Home Perencanaan Lebih Bijak Mana, Beli Rumah Kredit atau Cash?

Lebih Bijak Mana, Beli Rumah Kredit atau Cash?

by Mas Abadi

Tentu saja rumah menjadi kebutuhan pokok yang wajib Anda miliki. Tetapi, di zaman ini untuk membeli rumah pastinya bukanlah hal yang mudah. Sebelum Anda membeli rumah, terdapat banyak hal yang wajib Anda pertimbangkan lebih dulu, seperti kondisi, lokasi dan harganya. 

Dan masalah harga tersebutlah yang mengakibatkan timbulnya pertimbangan lainnya, seperti lebih menguntungkan membeli rumah kredit atau cash? Nah, sebelum Anda menentukan untuk menggunakan cara yang mana, yuk ketahui lebih dulu keuntungan dan kekurangan dari dua cara tersebut. 

Keuntungan Membeli Rumah Kredit 

Untuk beberapa orang, khususnya kalangan milenial, pastinya berpikir mustahil bila mereka dapat membeli rumah dengan tunai. Oleh sebab itu, kredit menjadi solusi yang tepat untuk dipilihnya. Lalu, apa saja keuntungan kredit rumah? 

  • Cicilan yang murah 

Sekarang banyak sekali kredit rumah yang bisa memberikan kemudahan untuk mencicil harga rumah dengan waktu yang panjang, mulai dari 10 tahun sampai 25 tahun. Tentu saja hal tersebut mempermudah Anda agar dapat mengelola tenor mana yang pas dengan pendapatan Anda setiap bulannya. 

  • Bunga rendah 

Banyak bank yang memberikan bunga rendah daripada lembaga keuangan lainnya. Untuk itu, pilihlah bank yang bisa memberikan Anda bunga rendah dan cocok untuk penghasilan Anda. Sehingga saat mengangsurnya Anda tidak akan keberatan. 

  • Masih dapat menabung

Saat Anda memilih untuk membeli rumah dengan mengangsurnya, berarti Anda tidak harus kehilangan aset atau uang dengan jumlah besar. Lalu, sisa uang yang Anda miliki dapat dialokasikan pada tabungan lainnya supaya tabungan Anda bisa terus bertambah. 

  • Terdapat asuransi 

Membeli rumah secara kredit pun umumnya dilengkapi oleh asuransi kebakaran dan asuransi jiwa yang bisa membebaskan Anda dari hal-hal yang tidak terduga saat mengangsur rumah. 

Kekurangan Membeli Rumah Kredit 

Sesudah tadi kita mengulas tentang keuntungan bila membeli rumah secara kredit, sekarang kita akan membahas kekurangan membeli rumah kredit. 

  • Bunga yang fluktuatif 

Bunga kredit umumnya dapat bertambah per tahunnya sebab mengikuti bunga fluktuatif. Hal tersebut cenderung bisa mengakibatkan kerugian untuk Anda yang kurang siap dengan adanya perubahan bunga dan membuat Anda harus membayar angsuran yang sangat mahal. 

  1. Total harganya lebih mahal 

Jika Anda memilih tenor yang lebih lama, maka harga yang dibayarkan juga semakin mahal. Berbeda bila Anda membeli rumah secara cash. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan kembali hal ini agar tidak merugi. 

  • Surat berharga menjadi jaminan 

Apabila Anda belum melunasi seluruh angsuran rumah tersebut, maka surat berharga yang berhubungan dengan rumah itu masih ada di bank dan tidak akan diberikan pada Anda yang belum melunasi angsurannya. 

  • Terdapat penalti 

Contohnya saja Anda telah mengambil angsuran dengan tenor selama 20 tahun, namun saat Anda telah menjalaninya selama 10 tahun dan ingin melunasinya lebih awal, maka umumnya Anda dikenakan biaya penalti dengan jumlah yang telah disepakati di awal perjanjian. 

Keuntungan Membeli Rumah Cash 

Membeli rumah dengan cash umumnya dilakukan oleh sebagian orang yang mempunyai penghasilan tinggi. Biasanya mereka membeli rumah dengan cash bertujuan agar dirinya terbebas dari sejumlah resiko keuangan nantinya. 

  • Tidak memiliki hutang 

Kredit rumah dengan jangka waktu yang lama menjadi hutang yang sangat besar dan wajib Anda bayar setiap bulannya. Selain itu, jumlahnya juga bisa memangkas uang bulanan Anda. Namun, sebaliknya bila membeli rumah cash, maka uang yang dimiliki dapat Anda alokasikan ke hal yang lainnya seperti investasi dan tabungan. 

  • Mempunyai aset berharga 

Apabila sewaktu-waktu Anda mempunyai kebutuhan yang mendesak dan memerlukan dana yang tidak sedikit, maka sertifikat rumah milik Anda dapat dijadikan sebagai jaminan sementara. 

  • Bebas biaya administrasi 

Jika Anda membeli rumah secara cash, maka Anda terbebas dari kewajiban membayar administrasi yang cukup memakan banyak dana. Biaya pengurusan dokumen juga dapat Anda temui bila membeli rumah secara kredit, berbeda jika Anda membeli rumah secara cash/ 

  • Lebih aman 

Hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu akan lebih aman jika Anda membeli rumah secara cash, sebab seluruh sertifikat bisa langsung Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari kecemasan akan surat berharga yang berpindah-pindah ke orang lain. 

Kekurangan Membeli Rumah Cash 

Harus Anda ketahui, jika membeli rumah cash juga memiliki kekurangannya seperti berikut ini. 

  • Memerlukan banyak dana 

Anda tentunya mengetahui, harga rumah sekarang selalu naik setiap tahunnya. Hal tersebut menjadi faktor penghalang untuk kalangan menengah membeli rumah. 

  • Resiko masalah ketika pembelian 

Sekarang para developer baru banyak bermunculan dengan semua penawarannya yang menarik. Tentunya Anda harus mewaspadai developer yang seperti itu saat ingin membeli rumah. Periksalah track record dan pengalamannya. 

Mempunyai rumah menjadi impian dari semua orang, membelinya secara kredit atau cash bisa Anda lihat dari kemampuan Anda untuk membeli rumah tersebut. Apapun caranya, yang penting jangan sampai membeli rumah bisa membebankan Anda, yang berakhir dengan berhutang. 

 

You may also like