Home Perencanaan Langkah Mudah Detoksifikasi Finansial untuk Keuangan Sehat

Langkah Mudah Detoksifikasi Finansial untuk Keuangan Sehat

by Mas Abadi

Ternyata detoksifikasi tidak hanya bisa diterapkan untuk kesehatan baik fisik maupun mental bahkan dalam keuangan pun kamu juga bisa menerapkan hal ini. Di mana untuk mendetoksifikasi finansial artinya adalah kamu harus mempelajari beberapa hal. 

Yaitu, bagaimana cara membelanjakan atau menggunakan uang yang kamu miliki secara bijak dan menghindari segala hal yang bisa membahayakan finansial. Ketika proses detoksifikasi ini berhasil pastinya akan menciptakan kesehatan finansial yang seimbang dan memberikan rasa gembira juga sukses dalam kehidupanmu. 

Tips untuk melakukan detoksifikasi finansial

Untuk kamu yang merasa ingin melakukan detoksifikasi finansial sebenarnya ada begitu banyak tips dan trik yang dapat ditemukan pada situs online tapi kami juga akan memberikan beberapa tips seperti di bawah ini :

 

1. Membuat anggaran keuangan

Tips pertama makan yang paling sering disyaratkan oleh banyak pakar keuangan, tetapi kerap diabaikan juga oleh banyak orang yaitu membuat anggaran bulanan. Bahkan walaupun sudah dilakukan ada saja yang masih gagal menjalankannya.

Padahal membuat sebuah rencana untuk keuanganmu satu bulan kedepan merupakan hal yang penting bagi kesehatan finansial dan juga demi ketenangan pikiran. Dengan kamu membuat rencana pengeluaran hal ini akan sangat membantu untuk kamu maupun keluarga dalam mengalokasikan  uang penghasilan tersebut nantinya akan kamu gunakan untuk apa saja.

2. Melunasi hutang

Apabila kita membicarakan tentang kesehatan finansial, tentunya tidak memiliki hutang apapun termasuk di dalamnya. Karena itu apabila sekarang ini kamu mempunyai cicilan pada bank atau perusahaan leasing lain serta hutang baik di bank ataupun keluarga segeralah untuk melunasinya.

Namun, pastikan ketika kamu ingin melunasi hutang-hutang tersebut dengan tetap secara mencicil jangan lebih dari 30% atau 35% total penghasilan bulanan. Setelah itu apabila semuanya sudah berhasil kamu lunasi maka berusahalah untuk tidak berhutang lagi.

3. Berhenti menggunakan kartu kredit

Apakah kamu saat ini menggunakan kartu kredit? Jika iya maka ada baiknya kamu berusaha untuk tidak lagi menggunakannya, sebab kebanyakan orang ketika mereka pergi keluar dan sadar bahwa membawa kartu kredit biasanya hasrat ingin membeli atau berbelanja sangatlah besar apalagi bila kamu memiliki sifat konsumtif yang tinggi.

Karena itu mulai sekarang pergunakanlah kartu kredit tersebut secara bijak atau hentikan penggunaannya dengan cara meminta pihak bank untuk menutup akun kartu kredit kamu. Setelah itu saat kamu akan keluar rumah untuk berbelanja biasakan membawa uang cash.

4. Berhenti membeli hal-hal tidak penting

Kebiasaan huruf yang dimiliki oleh banyak orang yaitu tidak bisa menahan diri untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting saat ini. Kamu pasti pernah mengalami masa di mana melihat produk atau barang yang bagus dengan harga murah lalu membelinya, padahal sebenarnya kamu belum membutuhkannya. 

Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti inilah yang harus bisa kamu hindari dan hentikan, sebab jika kerap melakukannya ini bisa mempengaruhi kesehatan finansialmu. Jangan terlalu berambisi untuk mempunyai sesuatu yang sebenarnya tidak atau belum diperlukan.

5. Mulailah memilah barang-barang di rumah dan jual yang tidak digunakan

Apabila kamu sudah menyadari jika membeli barang tidak penting dan pada akhirnya tidak terpakai adalah hal yang salah. Makan cara detoksifikasi selanjutnya bagi keuanganmu adalah dengan memilah produk maupun benda yang ada di dalam rumah.

Tujuannya adalah untuk melihat mana saja benda atau produk yang memang kamu butuhkan dan mana yang tidak. Kemudian untuk barang-barang yang memang masih bisa dipakai namun tidak diperlukan kamu dapat menjualnya secara online atau tawarkan ke teman dan saudara yang kebetulan membutuhkan produk tersebut, sedangkan yang tidak layak silahkan dibuang.

6. Belajar untuk hidup hemat

Tips terakhir adalah belajar untuk bisa hidup secara hemat, kedengarannya memang cukup simple karena hanya mengharuskan kamu membatasi jajan, membeli hal-hal lain dan sebagainya. Namun, percaya atau tidak ini adalah hal yang menurut sebagian orang sulit untuk dilakukan. Karena hidup hemat merupakan sebuah kebiasaan yang dibangun sejak dini. 

Jadi apabila kamu tidak membiasakan diri sejak kecil akan terasa sulit melakukan penghematan ketika sudah dewasa. Tetapi bukannya tidak mungkin untuk menerapkannya mulai sekarang, kamu hanya harus konsisten dan membulatkan tekad tidak menggunakan uangmu sembarangan. 

Contoh mudah yang bisa dimulai adalah bila kamu kerap membeli 1 cup kopi setiap seharga puluhan ribu, merubah kebiasaan tersebut dengan belajar membuat kopi sendiri di rumah dengan menggunakan kopi kemasan yang biasa dijual di warung/ minimarket. Dimulai dari hal kecil seperti ini nantinya kamu bisa membandingkan seberapa besar dampaknya bagi kesehatan finansial. 

Nah, demikianlah tadi langkah mudah untuk kamu yang memang ingin melakukan detoksifikasi finansial agar kesehatan keuanganmu menjadi lebih sehat. Ingatlah untuk melakukan tips-tips di atas secara rutin dan konsisten agar kamu bisa mencapai kebebasan atau financial freedom.

You may also like