Home Perencanaan Berikut Manfaat Laporan Arus Kas

Berikut Manfaat Laporan Arus Kas

by Mas Abadi

Setiap kegiatan bisnis atau perusaahan wajib memiliki laporan arus kas atau disebut juga cash flow statement. Sebab, seluruh transaksi baik pemasukan maupun pengeluaran, tercatat dalam laporan tersebut. Laporan arus kas termasuk komponen penting untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Penyusunan laporan arus kas pada laporan keuangan perusahaan memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi para pelaku usaha namun juga para investor. Nah, di artikel ini kami akan membahas apa saja manfaat adanya laporan arus kas. Namun sebelumnya perlu diketahui komponen yang ada pada laporan arus kas.

Komponen Laporan Arus Kas

Baik perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang maupun jasa sangat memerlukan laporan arus kas. Di dalam laporan ini terdapat tiga komponen  yaitu arus kas bisnis atau operasi, arus kas investasi serta arus kas pendanaan atau pembiayaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Arus Kas Bisnis atau Operasi (Operating Activity)

Laporan ini adalah arus kas yang berasal dari semua transaksi yang berkaitan dengan kegiatan operasional. Arus kas operasi menjadi komponen yang paling pertama untuk disusun pada laporan keuangan.

Pada umumnya yang termasuk ke dalam komponen ini yakni penerimaan dari penjualan barang atau jasa dan pendapatan piutang. Itu semua menjadi arus kas masuk, sedangkan arus kas keluar terdiri dari pembayaran gaji, upah, tunjangan karyawan, pembayaran utang dan pajak, serta pengeluaran lainnya.

  1. Arus Kas Pendanaan atau Pembiayaan (Financing Activity)

Arus kas ini terdiri dari pengurangan maupun penambahan modal selama periode tertentu. Singkatnya, aktivitas pendanaan berasal dari semua aliran dana masuk bukan aliran dan keluar untuk pembiayaan operasional perusahaan. Contohnya penerbitan saham melalui IPO atau penawaran umum saham perdana, penerbitan surat utang atau obligasi maupun dari pinjaman bank.

  1. Arus Kas Investasi (Investing Activity)

Berbeda halnya dengan arus kas pendanaan, pada arus kas ini perusahaan justru akan mengeluarkan uang dengan harapan untuk dapat menambah pemasukan kas perusahaan di masa yang akan datang. Aktivitas yang termasuk pada arus kas investasi yaitu pembelian surat utang obligasi, saham, pembelian serta penjualan aset tetap dan investasi lainnya yang memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan.

Manfaat Laporan Arus Kas bagi Perusahaan

Adapun manfaat yang dapat diperoleh perusahaan maupun investor dengan penyusunan laporan arus kas yakni sebagai berikut :

  • Mudah untuk mengetahui laba bersih

Laba bersih atau net profit merupakan pendapatan yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya-biaya operasional seperti biaya produksi, insentif atau gaji karyawan, serta beban pajak penghasilan dan suku bunga. Karena laporan arus kas memuat seluruh transaksi pendapatan dan pengeluaran maka mudah bagi perusahaan untuk mengetahui laba bersihnya.

Dengan laporan arus kas juga dapat membantu perusahaan menemukan jika ada perbedaan antara jumlah laba bersih dengan arus kas. Caranya yakni dengan melakukan pemantauan pada laporan arus kas dari satu periode ke periode berikutnya.

  • Menjadi penentu keputusan manajer keuangan

Dengan mengetahui laporan arus kas, manajer keuangan perusahaan dapat menganalisa kondisi keuangan pada satu periode. Apakah sudah menunjukkan arus kas positif atau justru negatif. Perusahaan yang profitabilitasnya tinggi berarti arus kasnya positif. Sebaliknya, perusahaan yang mengalami defisif akan menunjukkan arus kas negatif. Setelahnya, manajer keuangan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk dilakukan di masa depan dengan melihat kondisi arus kas yang sudah dianalisa.

  • Menjadi evaluasi bagaimana kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya

Laporan arus kas juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar kemampuan perusahaan untuk membayar kewajibannya. Misalkan pembayaran pajak penghasilan, utang perusahaan, gaji karyawan dan kewajiban lainnya. Di dalam laporan ini terdapat informasi-informasi mengenai sumber uang perusahaan dan total uang yang dikeluarkan atau dibelanjakan. Sehingga akan diketahui apakah perusahaan mampu atau tidak mampu membayar kewajibannya.

  • Membantu calon investor dalam mengambil keputusan

Para calon investor lebih mudah dalam mengambil keputusan sebelum menanamkan modalnya di suatu perusahaan. Mereka akan menganalisa laporan arus kas perusahaan tersebut untuk mengetahui rate of return (RoR) atau tingkat pengembaliannya. Jika RoR suatu perusahaan tinggi maka hal itu dapat menjadi peluang yang bagus untuk para investor menanamkan modal. Semakin tinggi rate of returnnya, semakin banyak pula investor yang tertarik berinvestasi sehingga juga bisa meningkatkan aset perusahaan di masa depan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa laporan arus kas atau cash flow statement penting dan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan investor. Tanpa laporan arus kas, para pelaku usaha hanya dapat berspekulasi tentang keuangan perusahaan sehingga sulit untuk memperkirakan langkah yang tepat untuk memajukan perusahaannya dan bersaing dengan para kompetitor.

You may also like