Home keuangan Langkah Sehat Finansial di Akhir Bulan

Langkah Sehat Finansial di Akhir Bulan

by admin

Mengatur finansial agar dapat cukup sampai akhir bulan adalah hal yang selalu diusahakan semua orang. Tetapi tidak semua orang dapat melakukannya karena pola hidup yang terlalu konsumtif. Orang orang yang cenderung konsumtif ini akan sangat banyak melakukan pengeluaran diluar kebutuhan pokok. Jadi banyak pengeluaran yang seharusnya tidak keluar tetapi karena gaya hidup itulah yang memaksa agar terus keluar. 

Untuk itu, dampak yang diakibatkan dari gaya hidup terlalu konsumtif jne pengeluaran yang terjadi sangat tidak terkendali. Dan seringkali membuat financial setiap bulannya menjadi bincos bahkan tidak cukup untuk menyambung hidup sampai akhir bulan atau gajian berikutnya. Agar tidak semakin berakibat fatal sebaiknya kamu perlu mengurangi pola hidup yang konsumtif jni. Dengan begitu finansial mu juga akan lebih sehat sampai akhir bulan.

dibawah ini terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar memiliki finansial yang sehat walaupun di akhir bulan.

4 Tips Membuat Finansial Sehat Sampai Akhir Bulan

  • Alokasikan 50% Pendapatan Untuk Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok manusia pada saat ini nampaknya sudah semakin bermacam macam. Tidak hanya makanan saja, tetapi saat ini berkat media digital yang tak terlepas dari kehidupan manusia juga memberikan dampak pada masalah finansial. Setiap bulannya orang orang harus mengalokasikan dana tersendiri khusus untuk kebutuhan internet. Mulai dari pembelian pulsa, kuota internet, dan lain sebagainya. 

 

Selain itu juga terdapat rumah yang dipasang sinyal wifi dan wajib dibayarkan setiap bulannya. Untuk dapat memenuhi semua kebutuhan pokok ini memang seharusnya kamu mengalokasikan setengah pendapatan mu. Setelah semua kebutuhan pokok ini dapat terpenuhi dengan baik, baru kamu dapat membuat anggaran dana untuk kebutuhan lainnya. Misalnya seperti kebutuhan hiburan seperti nongkrong atau belanja. 

 

Tetapi untuk anggaran tersebut juga kamu buat dengan sebijak mungkin dalam artian tidak terlalu besar. Peioritaskan untuk kebutuhan lainnya jika sekiranya pada bulan tertentu kamu dalam kondisi baik yang tidak terlalu membutuhkan untuk pergi nongkrong di luar. Misalnya seperti untuk tambahan menabung, agar target menabung mu juga lebih cepat terkumpul.

  • Catat Semua Pengeluaran

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membuat financial mu tetap sehat sampai akhir bulan adalah dengan mencatat semua pengeluaran yang telah kamu lakukan. Dengan mencatat semua pengeluaran nantinya kamu akan dapat melihat kembali kemana saja  uang yang telah kamu keluarkan. Kamu juga dapat meminimalisir pembelian barang yang sebelumnya sudah dibeli. 

 

Yang terpenting dari mencatat semua pengeluaran mu adalh untuk melakukan evaluasi di akhir bulan. Jadi kamu akan dengan mudah melihat dimana letak kesalahanmu dalam mengelola keuangan. Dan untuk kedepannya kamu punya pengingat tersendiri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Ya , walaupun mencatat semua pengeluaran sampai detail adalah hal yang malas. Tapi kamu harus sebisa mungkin  melawan rasa malas itu demi finansial yang semakin baik kedepannya.

  • Buat Dua Akun Rekening

Membuat dua akun rekening atau lebih adalah tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat finansia mu tetap sehat sampai akhir bulan. Jadi setiap awal bulan kamu harus telah membuat anggaran belanja mu terlebih dahulu. Setelah membuat anggaran tersebut baru kamu pisahkan uang tersebut ke dalam rekening yang berbeda. 

Rekening pertama dapat kamu buat khusus untuk tabungan atau dana lainnya yang sekiranya tidak boleh kamu gunakan jika tidak kepepet. Dan rekening kedua dapat kamu gunakan untuk melakukan seluruh pengeluaran. Jadi dari situ juga dapat terlihat kemana saja uang mu perginya. Jika masih bingung juga kamu dapat meminta rekening koran pada bank. Jadi kamu dapat melihat semua pengeluaran mu hanya dari rekening koran tersebut.

  • Alokasikan 30% Untuk Dana Tabungan

Setelah mengalokasikan 50% untuk kebutuhan pokok selanjutnya kamu dapat mengalokasikan 30% lagi untuk ditabung. Tabungan ini juga dapat kamu bagi sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama khusus untuk tabungan jangka panjang misalnya untuk membeli kendaraan atau hunian kedua jangka pendek yang sekiranya untuk kebutuhanmu dalam waktu dekat dalam rentan 6 sampai 12 bulan. Dengan memiliki dana tabungan juga kamu akan merasa hidup lebih aman dibandingkan tidak memiliki dana tabungan sama sekali. 

 

Terlebih di setiap akhir bulan yang kebanyakan orang orang telah kehabisan dana. Jadi kamu juga dapat memakai tabungan jangka pendek jika hal tersebut terjadi dan tidak sampai melakukan hutang. Finansial mu juga akan jauh lebih sehat karena setidaknya dengan dana tabungan kamu akan tetap dapat mencukupi kebutuhan sampai akhir bulan. 

 

Tapi pastika juga kamu menggunakan dana tabungan ini untuk kebutuhan yang benar benar mendesak. Bukan untuk kebutuhan hiburan atau belanja barang yang sekiranya tidak terlalu berguna.

 

 

You may also like