Home Tips Lawan Covid-19 dengan Vaksin, Yuk Ketahui Jenis Vaksin di Indonesia dan Harganya

Lawan Covid-19 dengan Vaksin, Yuk Ketahui Jenis Vaksin di Indonesia dan Harganya

by Mas Abadi
Vaksin COVID

Seperti yang banyak ketahui akhir-akhir ini, dimana pemerintah sedang melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan bertahap, tentunya pihak pemerintah memiliki harapan dengan adanya kegiatan vaksinasi secara menyeluruh bisa mencapai kekebalan kelompok atau Herd Immunity.

Namun, tidak sedikit orang yang dirasa belum mengetahui apa itu vaksin, apalagi sampai bermunculan berbagai macam vaksin yang jenisnya lumayan banyak khususnya di Indonesia. Pada pembahasan kali ini akan diulas mengenai apa itu vaksin serta menjelaskan jenis-jenis vaksin yang ada di Indonesia serta harganya.

Mengenal Apa itu Vaksin Virus Corona

Vaksin adalah sebuah produk biologi yang mengandung antigen berupa mikroorganisme, dimana bagian yang dihasilkan sudah diolah sehingga sudah dinyatakan aman. Apabila diberikan ke manusia pastinya akan menciptakan kekebalan tubuh secara spesifik serta akan bekerja untuk beberapa penyakit tertentu.

Hadirnya vaksin tersebut akan diproses oleh tubuh sehingga seseorang yang sudah diberikan vaksin makan tubuhnya akan lebih terlindungi dan terhindar dari beberapa penyakit. Jika suatu saat terkontaminasi oleh penyakit tersebut, pada proses orang yang diberikan vaksin tidak akan mengalami fase sakit yang lama dan sakitnya pun tidak terlalu keras.

Penting untuk diingat yaitu vaksin bukanlah sebuah obat, peran vaksin adalah sebagai pendorong pembentukan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari paparan virus atau risiko sakit parah. Selama belum ditemukannya obat khusus pengidap virus corona, maka vaksin lah yang bisa menjadi langkah pencegahan virus corona.

Selain itu Anda juga harus menerapkan himbauan 5M yaitu Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan. 5M yang dihimbau oleh pemerintah ini adalah sebuah upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Jika dilakukan bersama-sama maka besar kemungkinan Indonesia bisa bebas dari ancaman Covid-19.

Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia dan Harganya

Berdasarkan ketetapan yang dibuat oleh pemerintah terkait jenis vaksin virus corona Kemenkes menerbitkan beberapa varian vaksin yakni Moderna, Sinovac, Sinopharm, Novavax, AstraZeneca dan Pfizer. Saat ini vaksin tersebut sudah tersedia di Indonesia, berikut penjelasan lengkap beserta harga dari masing-masing vaksin, antara lain:

1.       Vaksin AstraZeneca

Pertama ada Vaksin AstraZeneca telah ditetapkan pemerintah pusat dan dihargai 110 ribu dengan dosis 0,5 miligram, usia penerima antara 18 sampai 84 tahun. Sementara, jarak antara vaksinasi pertama hingga kedua selama 8 sampai 12 minggu, tingkat efikasinya 63,9%.

Efek samping yang ditimbulkan, berupa lelah, demam, nyeri, mual, tubuh menggigil sampai bengkak di area yang disuntik

2.       Vaksin Novavax

Vaksin Novavax tersebut dibanderol dengan harga 150 ribu dan usia penerima antara 18 sampai 84 tahun, dosisnya mencapai 0,5 ml. Jarak vaksinasi pertama hingga kedua yaitu 21 hari. Untuk tingkat efikasi dari vaksin tersebut sebesar 90%.

Efek samping yang ditimbulkan berupa mual, nyeri otot, sakit kepala, lelah, nyeri, muntah hingga bengkak di area yang disuntik.

3.       Vaksin Sinovac

Vaksin berikut ini merupakan jenis vaksin pertama masuk ke Indonesia dan pihak pemerintah telah menentukan harga dari vaksin Sinovac yaitu sebesar 240 ribu yang akan diberikan ke warga Indonesia dengan rentang usia 18 sampai 59 tahun dan dosisnya 0,5 miligram. Jarak vaksinasi pertama dan kedua yakni 14 hari. Vaksin satu ini mempunyai efikasi sebesar 65,3%.

Efek samping yang ditimbulkan berupa mual, nyeri otot, lelah, sakit kepala, demam, nyeri muntah hingga bengkak di area yang disuntik.

4.       Vaksin Pfizer

Jenis vaksin satu ini, pemerintah juga sudah menetapkan harganya yaitu sebesar 350 ribu dan dosisnya 0,3 miligram dan bisa diberikan untuk masyarakat berusia 18 sampai 59 tahun.  Jarak antara vaksinasi pertama dan kedua antara 3 sampai 4 minggu.  Untuk tingkat efikasi vaksin Pfizer sebesar 95%.

Efek samping yang ditimbulkan berupa sakit kepala, lelah, nyeri menggigil serta bengkak di area yang disuntik.

5.       Vaksin Moderna

Jenis vaksin berikut ini untuk harganya sudah ditetapkan juga yakni sebesar 505 ribu dan peruntukan untuk warga yang berusi 18 sampai 55 tahun, dan dilakukan sebanyak 2 kali injeksi yang masing-masing 0,5 miligram. Jarak vaksinasi pertama dan kedua selama 28 hari. Tingkat efikasi vaksin moderna sebesar 94,1%.

Efek samping yang ditimbulkan berupa sakit kepala, lelah, nyeri, menggigil hingga bengkak di area yang disuntik.

6.       Vaksin Sinopharm

Berikutnya adalah vaksin bernama Sinopharm yang harganya sebesar 880 ribu. Vaksin tersebut diperuntukkan bagi masyarakat dengan usia 12 sampai 59 tahun dan dosisnya 0,5 miligram. Dilakukan sebanyak 2 kali injek. Jarak antara vaksinasi pertama dan kedua selama 28 hari. Untuk tingkat efikasi dari vaksin Sinopharm yaitu 79%.

Efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin Sinopharm terbilang jarang, sekalipun ada efeknya dimunculkan terbilang ringan contohnya nyeri otot, batuk dan sakit kepala.

 

 

 

You may also like