Home Uncategorized Manfaat Belanja buat Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Belanja buat Kesehatan Fisik dan Mental

by Mas Abadi

Belanja adalah sebuah kegiatan yang semua orang gemari tanpa terkecuali. Untuk berapa orang, baik laki-laki atau perempuan, kegiatan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan rasa bahagia. Apalagi sekarang kita sudah dimudahkan dengan adanya online shop, sehingga belanja tetap bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. 

Tetapi, tahukah Anda jika belanja tidak selalu memiliki efek negatif justru bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan fisik dan mental Anda? Untuk itu, mari lihat beberapa manfaat belanja untuk kesehatan mental berikut ini. 

  • Membuat mood membaik 

Mood selalu cepat berubah-ubah. Banyak hal yang sifatnya krusial sampai sepele dapat membuat mood Anda berubah dengan cepat. Saat membeli barang yang Anda inginkan, tubuh akan melepaskan endorfin sehingga memunculkan energi positif untuk tubuh Anda. 

Zat tersebut bisa membuat perasaan Anda jauh lebih baik dan juga memberikan ketenangan. Hasilnya mood Anda yang berantakan bisa kembali menjadi good mood lagi. 

  • Dapat mengurangi kecemasan 

Saat berbelanja baik online maupun offline tentunya didahului dengan memilih barang terlebih dulu, bukan? Dikutip dari psychologytoday.com, tahap visualisasi atau biasa dikenal dalam bahasa gaulnya yaitu cuci mata ini bisa mengurangi rasa cemas seseorang, lho! 

Pengalaman mata untuk melihat tampilan produk dengan warna, proporsi, dan letak yang ditata dengan baik bisa memberikan efek yang menyenangkan untuk Anda. Bahkan, indra yang lain juga ikut memberikan respon positif dengan adanya fasilitas lain, contohnya musik yang diputar. 

  • Mengurangi tingkat stres 

Tekanan dalam sosial, sekolah atau pekerjaan terkadang membuat Anda mengalami stres berat. Cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres yaitu dengan berbelanja. Bahkan, saat Anda hanya melihat-lihat atau cuci mata saja itu sudah dapat mengurangi stres. 

Kegiatan ini bisa melepaskan hormon dopamin yang ada di dalam tubuh Anda. Hormon dopamin tersebut membuat Anda lebih bahagia, maka sejenak Anda dapat melupakan berbagai masalah yang ada di hidup ini. 

  • Belajar self control 

Kegiatan berbelanja memposisikan Anda dengan beberapa pilihan. Keputusan untuk berbelanja atau tidak bisa melatih kontrol diri Anda terhadap lingkungan. Kemampuan self control sangat penting untuk kesehatan mental Anda. Orang yang mempunyai self control dengan baik lebih mudah untuk terhindar dari gangguan mental. 

  • Bisa membuat Anda lebih semangat 

Berbelanja selalu dihubungkan dengan rasa pencapaian, bukan? Saat Anda dapat membeli sesuatu maka munculah rasa puas dalam diri. Sehingga membentuk motivasi untuk dapat memperoleh lagi sesuatu yang Anda inginkan. Semangat tersebut yang akhirnya mendorong Anda untuk bekerja lebih keras. 

Fokus dan konsentrasi bisa meningkatkan produktivitas Anda, sehingga menjadi pertanda baik untuk kesehatan mental Anda. Karena selalu dihubungkan dengan menghambur-hamburkan uang, tetapi belanja tidak selalu memiliki konotasi negatif, lho! 

Belanja bisa membuat kesehatan mental Anda menjadi lebih baik. Tetapi, tetap dibutuhkan kontrol diri sehingga hal tersebut tidak dilakukan secara berlebihan. Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan mental Anda, ya! 

  • Membangun rasa percaya diri 

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda rasakan dari berbelanja yaitu bisa membangun rasa percaya diri Anda. Tentunya Anda baru mengetahuinya, bukan? 

Penelitian dilakukan guna mengetahui perasaan orang yang membeli lampu estetis daripada lampu fungsional. Nyatanya, seseorang yang membeli lampu estetis tersebutlah yang mengalami kenaikan kepercayaan diri dan pastinya sangat baik untuk kesehatan mentalnya. 

  • Memberikan otak istirahat 

Apakah Anda tahu bila berbelanja bisa memberikan otak istirahat sebentar? Dikutip dari Psychology Today, dijelaskan bila kegiatan santai ini relatif dilakukan tanpa perlu berpikir. Sehingga, otak bisa rehat sejenak dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental Anda. 

Bahkan, ketika pekerjaan sedang banyak, berjalan-jalan sebentar di mall atau melihat-lihat barang di online shop bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus dan Anda juga bisa membuat keputusan dengan baik. 

Jadi, kapan berbelanja sudah menjadi kegiatan yang bermasalah atau tidak baik lagi? 

Pastinya Anda harus memastikan bila belanja tidak menjadi sebuah hal yang candu sebab bisa memunculkan masalah besar, khususnya untuk keuangan Anda. Berbelanja dapat berpindah dari terapi perilaku menjadi perilaku kompulsif yang menjadi sebuah jalan untuk mengatasi stres kecemasan dan rasa kehilangan. Pastinya hal ini sulit dikendalikan. 

Kecanduan belanja mempunyai banyak istilah, seperti pembelian patologis, pembelian kompulsif dan gangguan pembelian. Keadaan ini mempunyai banyak kesamaan dengan masalah kontrol impuls lainnya, seperti kecanduan judi atau seks hingga narkoba. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda membuat batasan supaya tidak sampai menjadi candu. 

Nah, itu tadi ulasan tentang manfaat belanja yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Kesimpulannya adalah belanja bisa menimbulkan perasaan senang, khususnya membeli barang yang Anda inginkan sejak lama. Tetapi, jangan sampai aktivitas ini menjadi candu yang berbahaya untuk diri sendiri bahkan orang lain.

You may also like