Home Investasi Manakah yang Lebih Menguntungkan Investasi Saham atau Kripto

Manakah yang Lebih Menguntungkan Investasi Saham atau Kripto

by Mas Abadi
keuntungan saham dan kripto

Saham dan juga kripto adalah dua jenis instrumen investasi yang pasti berbeda. Akan tetapi, keduanya dapat menjadi opsi investasi yang menarik. Tapi akhir-akhir ini kripto menjadi lebih populer, sebab ini merupakan instrumen investasi yang dapat dikatakan kekinian.

Memilih investasi saham sebetulnya juga tidak kalah serunya. Seba, Anda dapat memperoleh keuntungan dari dua hal, yaitu dividen serta capital gain. Untuk dividen sendiri adalah pembagian sebuah keuntungan dilakukan oleh perusahaan yang mana keuntungan tersebut merupakan hasil dari perusahaan. Sedangkan, capital gain adalah selisih antara nilai beli dan nilai jual.

Akan tetapi, mana yang lebih menguntungkan antara saham dan juga kripto? Mungkinkan investasi saham lebih baik dari pada aset kripto? Agar lebih mengetahui lebih lanjut, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Mengenal Saham dan Kripto

Ketika memiliki niat untuk memilih investasi saham ataupun kripto, Anda sebaiknya mengetahui lebih dulu perbedaan antara saham dan juga kripto. Seperti berikut ini:

1.       Saham

Mengutip dari situs resmi dari Bursa Efek Indonesia, stock atau saham adalah salah satu pilihan instrumen pasar keuangan paling populer. Melakukan penerbitan saham adalah salah satu opsi perusahaan saat akan memutuskan untuk membuka pendanaan perusahaan. Di samping itu, saham adalah instrumen investasi paling banyak dipilih oleh orang-orang sebab saham dapat memberi tingkat keuntungan yang menggiurkan.

Saham bisa diartikan sebagai simbol penyertaan modal dari pihak atau seseorang dalam sebuah perusahaan ataupun PT. Dengan adanya penyertaan modal ini, maka pihak investor mempunyai klaim terkait aset perusahaan, pendapatan perusahaan, serta hak hadir di sebuah rapat umum pemegang saham atau yang disingkat dengan RUPS.

2.       Kripto

Jika sudah memahami definisi dari saham pada pembahasan diatas, berikutnya mengulas tentang kripto. Aset kripto akhir-akhir mamang sedang populer di tengah masyarakat.

Mengacu dengan Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti No. 5 tahun 2019, kripto sendiri diartikan sebagai suatu komoditi berupa digital aset atau tidak terwujud, memakai kriptografi, jangkauan peer-to-peer, serta buku besar didistribusikan, untuk mengatur menciptakan unit baru, verifikasi transaksi serta mengamankan segala transaksi tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.

Lain halnya dengan saham, dimana aset kripto semuanya berupa digital, yang berarti tidak dalam bentuk fisik. Pemilik aset kripto menyimpan aset berupa token di dalam e-wallet. Lalu, mereka bisa membeli dan menjual melalui pertukaran online.

Keuntungan dari Investasi Saham dan Aset Kripto

Untuk Anda yang memilih instrumen investasi entah itu saham ataupun kripto, diantara keduanya memiliki peluang untuk Anda bisa memperoleh keuntungan besar.

Secara umum, melakukan investasi saham akan ada dua keuntungan yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1.       Dividen

Anda dapat memperoleh dividen saat membeli ataupun mempunyai saham. Dividen sendiri adalah pembagian keuntungan dari perusahan yang mana berasal dari pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Umumnya, dividen ini diberikan setelah memperoleh persetujuan dari pihak pemegang saham pada rapat umum pemegang saham.

2.       Capital Gain

Saat Anda memilih investasi saham juga dapat memperoleh Capital Gain, yaitu selisih antara nilai beli dan nilai jual.

Capital Gain dibentuk dengan adanya kegiatan perdagangan saham pada pasar sekunder. Seperti contoh investor membeli sebuah saham ABC dan harga sahamnya 3 ribu lalu menjual kembali dengan harga  4 ribu, itu berarti pemodal memperoleh capital gain sebesar seribu per sahamnya yang dijual.

Sesudah membahas terkait keuntungan dari investasi saham, berikutnya akan dikupas juga keuntungan dari investasi kripto. Sama halnya dengan saham, kripto juga mempunyai potensi peningkatan nilai di masa akan datang. Tidak hanya itu, hadirnya teknologi blockchain bisa membuat proses transaksi mata uang digital semakin cepat, mudah dan aman.

Ketika berinvestasi kripto, Anda dapat terhindar dari tindakan pemalsuan uang sebab sistem blockchain membuat mata uang yang sama tidak dapat melakukan dua aktivitas transaksi yang berbeda. Anda juga dapat melakukan aktivitas jual beli tanpa harus menampilkan identitas.

Investasi Mana yang Jauh Lebih Menguntungkan?

Sebetulnya, tidak ada yang pasti terkait mana instrumen investasi paling menguntungkan baik itu saham ataupun kripto. Seluruh keputusan yang ada tergantung dari preferensi Anda sendiri. Terdapat berbagai macam variabel yang perlu diperhatikan serta kriteria yang dapat Anda jadikan acuan dalam pemilihan instrumen investasi serta menyusun strategi yang jitu.

Jika Anda tertarik bergabung dengan investasi kripto, Anda dapat melakukan pembelian saham di platform terpercaya yang saat ini sudah banyak dan informasi terkait platform tersebut juga bisa ditemukan dengan mudah.

Begitu juga dengan investasi saham. Saat ini investasi saham juga bisa dilakukan secara online berkat teknologi canggih yang membuat aktivitas dari investasi saham juga dapat dilakukan melalui platform digital. Jadi intinya, baik investasi saham ataupun aset kripto semuanya memiliki peluang dengan keuntungan yang tidak bisa ditebak mana yang lebih dan mana yang tidak.

 

 

 

You may also like