Home Perencanaan Manajemen Finansial untuk Capai Pensiun di Usia Muda

Manajemen Finansial untuk Capai Pensiun di Usia Muda

by Mas Abadi

Jenuh akan rutinitas kerja sehari-hari adalah hal yang wajar. Adanya tuntutan pekerjaan, konflik dengan atasan atau rekan kerja serta masalah lainnya yang akhirnya meningkatkan stres. Sehingga wajar jika semakin banyak yang ingin pensiun dini agar mengurangi tingkat stres. Ada juga yang memilih pensiun di usia muda karena ingin membuka usaha sendiri dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga. 

Siapa sih saat ini yang tidak ingin pensiun dini dan menikmati hasil jerih payah tanpa terbebani kerjaan ? Namun mungkinkah itu bisa tercapai di usia muda ? 

Pensiun di usia muda bukan hal yang tak mungkin. Kuncinya yaitu kamu bisa mengelola keuangan dengan baik. Nah, buat kamu yang masih merasa kebingungan, berikut ada beberapa tips mengelola finansial untuk mewujudkan pensiun dini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini !

Saatnya Capai Pensiun di Usia Muda

  • Utamakan Menabung Dan Berinvestasi

Sebelum kamu memutuskan untuk berhenti kerja, coba lihat kembali berapa banyak uang simpananmu. Karena saat kamu pensiun dini, itu artinya kamu akan kehilangan sumber penghasilan utamamu. 

Untuk mengatasinya, mulailah membiasakan diri dengan rutin menabung. Sisihkan sebagian gajimu untuk tabungan atau investasi setiap hari, minggu, maupun per bulan. Jangan fokus dengan nominal yang besar karena kamu bisa mengawalinya dari nominal paling kecil. Bangun kebiasaan menabung terlebih dahulu dan lakukan secara konsisten. 

Kini, kamu dimudahkan dengan kehadiran berbagai jenis tabungan dan investasi. Banyak pilihan produk investasi yang menarik dengan benefit serta resikonya masing-masing. 

  • Pertimbangkan Passive Income

Meskipun kamu masih punya penghasilan, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan passive income. Di mana kamu tetap bisa memperoleh penghasilan tanpa harus selalu aktif bekerja. Lalu, dengan cara apa saja kamu bisa memperoleh pendapatan pasif ?

  • Bisnis franchise atau waralaba
  • Bisnis sewa properti (Kos, apartemen, rumah, dan lain-lain)
  • Menjadi penulis buku 
  • Menjual hasil karya ke website khusus
  • Bisnis online
  • dan lain sebagainya.

Semakin banyak kamu mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber, maka semakin aman finansial saat pensiun dini nanti. Sehingga kamu masih punya sumber penghasilan meskipun memutuskan untuk pensiun di usia muda. 

  • Jalani Gaya Hidup Sederhana

Salah satu hal yang bisa membuatmu gagal untuk mencapai pensiun di usia muda yaitu sikap boros. Maka, usahakan mulai saat ini untuk menjalani gaya hidup sederhana. Hindari membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting, misalnya nongkrong di kafe, membeli barang branded dan belanja impulsif. 

Terapkan gaya hidup yang sesuai dengan kemampuanmu saja. Kebutuhan adalah hal paling utama untuk diprioritaskan daripada menuruti kemauan dan gaya hidup yang sifatnya hanya sementara. Untuk sesekali atau dua kali mungkin tidak masalah, yang penting kamu bisa fokus pada kebahagiaan dan tujuan panjang. 

Dengan kebiasaan tersebut, maka kamu akan lebih mudah dalam mengelola finansialmu setiap bulannya. Istilahnya tiap pengeluaran sudah on track sesuai dengan perencanaan. 

  • Siapkan Dana Darurat untuk Menghindari Utang 

Dalam hidup, sudah sewajarnya jika kamu pernah mengalami fase-fase  sulit. Ada kebutuhan-kebutuhan mendesak yang seringkali membuatmu kebingungan bagaimana mencukupinya. Nah, pada akhirnya utang menjadi satu-satunya alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal, jika kamu memiliki banyak utang maka sulit untuk bisa mencapai pensiun dini. 

Nantinya kamu akan merasa terbebani dengan utangmu di masa sekarang. Lalu, bagaimana cara yang tepat supaya persiapanmu untuk pensiun dini lebih matang ? Kamu bisa persiapkan dana darurat minimal tiga sampai enam bulan pengeluaranmu tiap bulan. Sehingga jika kamu mengalami kondisi tak terduga dan butuh uang untuk mencukupinya, maka bisa atasi dengan dana darurat. 

  • Buat Perencanaan untuk Masa Depan

Setiap orang pasti punya target yang ingin dicapainya di masa depan. Coba kamu pikirkan lagi, apa saja yang akan dilakukan saat kamu berhasil mencapai pensiun di usia muda. Kamu bisa menyusun perencanaan dan menetapkan target sekarang juga. Dengan begitu, kamu sudah punya gambaran tersendiri terkait masa depan. 

Sebagai contoh, alasan utama yang membuatmu ingin pensiun dini yaitu karena tertarik untuk membuka usaha sendiri. Tentu kamu akan butuh perencanaan dan strategi yang matang untuk bisa mewujudkannya. Karena jika berbicara soal bisnis, pasti kamu butuh menyiapkan modal yang tak sedikit. Dengan adanya perencanaan, kamu jadi lebih mudah untuk mengelola keuangan.

Demikian tadi 5 cara mengelola keuangan yang mungkin bisa memudahkan mencapai pensiun di usia muda. Hal yang terpenting untuk pensiun dini adalah dengan menyiapkannya dari sekarang juga. Kamu pun juga bisa pertimbangkan untuk memiliki produk asuransi. Sehingga kamu dan keluarga tetap memiliki perlindungan meskipun sudah tak lagi bekerja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, ya!

You may also like