Home Tips Langkah Mudah Terbebas dari Pinjaman Online yang Terkadang Mencekik

Langkah Mudah Terbebas dari Pinjaman Online yang Terkadang Mencekik

by Mas Abadi

Majunya teknologi di zaman sekarang terutama dalam bidang keuangan melahirkan banyak financial technology atau biasa yang kita kenal dengan nama fintech. Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah pinjaman uang tunai dengan persyaratan yang mudah. 

Tapi kehadiran fintech yang menjadi solusi terutama dalam hal keuangan, jika tidak dimanfaatkan dengan bijak akan bisa menjadi sesuatu yang kehadirannya justru merugikan kalau tidak diperhatikan dengan baik. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk sesuatu yang konsumtif.

Bijak Pinjol

Maka dari itu, kamu perlu belajar mengetahui bagaimana cara untuk melunasi pinjaman online jika kamu pernah meminjam lewat pinjol. Mudahnya pinjaman online, membuat banyak orang tergiur untuk melakukan beberapa pinjaman sekaligus yang tanpa sadar membawa mereka ke dalam jebakan utang.

Akhirnya, banyak orang yang terjebak dalam hutang pinjol dan mengalami kesulitan dalam melunasi pinjaman mereka. Apabila kamu mengalami masalah hutang dari pinjol, segeralah berusaha untuk mencari jalan keluar agar hutang pinjol kamu bisa cepat selesai.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan kalau terjebak hutang pinjol:

1. Tetap Bertanggung Jawab

Ketika kita diperhadapkan pada hutang, biasanya respon kita adalah panik. Ketika panik, biasanya orang banyak yang lari dari tanggung jawab untuk membayar hutang akibat pinjaman. Akhirnya kita menjadi buronan dari debt kolektor yang mengejar kita untuk menagih pinjaman. Tetapi biar bagaimanapun, hutang tetaplah hutang dan sudah seharusnya kamu bertanggung jawab untuk melunasinya.

Menghindari debt kolektor dan lari dari tanggung jawab hanya akan membuat kamu semakin terperosok dalam hutang dan bunga yang semakin bertambah. Maka dari itu, supaya kamu tidak semakin tenggelam dalam masalah, tunjukan niat baik dan tanggung jawab kamu untuk melunasi hutang yang ada.

Komunikasikan kondisi kamu ketika debt kolektor datang untuk menagih pinjaman. Gunakan juga fasilitas komunikasi yang ada di aplikasi pinjol seperti email atau wa chat untuk menunjukan itikad baik kamu yang berniat menyelesaikan hutang kamu alih-alih lepas tanggung jawab.

2. Gunakan Sisa Aset Kamu

Ketika kamu terjebak dalam pinjol, janganlah buru-buru panik dan stress, tenangkan diri kamu dan mulailah menyusun rencana dan mencari jalan untuk menyelesaikan masalah pinjol kamu. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan aset yang kamu punya saat ini.

Mulailah menghitung aset kamu yang dapat menjadi dana segar untuk membantu melunasi pinjol kamu. Contoh beberapa aset yang bisa kamu jual untuk menjadi dana segar seperti, mobil, motor, sepeda, barang elektronik, sampai logam mulia. Hitung dan estimasikan, lalu atur dengan bijak untuk melunasi pinjol kamu dengan dana segar dari hasil penjualan aset kamu.

3. Meminta Bantuan Keluarga

Setelah kamu menghitung aset kamu dan menjual beberapa aset kamu untuk mendapatkan dana segar untuk melunasi pinjol, sekiranya dana yang dibutuhkan masih kurang, solusi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta bantuan dari keluarga terdekat kamu agar mau meminjamkan uang mereka untuk membantu kamu.

Memiliki hutang pinjol memang bukan hal yang baik bahkan tak jarang menjadi aib yang memalukan. Tetapi ketika keadaan sudah semakin sulit, tidak ada salahnya kamu jujur dengan keluarga kamu perihal kesulitan kamu. Terbukalah untuk membicarakan situasi dan kondisi keuangan kamu. Dan jangan lupa juga bantuan yang  mereka berikan masih bersifat pinjaman, jadi sudah seharusnya ketika kondisimu keuangan kamu membaik, kamu wajib mengembalikan pinjaman tersebut.

4. Menghemat Pengeluaran 

Agar hutang pinjol kamu bisa terselesaikan dengan segera, kamu juga harus mulai menghemat pengeluaran kamu. Dengan kamu menghemat pengeluaran kamu, kamu akan dapat menyisihkan tambahan dana untuk dapat melunasi pinjol kamu. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berhemat antara lain, membawa bekal sendiri dari rumah alih-alih makan di luar kantor untuk menghemat biaya makan siang kamu, menggunakan transportasi publik, mengurangi anggaran untuk hang out di waktu akhir pekan, berhenti berlanggan hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan seperti keanggotaan di gym, dan lain sebagainya.

Selain berhemat, kamu juga bisa menambah penghasilan kamu dengan mencari usaha sampingan atau side hustle. Banyak peluang untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan kamu.

Beberapa usaha bahkan bisa dimulai dari rumah dan di akhir pekan tanpa mengganggu jam kerja kamu. Bahkan beberapa pekerjaan sampingan hanya membutuhkan modal smartphone saja.

5. Negosiasikan Ulang Hutangmu Dengan Pinjol

Pada dasarnya, pinjol selalu terbuka untuk kamu bernegosiasi tentang hutang kamu selama kamu menunjukan itikad baik. Beberapa opsi yang bisa kamu ajukan yaitu, perpanjangan tenor pinjaman ketika sudah jatuh tempo, atau kamu bisa melakukan refinancing atau membayar hutang lama kamu dengan hutang baru. Kamu juga bisa menjaminkan aset kamu sebagai opsi untuk pelunasan pinjol kamu.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk terbebas dari hutang pinjol yang dapat merugikan kamu secara keuangan. Semoga artikel ini membuat kamu menjadi semakin  bijak dalam mengatur keuangan kamu agar tidak terjebak dalam pinjol.

 

You may also like