Home Perencanaan Lebih Intim dan Sederhana, Berikut Rincian dan Biaya Dekor Pernikahan di Rumah

Lebih Intim dan Sederhana, Berikut Rincian dan Biaya Dekor Pernikahan di Rumah

by Mas Abadi
Harga Dekor Pernikahan

Di jaman sekarang, sebagian orang lebih memilih untuk melangsungkan pernikahan dengan tema yang sederhana dan intimate. Hal ini dipilih lantaran kehadiran dari orang terdekat dan keluarga membuat suasana terkesan lebih akrab dan sakral. Anda pun bisa melangsungkan pernikahan di rumah dengan harga dekor pernikahan yang juga lumayan terjangkau, simak ulasannya berikut ini.

Tema Dari Dekorasi Pernikahan yang Bisa Dipilih

1. Tema Tradisional Jawa

Salah satu tema pernikahan di rumah yang kerap kali dipilih oleh pasangan adalah tema tradisional. Tema satu ini masih banyak dipilih lantaran di dalam pernikahan tersebut, pasangan pengantin akan mengangkat nuansa tradisi dan budaya yang masih kuat. Contohnya saja, ketika anda ingin mengangkat tema Jawa, maka gebyok atau penyekat akan menjadi salah satu dekor yang digunakan.

Gebyok dapat dikatakan menjadi salah satu dekorasi utama yang ada di dalam pelaminan. Anda bisa menggunakan gebyok kayu yang terkesan sederhana namun tetap sakral. Selain gebyok, banyak juga calon pengantin yang ingin menggelar pernikahan outdoor dengan tema tradisional Jawa.

Disini, anda bisa menggunakan backdrop dengan nuansa batik sebagai pengganti pelaminan kayu. Selain itu, anda juga menambahkan meja meja dan alas bantal. Sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk duduk bagi tamu. Tentu saja dekor nikah satu ini akan membuat suasana menjadi sangat intimate dan hangat.

2. Tema Minimalis

Ketika anda memilih untuk melangsungkan pernikahan di rumah sendiri, tema minimalis juga menjadi salah satu pilihan yang pas. Hal ini dikarenakan tema ini tidak perlu untuk membutuhkan lahan yang luas di dalam penyelenggaraannya. Anda hanya perlu untuk menyiapkan kursi pelaminan dan kursi pendamping saja.

Kemudian, anda bisa menghias tiang tiang yang ada dengan dekorasi minimalis. Sebut saja seperti bunga bunga ataupun tanaman tanaman kering sehingga berkesan seperti rustic. Dengan tema tersebut, maka anda bisa menonjolkan sisi yang sederhana, namun tetap akan memberikan kesan pernikahan yang indah dan hangat.

3. Pesta Kebun

Apabila anda memiliki halaman yang luas, anda bisa mencoba untuk menghias dekor nikah anda dengan menggunakan tema pesta kebun. Pasalnya, ketika menggunakan tema ini anda bisa menyelenggarakan pernikahan di taman rumah. Selain itu, ketika anda menyelenggarakan pesta ini, banyak hiasan yang bisa untuk anda gunakan.

Sebut saja seperti untaian bunga, pergola, tanaman hias di setiap meta, dan tak lupa untuk menjadikan pesta pernikahan semakin cantik, anda bisa menggunakan garland. Namun, ketika anda di Indonesia pastikan untuk menggelar pesta ini ketika sedang musim kemarau bukan musim hujan.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip Apa Itu Dana Pensiun Lengkap Dengan Jenisnya

Biaya yang Dibutuhkan Untuk Dekorasi Nikahan di Rumah

Harga Dekor Pernikahan

1. Tanpa Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Ketika anda ingin melangsungkan pernikahan di rumah tanpa menggunakan wedding organizer, tentunya akan lebih murah. Namun, rasa lelah yang anda rasakan akan berkali kali lipat. Untuk biaya dekorasi pernikahan tanpa menggunakan WO ini berkisar antara 2 juta hingga 8 juta rupiah.

Hal ini tergantung dari seberapa sederhana dekorasi yang anda inginkan. Disini, anda perlu untuk mencari sendiri dekorasi vendor yang murah namun dengan kualitas yang bagus. Umumnya, vendor tersebut akan bisa anda temukan di teman satu circle anda sendiri, sehingga nantinya anda akan bisa mendapatkan harga yang murah, namun kualitas jempolan.

Selain itu, dengan menyelenggarakan nikahan sendiri tanpa menggunakan jasa WO, anda juga perlu untuk meminta bantuan keluarga dalam menyelenggarakan atau mendekornya. Anda bisa meminta bantuan keluarga ataupun teman terdekat sebagai orang untuk mengawasi jalannya acara.

2. Dengan Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Ketika anda ingin menggunakan wedding organizer untuk pernikahan anda, tentunya hal ini akan membuat anda sedikit bisa bernafas. Hal ini dikarenakan segala hal yang berkaitan dengan dekor bisa diselesaikan dan diberikan kepada pihak WO. Anda bisa memilih WO yang sesuai dengan budget biaya pernikahan dan konsep yang anda miliki.

Ada beberapa WO yang memang memiliki harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Untuk rinciannya sendiri, dengan WO kisaran 5 hingga 10 juta rupiah, anda pun sudah bisa mendapatkan dekorasi rumahan tipe standar. Pada tipe ini, anda akan mendapatkan pot bunga campur, taman depan yang didekor, serta photobooth.

Bahkan, anda juga akan mendapatkan dekorasi seperti standing flower sebanyak 4 buah, pintu masuk dengan simbol love, kotak uang berjumlah dua buah, karpet jalan yang biasa dan i buah penjor. Hal ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang bisa anda dapatkan karena anda tidak perlu kesana kemari untuk mencari vendor.

Harga dekor pernikahan memang akan naik setiap tahunnya. Namun, tak ada salahnya untuk anda yang berencana melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat bisa mempersiapkan budget untuk nikahan sederhana di rumah. Selain itu, penting untuk anda memilih dekorasi yang pas agar tamu yang datang tampak terkesan dengan konsep nikahan anda.

You may also like