan rapi, adanya manajemen keuangan akan memberikan dampak positif dalam kegiatan perusahaan di pasar bisnis. 

Manajemen dalam perusahaan dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dan teliti untuk mengelola bagian keuangan ini, supaya perusahaan tetap berkembang dengan keuangan yang memadai. Dalam mengambil keputusan tata kelola keuangan oleh manajemen keuangan akan mengandalkan data dari akuntan yang khusus memberikan informasi atau laporan keuangan, jadi manajemen keuangan memiliki beberapa ruang lingkup yang sangat penting untuk mengembangkan keuangan perusahaan yaitu kebijakan keuangan, kebijakan investasi dan kebijakan dividen atau laba.

Jadi secara harfiah manajemen keuangan adalah perilaku perencanaan, pengelolaan dan menyimpan lalu mengendalikan dana dan aset yang dimiliki oleh perusahaan. perencanaan manajemen keuangan harus memiliki tata kelola yang matang supaya tidak muncul masalah keuangan di kemudian hari.

Cara Memaksimalkan Tata Kelola Manajemen Keuangan

Masih adanya praktek penggelapan uang di area sensitif seperti marketing sampai pimpinan itu sendiri, lalu belum adanya pemisahan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis juga membuat manajemen keuangan mengaudit dana perusahan menjadi kesulitan, hal sepele ini harusnya dapat dihindari untuk kemajuan perusahaan tersebut, lalu bagaimana cara memaksimalkan manajemen keuangan yang baik? simak penjelasannya dibawah ini:

  1. Mengalokasikan Dana Pengeluaran Perusahaan
    Cara memaksimalkan manajemen keuangan yang pertama yaitu dengan mengalokasikan dana perusahaan pada bagian” memang membutuhkan terlebih dahulu, seperti bagian produksi dan sumber daya manusia. Hal ini dilakukan untuk mengukur kebutuhan keuangan yang dimiliki perusahaan dan menghindari penyalahgunaan uang perusahaan.

  2. Membuat Rekening Bisnis
    Membuat rekening terpisah dengan rekening pribadi dan rekening bisnis. hal ini wajib dilakukan jika ingin perusahaan memiliki tata kelola keuangan yang baik, karena jika masih memiliki uang perusahaan di dalam rekening pribadi akan membuat bagian akuntan yang akan audit keuangan menjadi bingung dan memberikan dampak negatif kedepannya.

  3. Membuat Proyeksi keuangan perusahaan
    Dengan membuat rencana anggaran dan mengawasi penggunaan dana perusahaan. Jika ada dana yang mungkin tidak membuat keuntungan perusahaan maka dapat dihilangkan lalu dialokasikan pada bisnis lain.

  4. Meningkatkan efisiensi Perusahaan
    Meningkatkan efisiensi sehingga penyaluran dana perusahaan pada bisnis yang tepat akan membuat perkembangkan perusahaan tersebut semakin meningkat dan bertahan dalam dunia bisnis lebih lama dalam lingkup yang kompetitif.

    Sebuah keputusan untuk mengembangkan bisnis perusahaan memang harus sangat berhati-hati karena jika ada kesalahan sedikit saja bisa membuat perusahaan bangkrut.

  5. Membuat laporan keuangan
    Cara memaksimalkan manajemen keuangan selanjutnya adalah membuat laporan keuangan, karena manajemen yang baik akan memiliki laporan dana keluar dan dana masuk yang pasti. Laporan dana tersebut bisa berbentuk laporan pembelian bahan produksi, operasional karyawan, sewa kantor lalu yang terpenting adalah laba yang dihasilkan dari bisnis perusahaan tersebut.

Manfaat Manajemen Keuangan

Memiliki manajemen keuangan yang baik adalah tujuan semua orang ketika ingin memiliki perusahaan dengan tujuan berkembang dan meningkat setiap harinya, dengan tata kelola yang baik dan rapi, adanya manajemen keuangan akan memberikan dampak positif dalam kegiatan perusahaan di pasar bisnis, lalu apa saja manfaat adanya manajemen keuangan? simak penjelasannya dibawah ini ya,

  1. Membantu Perusahaan untuk mengatur atau mengontrol keuangan
    Manfaat utama manajemen keuangan adalah dapat memberikan data setiap detail pengeluaran dan pemasukan keuangan yang ada di dalam perusahaan, maka akan mudah bagi pimpinan perusahaan untuk menentukan batas pengeluaran dan melihat pemasukan dalam perusahaan tersebut. Hal ini juga supaya dapat mensejahterakan semua bagian dari perusahaan.

  2. Membantu mengatur rencana Anggaran Perusahaan
    Manfaat selanjutnya dengan adanya manajemen keuangan dapat membuat recara matang Anggaran perusahaan yang diperuntukan pengeluaran dana operasional dan menentukan target yang harus dikejar untuk memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan.

  3. Membantu Perusahaan Menghindari pailit karena hutang
    Manfaat selanjutnya adanya manajemen keuangan yang baik dapat membantu merencanakan batas maksimum pengeluaran sehingga dapat mengetahui jumlah pemasukan yang ada didalam perusahaan dan berapa pengeluaran yang harus diatur supaya tidak membuat perusahaan menjadi memiliki hutang. Pola yang harus diterapkan supaya perusahaan tetap berkembang dan selalu meningkat adalah menghindari adanya hutang.

  4. Memberikan data Keuangan yang Konkrit
    Manfaat selanjutnya adanya manajemen yang baik dapat memberikan informasi berupa data yang dibutuhkan seperti aset bergerak, aset saldo. Dengan data yang konkrit pastinya akan memberikan efek pengingat bahwa tidak besar pasak daripada tiang dan perusahaan selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang untuk bisnis yang belum tentu memberikan keuntungan.

Nah, Jadi penjelasan diatas adalah beberapa macam manfaat dari manajemen keuangan yang baik untuk membantu mengembangkan bisnis suatu perusahaan.

You may also like