Home Tips Berikut Manfaat Hidup Sederhana

Berikut Manfaat Hidup Sederhana

by Mas Abadi

Hidup dalam kesederhanaan itu bisa membuat hiduk kita lebih tertata. Apalagi di saat menghadapi keadaan yang tidak menentu seperti halnya pandemi covid-19 yang sudah berjalan 2 tahun ini. Jika kita terbiasa berfoya-foya dan memenuhi tuntutan zaman yang tidak ada habisnya maka sulit bagi kita untuk menghadapi situasi tak terduga seperti sekarang.

Sederhana tidak melulu soal menghemat uang atau membatasi konsumsi namun juga tentang cara kita berpikir. Sederhana itu juga membuat kita tidak terpaku pada hal-hal yang tidak begitu penting.

Dengan hidup sederhana bukan berati tidak bisa menikmati kehidupan, justru sebaliknya kita akan menemukan kebahagian yang sebenarnya. Karena tentunya kita akan terbiasa menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang kita butuhkan saja. Masih banyak manfaat hidup sederhana yang perlu kalian ketahui. Apa saja itu ? Berikut manfaat hidup sederhana yang bisa kalian dapatkan.

Beberapa Manfaat Hidup Sederhana

  1. Tidak lupa untuk terus bersyukur

Manfaat paling utama yaitu kalian tidak akan lupa untuk terus bersyukur. Dengan memiliki gaya hidup sederhana, kalian selalu merasa cukup dan tidak pernah kurang atas apa yang kalian miliki. Sebab masih banyak orang yang tidak pernah puas pada hidupnya dan terus mengharapkan lebih dari apa yang dimiliki. Hal tersebut bisa terjadi salah satunya karena tidak dibiasakan hidup dalam kesederhanaan.

  1. Fokus pada tujuan keuangan jangka panjang

Meskipun kalian memiliki penghasilan dan simpanan yang sangat banyak, tetaplah mencoba untuk hidup sederhana. Kenapa ? Karena dengan begitu, kalian akan lebih fokus untuk mencapai tujuan atau rencana keuangan jangka panjang yang sudah ditentukan. Sebagian penghasilan bisa kalian sisihkan untuk investasi misalnya atau membuka peluang usaha.

  1. Menghindari stres

Tidak dipungkiri, tekanan atau tuntutan dalam hidup itu bisa memicu stres. Maka dari itu, jika kalian sudah merasa stres ubahlah gaya hidup kalian selama ini sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Dengan menjadi lebih sederhana, hidup yang kalian jalani terasa menyenangkan karena tidak adanya tekanan untuk mengikuti gaya hidup orang lain.

  1. Keuangan lebih teratur

Menjalani gaya hidup sederhana, secara tidak langsung bisa membantu dalam mengatur keuangan setiap bulannya. Kalian akan lebih selektif ketika membelanjakan uang dengan melihat skala prioritas yang dibuat. Mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting bisa dihindari. Arus kas kalian lebih stabil sehingga keuangan pun menjadi sehat.

  1. Merasa nyaman dengan gaya hidup sendiri

Setiap individu pasti akan lebih bahagia jika bisa melakukan apa yang disukai dan membuatnya nyaman. Hidup sederhana bisa menjadi langkah terbaik untuk mewujudkannya karena kalian akan lebih menikmati hal-hal sederhana dalam hidup. Tidak perlu meniru apa yang menjadi gaya hidup orang lain sebab kalian pada akhirnya tidak akan mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya. 

  1. Menjadi lebih dermawan

Membiasakan diri hidup dalam kesederhanaan bisa mengajarkan kalian untuk menjadi lebih dermawan. Melihat orang lain bahagia sudah cukup membuat hati menjadi tenang dan ikut merasakan kebahagiaan tersebut. Berbagi itu tidak melulu soal materi tetapi juga bisa dari dengan memberikan perhatian kepada orang sekitar.

  1. Lebih mengenali diri sendiri

Kesederhanaan bisa memberikan waktu untuk kalian agar lebih mengenali dan memahami diri sendiri. Kesempatan tersebut memungkinkan kalian menemukan apa yang menjadi makna hidup serta merefleksikan diri. Kalian akan lebih fokus pada tujuan hidup yang direncanak dan tidak mudah terdistraksi dengan kegiatan yang tidak begitu penting. 

  1. Meluangkan lebih banyak waktu untuk orang sekitar

Amitai Etzioli pernah mengatakan jika kita berhenti menghabiskan waktu untuk mengejar materi, kita akan lebih fokus pada hubungan. Begitu juga dengan orang yang memiliki gaya hidup berlebihan, biasanya sibuk menghabiskan waktu untuk hal yang bisa menjauhkan diri dari orang sekitar contohnya aktif di media sosial. Menyederhanakan gaya hidup akan membuat hubungan kalian dnegan orang sekitar lebih intim dan berkualitas. 

  1. Bermanfaat bagi lingkungan

Apa hubungannya hidup sederhana dengan lingkungan ? Terbiasa memiliki gaya hidup yang sederhana bisa juga bermanfaat untuk lingkungan. Bayangkan jika kalian terus menerus membelanjakan uang secara berlebihan, limbah yang dihasilkan pun akan semakin banyak dan menumpuk. Jadi, mulailah hidup sederhana dengan mepertimbangkan dahulu dampak apa yang bisa ditimbulkan jika ingin membeli suatu produk.

  1. Menjadi lebih hemat

Manfaat hidup sederhana yang terakhir sudah pasti yakni kalian akan menjadi lebih menghemat pengeluaran. Menghindari konsumsi berlebihan juga bisa membuat kalian tidak terbiasa berhutang. Pengeluaran tiap bulan lebih terkontrol dan alokasi tabungan atau investasi akan lebih banyak.

Nah, itu tadi sepuluh manfaat hidup sederhana yang bisa kalian dapatkan. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana memang tidaklah mudah namun mengingat manfaatnya sangat banyak, tidak ada salahnya untuk dicoba.

You may also like